2023 Dalam Rangkuman

Peristiwa yang ramai dibahas selama 2023 di berbagai daerah

Selama 2023, banyak peristiwa terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa peristiwa itu menyita banyak perhatian. Mulai dari peristiwa kriminalitas, hal-hal viral di media sosial, ekonomi, sosial, politik, hingga soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peristiwa-peristiwa itu memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat setempat. Rentetan kejadian itu ramai dibahas dan menjadi sorotan masyarakat dan warganet.

Peristiwa viral di setiap daerah memiliki pembahasan atau isu yang berbeda-beda. Meski terjadi di daerah, namun masyarakat umum secara luas menaruh perhatian pada beberapa peristiwa atau isu yang berkembang. Misalnya soal IKN di Kalimantan Timur, MotoGP di Nusa Tenggara Barat (NTB), TikToker Bima di Lampung, Tragedi Kanjuruhan di Jawa Timur dan masih banyak peristiwa lainnya.

 Berikut rangkuman peristiwa yang ramai dibahas di sejumlah daerah selama 2023.

1. Provinsi Sumatera Utara (Sumut)

2023 Dalam RangkumanKeluarga dan ratusan kerabat almarhum eks DPRD Langkat Paino unjuk rasa di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri Stabat, Langkat (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Sepanjang 2023, ada beberapa kejadian viral yang menyita banyak perhatian di Sumut. Di antaranya soal penembakan eks DPRD Langkat, Paino. Ia tewas setelah ditembak oleh orang yang tidak dikenal pada 26 Januari 2023 lalu.

Peristiwa selanjutnya adalah kasus mantan pejabat Polda Sumut, Achiruddin Nasution. Ia menjadi sorotan setelah video penganiayaan oleh anaknya Aditya Hasibuan terhadap Ken Admiral viral di media sosial. Dari kasus itu, kemudian aliran kekayaan Achiruddin diselidiki karena dikenal suka pamer harta di media sosial. Kemudian kasus lain menjeratnya.

Kasus selanjutnya yang ramai dibahas adalah tentang kematian mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU). Mahasiswi itu tewas secara misterius di rumahnya, pada Rabu (5/3/2023). Mahasiswi berinisial MN itu ditemukan dalam keadaan bagian kepala tinggal tengkorak. Polisi menyimpulan MN bunuh diri dengan sianida.

Peristiwa lainnya soal kebijakan Pemerintah Kota Medan. Proyek lampu taman yang dinamakan warganet "lampu pocong" menuai sorotan. Penyebabnya bentuknya menyerupai pocong dan hasilnya tak sesuai ekspektasi. Pada 9 Mei 2023, Wali Kota Medan Bobby Nasution kemudian membuat konferensi pers jika proyek ini gagal total alias total loss.

2. Provinsi Lampung

Terdapat beberapa peristiwa yang menyita perhatian publik selama 2023 di Lampung. Petama, viral konten bernarasi kritik lewat akun TikTok Awbimax Reborn dilontarkan pemuda asal Lampung Timur, Bima Yudho Saputro. Seiring dengan itu, Bima mengaku kedua oang tuanya mendapat berbagai macam intimidasi hingga intervensi buntut konten tersebut.

Selain itu, peristiwa yang ramai lainnya soal ratusan masyarakat tani demo menyoal penerbitan SHM lahan garapan kawasan hutan register. Masyarakat tani dari 8 desa kecamatan setempat meminta keadilan atas lahan telah digarap sejak 1968. Mereka menyoal kemunculan Sertifikat Hak Milik (SHM) atas nama orang lain tanpa sepengetahuan para penggarap.

Mendekati pengujung 2023, peristiwa viral lainnya datang dari Komika asal Lampung, Aulia Rakhman. Ia kini harus tersandung kasus dugaan penistaan agama atas penampilan materi stand up komedinya, saat kegiatan kampanye Capres Anies Baswedan bertajuk 'Desak Anies' di Kota Bandar Lampung, Kamis (7/12/2023). Aulia kini telah ditetapkan tersangka dan berkas perkaranya telah dilimpahkan ke Kejati Lampung ini membawakan materi menyinggung nama Nabi Muhammad SAW.

3. Provinsi Jawa Barat (Jabar)

Pada Januari 2023, masyarakat Bandung sempat dihebohkan dengan video viral yang memperlihatkan adanya bentrok antara pengemudi ojek pangkalan dan pengemudi ojek daring (online). Kedatangan para ojol tersebut dipicu oleh sebuha video yang memperlihatkan adanya pengendara taksi online membawa penumpang dan diadang oleh ojek pangkalan.

Pada April 2023, warga Bandung dikagetkan dengan informasi operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Jumat (4/12/2023). Yana ditangkap karena diangga[ menerima suap pada proyek pengadaan CCTV dan jasa jaringan pemyedia internet.

Selain itu, kabar kurang mengenakkan terjadi pada pertengahan Desember 2023. Seorang siswi sekolah dasar (SD) menjadi korban tindak pindana perdagangan orang (TPPO). Siswi tersebut dibawa kabur oleh seorang pria yang dikenal lewat media sosial, lalu diperjualbelikan kepada pria hidung belang.

Ada juga soal status Bandung Raya darurat sampah ini terjadi setelah adanya kebakaran besar melanda zona I Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti pada Sabtu (19/8/2023). Kebakaran TPA ini tergolong yang paling lama bisa dipadamkan.

Peristiwa penting lainnya yaitu pengoperasian secara penuh Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau kereta Whoosh. Peresmian secara seremonial dilakukan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Stasiun Halim, Jakarta pada Senin, 2 Oktober 2023. Whoosh turut menjadi kebanggaan warga Bandung Raya.

4. Provinsi Jawa Tengah (Jateng)

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Selasa (10/10/2023), seorang mahasiswi perguruan tinggi negeri di Kota Semarang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di area parkir mal di kawasan Semarang Tengah. Gadis berinisial NJW berusia 20 tahun itu mengakhiri hidup dengan melompat dari lantai empat pusat perbelanjaan.

Peristiwa lainnya soal pembunuhan 7 bayi hasil inses. Pembunuhnya diduga ayah dari bayi itu sendiri berinisial R (57). Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku mengaku telah membunuh bayi hasil hubungan sedarahnya atau inses denga E yang merupakan anak kandungnya sejak tahun 2012. Ia mengatakan ada sebanyak tujuh bayi yang merupakan anak dari hubungan sedarah antara R dan E yang dibunuh sejak tahun 2013 hingga 2021.

5. Provinsi Banten

2023 Dalam RangkumanPeternak kambing yang menjadi tersangka (IDN Times/Khaerul Anwar)

Salah satu peristiwa yang menyita perhatian adalah tentang pemilik hewan ternak kambing Kota Serang, Banten bernama Muhyani (58). Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah melawan 2 pria yang berusaha mencuri hewan ternaknya. Satu orang maling tewas setelah berduel dengan korban pencurian.

Selanjutnya, ada video tak senonoh seorang wanita mengenakan seragam aparatur sipil negara (ASN) dari lingkungan Pemerintah Provinsi Banten beredar dan menjadi viral. Badan Kepegawaian menginvestigasi kebenaran video tak senonoh yang tengah viral di media sosial X itu. Dia merupakan pekerja non-ASN yang bertugas di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten. Kini yang bersangkutan sudah dipecat.

Peristiwa viral lainnya tentang Oknum Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Carenang, diduga mencabuli tujuh  siswanya. Mirisnya, perbuatan cabul oleh pelaku berinisial AS itu di lakukan di lingkungan sekolah. Modus pelaku dalam melakukan pencabulan tersebut dengan berpura-pura mengajarkan dan mengetes soal perkalian.

Baca Juga: Kaleidoskop NTB: MotoGP Sukses, WSBK Mandalika Tak Masuk Kalender 2024

Baca Juga: 5 Kasus Paling Viral di Sumatra Utara Sepanjang 2023

6. Provinsi Jawa Timur (Jatim)

Kasus penemuan wanita yang disimpan dalam koper lalu dibuang terjadi pada Rabu (7/6/2023) lalu. Kasus ini bermula saat orangtua korban melaporkan ke polisi kalau anaknya bernama Angelina Nathania hilang pada 5 Mei 2023 lalu.  Polisi melakukan penyelidikan yang kemudian menangkap Rochmad Bagus Apriyatna alias Roy pada 7 Mei 2023. Roy merupakan orang terakhir yang bersama korban pada tanggal 3 Mei 2023.

Selanjutnya, nama Susanto mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial. Sebab, aksinya sebagai dokter yang praktik di Occupational Health and Industrial Hygiene (OHIH), klinik K3 di wilayah kerja Pertamina EV IV Cepu. Selama dua tahun, lulusan SMA itu juga menjalankan aksi layaknya dokter profesional di klinik milik PT Pelindo Husada Citra (PHC). Sudah barang tentu semua tindakan yang dia lakukan kepada pasien asal-asalan alias hanya bermodal insting.

Peristiwa selanjutnya soal sebuah video kebakaran viral di instagram, kejadian itu terjadi di Bukit Teletubbies atau Blok Savana Lembah Watangan. Berdasarkan video yang diunggah akun @updatemalang, kegiatan prewedding tersebut dilakukan dengan menyalakan flare. Ketika flare dibuang, ternyata memicu kebakaran yang membakar vegetasi kering di sana.

Kasus selanjutnya melibatkan anak anggota DPR RI Edward Tannur, Ronald Tannur (31) terhadap Sera Afrianti atau Andini (29) yang merupakan kekasihnya sendiri. Kasus tersebut bermula ketika keduanya datang ke tempat hiburan. Saat pulang, pelaku dan korban cekcok di lift. Saat cekcok itu, Ronald melakukan penganiayaan terhadap Andini hingga korban meninggal dunia.

7. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah berbagai event balap motor internasional pada tahun 2023. Mulai dari MotoGP, World Superbike (WSBK) dan Motocross Grand Prix (MXGP). Hal itu menjadi perbincangan di media sosial, sebab ajang balap bergengsi itu sukses diselenggarakan di Lombok.

Saat MotoGP berlangsung, banyak kejadian viral yang mendapatkan perhatian. Misalnya saat pembalap memviralkan jargon ‘pinjam dulu seratus’. Kemudian ada juga yang membawa keluarganya berlibur di Mandalika. Hal lainnya terjadi saat sesi balap, di mana banyak pembalap yang mengalami kecelakaan di sejumlah tikungan Sirkuit Mandalika.

Selain MotoGP, hal viral lainnya yaitu video persekusi dua pelajar yang kedapatan berbuat mesum di semak. Orang yang menyebarkan video persekusi yang memperlihatkan area sensitif korban itu diburu oleh polisi. Ternyata pelakunya sedang menjadi tenaga kerja di luar negeri. Hal ini viral dan mendapatkan ragam komentar dari warganet.

8. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)

Pada Januari 2023, kasus tarik tambang maut di Kota Makassar jadi sorotan publik. Kegiatan yang digelar IKA Unhas Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman ini, berujung maut. Di mana satu orang peserta tewas dan beberapa lainnya luka-luka akibat tertarik tali tambang hingga menghantam barter atau pembatas jalan di lokasi itu.

Pada Februari 2023, seorang anak anggota DPRD Kabupaten Wajo ditetapkan sebagai tersangka, setelah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang juru parkir di Wajo. Kasus ini pun viral di sosial media.

Pada Juni, pihak Polda Sulsel mengungkap sebuah bunker narkoba didalam sekretariat kampus UNM Parangtambung. Kasus ini pun viral di sosial media. Publik yang menyoroti kasus ini dibuat tercengang, karena kampus yang jadi tempat pendidikan dijadikan pelaku narkoba untuk gudang penyimpanan sabu.

Lalu pada September, dua orang pemuda di Kota Parepare menjadi viral di sosial media. Keduanya viral karena tiba-tiba dilarikan ke rumah sakit karena menyuntikkan alat vitalnya dengan minyak kemiri, keduanya sempat dirawat inap dan menjalani perawatan. Ternyata hal itu dilakukan untuk memperbesar alat kemaluannya.

9. Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)

2023 Dalam RangkumanPresiden Joko Widodo menyampaikan sambutan untuk kontribusi investor lokal pada groundbreaking Nusantara Superblock di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (20/12/2023). (instagram.com/jokowi)

Pembangunan IKN terus bergulir kencang menjadi agenda pemerintah pusat. Nilai investasi hingga tahun 2023 tercatat sebesar Rp41,4 triliun. Ini merupakan nilai realisasi komitmen peminatan yang telah diterima Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Sejumlah investasi dan pembangunan telah melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking pada tahap satu hingga tahap tiga yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Ada pun nilai investasi IKN dalam groundbreaking tahap satu di 21 sampai 22 September 2023 sebesar Rp23 triliun. Terdiri dari 10 perusahaan dalam Konsorsium Nusantara meliputi Agung Sedayu Group (Lead Konsorsium), Salim Group, Sinar Mas, Pulau Intan, Djarum, BCA Group, Wings Group, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group. 

Selain Pembangunan di IKN, kekeringan juga melanda Balikpapan dan menjadi perhatian publik. Musim kemarau panjang menjadikan krisis air bagi masyarakat Balikpapan. Bulan kemarau ini, krisis air di Balikpapan puncaknya terjadi pada bulan Oktober 2023. PDAM Balikpapan menerapkan kebijakan penggiliran distribusi air bagi sebagian masyarakat di Balikpapan disebabkan pengeringan Waduk Teritip dan Waduk Manggar. 

10. Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

Warga Kalbar dihebohkan dengan Ruslan, narapidana yang kabur dari Lapas Pangkalan Bun. Dia bobol Lapas dengan menggunakan sendok dan kabur ke Pontianak. Ruslan kemudian terpergok mencuri di salah satu mal. Warga Kalbar sempat ketakutan saat mendengar berita Ruslan yang saat itu menjadi buron dan kabur ke Pontianak. Pasalnya, Ruslan kabur dengan membawa senjata milik petugas.

Warga Kalbar juga sempat dihebohkan dengan penipuan oleh penjual tiket bodong konser Sheila On 7 di Pontianak. 3 orang tersangka berhasil diringkus Polda Kalbar usai ribuan orang menjadi korban. Pelaku juga beraksi di Samarinda, Medan, dan Manado. Dia jual tiket konser di Pontianak Rp480 ribu. Ketiga pelaku ini punya masing-masing tugas mulai dari admin, bagian promosi, hingga pembuatan rekening.

Pada Mei 2023, Plt Ketua DPD Golkar Kubu Raya nekat melompat ke Sungai Kapuas usai mendaftarkan dirinya sebagai caleg di Kantor KPU Kubu Raya. Sebelumnya, korban berobat ke dokter dan didiagnosis stres berat. Polisi menduga korban mengalami depresi, korban diduga mengidap skizofrenia. Korban juga pernah mengatakan ingin mengakhiri hidupnya kepada sang istri.

Hal viral lainnya yaitu pernikahan antara remaja usia 16 tahun, Kevin dengan Mariana (41 tahun) viral di media sosial. Pernikahan itu terjadi di Kabupaten Sambas, usai mempelai wanita mengunggah video pernikahannya di media sosial. Ibu dari Kevin merupakan teman dekat dengan Mariana. Sebelumnya, Mariana ditinggalkan oleh kekasihnya dan ada Kevin yang selalu menghiburnya. Hingga akhirnya keduanya sepakat untuk menikah.

11. Provinsi D.I Yogyakarta (Jogja)

Banyak peristiwa viral di Yogyakarta selama 2023, salah satunya tentang klitih yang membuat resah warga. Hal yang mengejutkan lagi, ada pelaku yang masih berusia di bawah umur. Dia tega membacok dua pemotor yang melintas di jalan raya pada Juli dan Agustus 2023.

Peristiwa viral lainnya yaitu tentang Ade Armando yang mempersoalkan soal dinasti di Yogyakarta.  Ade Armando memberikan komentar demonstrasi yang dilakukan aliansi mahasiswa dari DIY dan Jateng yang menyinggung politik dinasti di pemerintahan Jokowi. Ade pun mengomentari video tersebut dan menyinggung politik dinasti dan DIY. Video itu pun viral dan Ade mendapat banyak kritik dari warga DIY. Ade pun menghapus video tersebut, dan membuat video permintaan maaf yang diunggah dalam akun media sosialnya.

12. Provinsi Bali

2023 Dalam Rangkumanoto perbandingan kondisi lift di Ayuterra Resort 4 tahun lalu, dan 4 bulan lalu. (Dok.IDNTimes/istimewa)

Peristiwa pertama yaitu adanya seorang perempuan bernama Aluna Sagita (26) ditemukan meninggal dunia, pada Sabtu (31/12/2022 di Kecamatan Denpasar Selatan. Kepolisian kemudian menangkap pelaku berinisial RAPB (26), asal Blitar-Jawa Timur, pada Senin (3/1/2023) malam di rumah kosnya Jalan Serma Gede, Desa Dauh Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Barat. Pengembangan kasus pembunuhan ini mengungkap jaringan prostitusi secara online.

Kasus berikutnya yang menggegerkan warga Bali adalah penetapan 10 remaja pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Denpasar sebagai pelaku kasus pengeroyokan yang mengakibatkan korban tukang parkir, Yohanes Naikoi (33), meninggal dunia. Korban ditemukan meninggal dunia dengan sejumlah luka tusukan di Jalan Dewi Madri I Nomor 8, Kecamatan Denpasar Timur, pada Minggu (4/6/2023) pukul 04.00 Wita.

Selanjutnya yang tak kalah viral adalah kasus tewasnya lima karyawan di Ayuterra Resort, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar dalam tragedi lift yang terjun bebas ke dasar jurang sedalam sekitar 100 meter, pada Jumat (1/9/2023). Kasus ini menyeret pemilik, dan kontraktor lift sebagai tersangka.

Hal yang mengejutkan terjadi di dunai pendidikan di Bali. Sejumlah pejabat kampus Universitas Udayana menjadi tersangka korupsi dan ditahan. Dugaan korupsi itu berkaitan dengan Dana Sumbangan Institusi (SPI) mahasiswa baru seleksi Jalur Mandiri Universitas Udayana (Unud) tahun 2018 sampai 2022.

13. Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)

Pada tahun 2023 ini, ramai dibahas soal Video seorang anak Sekolah Dasar (SD) menyeberangi sungai di Ogan Komering Ilir (OKI). Bocah berseragam sekolah itu mengayuh styrofoam menyeberangi sungai.

Video itu diambil di Desa Kuala Sungai 12, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI, tepatnya di Dusun Buntuan. Video diunggah oleh akun Tiktok @azzmaulana2 dengan narasi yang menerangkan jika aktivitas bocah itu melakukan perjalanan menuju sekolah.

Selain itu, ada pula seorang ayah di Palembang membagikan pengalaman pilu karena anaknya meninggal dunia usai menjalani imunisasi Hepatitis B0 (HB0). Kasus ini viral di setelah sang ayah mengunggahnya ke media sosial mengenai kematian anaknya.

Anaknya diketahui lahir pada 25 Desember 2023 lalu dalam keadaan sehat setelah istrinya menjalani persalinan di sebuah RS Palembang. Sebelum pulang ke rumah, pihak perawat RS sempat menyarankan agar anaknya diimunisasi HB Nol. Tak lama kemudian anaknya menunjukkan tanda aneh lalu dibawa ke RS hingga akhirnya anaknya dinyatakan meninggal dunia.

Itulah beberapa peristiwa yang ramai dibahas selama 2023 dari berbagai daerah di Indonesia. Ikuti terus perkembangan berita viral lainnya di kanal regional IDN Times.

Penulis: Muhammad Nasir (NTB), Doni Hermawan (Sumut), Prayugo Utomo (Sumut), Tama Wiguna (Lampung),  Azziz Zilkhairil (Jabar), Debbie Sutrisno (Jabar),  Anggun Puspitoningrum (Jateng), Khusnul Hasana (Jatim), Rizal Adhi Pratama (Jatim), Sri Wibisono (Kaltim), Teri (Kalbar), Dahrul Amri Labubun (Sulsel)

Baca Juga: 14 Kejadian Menyita Perhatian Masyarakat Bali Tahun 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya