Comscore Tracker

Dishub NTT Sebut Layanan Transportasi Laut di Labuan Bajo Normal

Izin pelayaran tetap diberikan

Kupang, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Isyak Nuka mengatakan pelayanan transportasi laut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat tetap berlangsung normal. Dia menegaskan bahwa layanan transportasi laut tidak terpengaruh dengan adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan para pelaku usaha wisata.

"Sesuai laporan dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo bahwa kegiatan pelayaran tetap berjalan normal seperti biasa," kata Isyak Nuka seperti dilansir dari Antara pada Selasa (2/8/2022).

1. Izin pelayaran tetap diberikan

Dishub NTT Sebut Layanan Transportasi Laut di Labuan Bajo NormalPenataan kawasan Labuan Bajo oleh Kementerian PUPR. Dok. Kementerian PUPR

Isyak Nuka mengatakan hal itu terkait dampak aksi unjuk rasa dilakukan para pelaku usaha wisata di Labuan Bajo terkait kenaikan tarif masuk ke Pulau Komodo maupun Pulau Rinca.

Menurut dia, sesuai laporan otoritas pelabuhan Labuan Bajo bahwa izin pelayaran tetap diberikan untuk kapal-kapal wisata maupun milik ASDP yang hendak melakukan pelayaran dari Labuan Bajo.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Seorang Aktivis Pariwisata Labuan Bajo Jadi Tersangka

2. Antisipasi kapal untuk angkut wisatawan

Dishub NTT Sebut Layanan Transportasi Laut di Labuan Bajo Normalpotret Ayudia Bing Slamet di atas kapal di Labuan Bajo (instagram.com/dittopercussion)

Dia menjelaskan, Pemerintah NTT telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan kapal-kapal ASDP dan Pelni untuk mengangkut para wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Komodo dan Rinca.

"Kami juga telah melakukan antisipasi berupa menyiapkan izin insidentil apabila hal-hal yang sangat penting untuk membantu mengangkut wisatawan ke lokasi wisata," kata Isyak.

3. Harap situasi kembali normal

Dishub NTT Sebut Layanan Transportasi Laut di Labuan Bajo NormalGoogle

Dia juga menambahkan pihak otoritas pelabuhan Labuan Bajo masih tetap memberikan izin berlayar bagi kapal-kapal wisata sehingga pelayanan bagi wisatawan tidak terganggu.

Isyak Nuka berharap situasi di Labuan Bajo segera normal kembali sehingga pelayanan wisata bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo bisa berlangsung seperti semula.

Sementara itu, kegiatan penerbangan di Bandara Udara Komodo juga berjalan normal bahkan pemerintah daerah menyiapkan bus-bus milik pemerintah untuk mengangkut penumpang hingga ke hotel.

Baca Juga: Tiga Aktivis Pariwisata Labuan Bajo Diamankan Polisi

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya