Presiden Jokowi Nyaris Menyantap Makanan Berformalin saat Liburan

Presiden dan keluarganya liburan ke Labuan Bajo

Kupang, IDN Times - Presiden Joko Widodo nyaris menyantap buah berformalin saat mengunjungi Labuan Bajo yang ada di Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan Presiden ini dalam rangka berlibur bersama keluarganya pada Sabtu (22/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sudah berkoordinasi dengan Badan Otorita Labuan Bajo Flores (BOLBF) soal temuan formalin dalam salah satu makanan yang akan disajikan kepada Presiden Joko Widodo tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan ia meminta BOLBF harus bisa memastikan bahwa hal serupa tidak terjadi ketika Labuan Bajo menjadi tuan rumah perhelatan KTT ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023.

"Sudah kami sampaikan agar semua penyedia pasokan itu dalam siaga satu, agar jangan sampai terjadi kekurangan, jangan sampai terjadi makanan yang di bawah standar apalagi yang membahayakan kesehatan," kata Sandi seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (29/4/2023).

1. Presiden liburan di Labuan Bajo

Presiden Jokowi Nyaris Menyantap Makanan Berformalin saat LiburanLabuan Bajo (unsplash.com/william kusno)

Sebelumnya,  Presiden Jokowi dikabarkan nyaris mengonsumsi buah yang mengandung formalin saat berlibur Lebaran bersama keluarganya di Labuan Bajo, sembari meninjau kesiapan daerah itu menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42.

Buah itu sudah dipisahkan setelah tim Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Manggarai Barat menemukan kandungan formalin saat melakukan uji sampel pangan Presiden.

Baca Juga: Produksi Garam di NTB Menurun Akibat Cuaca Ekstrem

2. Makanan tamu KTT ASEAN dipastikan aman

Presiden Jokowi Nyaris Menyantap Makanan Berformalin saat LiburanIlustrasi makanan di restoran mewah (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyatakan hidangan untuk para tamu kenegaraan KTT ASEAN ke-42 mendatang akan diperiksa dan dipastikan bebas dari kandungan formalin.

"Itu pasti sudah dilihat, diperiksa pasti. Dari negaranya sendiri sudah terperiksa, enggak mungkin dikasih makanan yang begitu. Enggak mungkin lah," ujar Josef.

3. BPOM periksa semua makanan sebelum dihidangkan

Presiden Jokowi Nyaris Menyantap Makanan Berformalin saat LiburanBPOM menguji sampel makanan (Antara)

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memastikan makanan yang disantap Presiden Jokowi dan keluarga di Labuan Bajo dalam kondisi aman untuk dikonsumsi.

"Parameter yang diuji adalah Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow dan hasil uji dikoordinasikan dengan paspampres untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak dihidangkan," kata Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Bima, Getaran Hingga Labuan Bajo NTT

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya