Jasa Perhotelan NTB Menargetkan Pemasukan Rp23 M saat Balapan MotoGP

Jasa perhotelan diminta menetapkan tarif wajar

Lombok Tengah, IDN Times - Jasa layanan perhotelan dan traveling di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan peningkatan pendapatan selama ajang balapan MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Balapan berkelas dunia ini ditargetkan mampu menyedot sebanyak 20 ribu wisatawan baik dari dalam maupun manca negara. 

"Balapan Mandalika akan menarik ribuan wisatawan ke NTB," kata Sekretaris Mandalika Hotel Association (MHA) Rata Wijaya, Rabu (2/2/2022). 

1. Pengelola hotel diminta tidak memeras tamu

Jasa Perhotelan NTB Menargetkan Pemasukan Rp23 M saat Balapan MotoGPPenonton WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Rata mengatakan, balapan MotoGP Sirkuit Mandalika diproyeksikan menjadi perhatian pencinta balapan dunia. Ribuan pengunjung diprediksi akan berdatangan sekadar menyaksikan ketangguhan pembalap Fabio Quartararo cs. 

Untuk itu, Rata pun mengimbau pelaku jasa wisata NTB mampu memanfaatkan peluang itu dengan baik. Terutama kepada pengusaha hotel, agen travel, dan kuliner di kawasan Mandalika agar menetapkan tarif secara normal. 

Rata meminta kepada semua pelaku wisata di KEK Mandalika tidak memeras tamu MotoGP selama berkunjung pada gelaran event MotoGP Mandalika Maret 2022 mendatang.

"Kita cuma imbau saja untuk tidak memeras tamu. Asalkan harga yang ditawarkan masih dalam konteks yang wajar," katanya. 

Baca Juga: 25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB 

2. Hotel tersebut di tiga desa

Jasa Perhotelan NTB Menargetkan Pemasukan Rp23 M saat Balapan MotoGPMobilisasi wisatawan di KEK Mandalika mulai ramai IDN Times/Ahmad Viqi

Rata mengatakan, jumlah kamar hotel di Mandalika tersebar di tiga desa, di antaranya di Desa Kuta, Mertak, dan Desa Sengkol. 

Ada pun jumlah kamar hotel di 3 desa wilayah mandalika hanya berjumlah 5.000 kamar.

"Kita di KEK Mandalika hanya mampu tampung 15 ribu tamu. Kita juga sudah siapkan Sarhunta dan camping ground di Taman Nasional Gunung Tunak di kawasan Desa Mertak," ujar Rata.

3. Target Rp23 miliar

Jasa Perhotelan NTB Menargetkan Pemasukan Rp23 M saat Balapan MotoGPTribun VIP Village di Sirkuit Pertamina Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Selama tiga hari event MotoGP, ujar Rata, pengelola hotel, kuliner, dan travel sudah memperkirakan pendapatan selama balapan berlangsung.

Rata mencontohkan jika 15.000 tamu belanja dengan rata-rata Rp100 ribu dalam sehari, maka pemasukan akan masuk sebanyak Rp200 juta khusus makanan para tamu.

Selain itu, jika rata-rata harga hotel berkisar antara Rp500 ribu, jumlah pemasukan untuk penginapan dalam sehari capai Rp5 miliar. 

"Jika kita rata Rp1 juta per kamar hotel dari 10 ribu tamu, maka sudah Rp10 miliar yang masuk ke KEK Mandalika," katanya.

Jika ditotal dari biaya kamar hotel, makan dan belanja tamu, maka secara keseluruhan, jumlah pemasukan khusus ke KEK Mandalika selama tiga hari event MotoGP capai Rp21 miliar.

"Itu kalau kita patok Rp500 ribu per kamar. Kalau Rp1 juta per kamar maka akan lebih. Jadi selama event, bisa saja Rp23 miliar akan berputar di Kuta Mandalika selama MotoGP," pungkas Rata.

Baca Juga: 26.996 Buruh Migran Asal NTB Dipulangkan dalam Setahun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya