Comscore Tracker

Profil Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Perempuan Pertama di NTB

Romi merupakan cucu pahlawan nasional asal NTB

Mataram, IDN Times - Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd merupakan Wakil Gubernur Provinsi NTB periode 2018-2023. Dia terpilih pada pemilihan umum kepala daerah di NTB mendampingi Dr H Zulkieflimansyah sebagai Gubernur Provinsi NTB. Rohmi lahir pada tanggal 29 November tahun 1968 di Kelurahan Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Sebelum menjadi Wagub, dia adalah sorang akademisi sekaligus politisi Indonesia.

Rohmi mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri 3 Mataram. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 2 Mataram, dan menghabiskan masa remaja di SMA Negeri 1 Mataram.

Rohmi kemudian melanjutkan pendidikan strata 1 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS. Setelah lulus, Rohmi melanjurkan program pasca sarjana di Universitas Sebelas Maret. Tak puas sampai di situ, Rohmi mengambil studi S3 di Universitas Negeri Jakarta.

1. Pekerjaan sebelum menjadi wakil gubernur

Profil Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Perempuan Pertama di NTBWakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Sebelum menjadi wakil gubernur, Rohmi pernah menjabat sebagai Geral Foreman di PT Newmont Nusa Tenggara pada tahun 2000 sampai tahun 2009. Kemudian diamanahkan menjadi Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2009 sampai tahun 2013.

Selain dunia politik, Rohmi merupakan seorang dosen bahkan pernah menjabat sebagai seorang Rektor Universitas Hamzanwadi pada tahun 2012 sampai tahun 2018. Rohmi merupakan isteri dari H. M. Khairul Rizal, S.T., M.Kom.

Baca Juga: Profil Gubernur NTB Zulkieflimansyah

2. Dikaruniai tiga anak

Profil Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Perempuan Pertama di NTBilustrasi bayi dengan kondisi defisiensi MCAD (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Rohmi dan Khairul dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah H. Abdul Bassith Asdjazzi, Lc. sebagai anak sulung, kemudian anak tengah bernama Raania Amaani, dan anak terakhirnya yaitu Muhammad Nabiel Rahmany.

Rohmi merupakan adik kandung dari mantan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau yang biasa disapa TGB. Setelah masa jabatan TGB habis, Rohmi kemudian terpilih sebagai Wakil Gubernur NTB. Ia juga merupakan salah satu cucu dari pahlawan nasional asal NTB TGH Zainuddin Abdul Madjid.

3. Tentang NTB

Profil Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Perempuan Pertama di NTBLogo Provinsi NTB

Provinsi NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berlokasi di bagian Barat Kepulauan Nusa Tenggara. Ibu kota dari provinsi NTB ini berada di kota Mataram, Provinsi NTB mempunyai 10 kabupaten/kota.

Pada tahun 2020 lalu, tercatat jumlah dari penduduk NTB mencapai 5.320.092 jiwa, dengan tingkat kepadatan sebesar 264 jiwa/km2. Di awal kemerdekaan Republik Indonesia, daerah ini termasuk ke dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil dengan ibukota Singaraja.

Selanjutnya daerah Provinsi Sunda Kecil dipecah menjadi 3 provinsi lagi yaitu: Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Lombok di barat dan Pulau Sumbawa di timur merupakan dua pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Suku Sasak merupakan bagian terbesar besar dari penduduk Pulau Lombok, namun untuk etnis terbesar di Pulau Sumbawa adalah masyarakat Bima atau dikenal dengan suku Mbojo dan Sumbawa. Kebanyakan penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat menganut agama Islam, dengan konsentrasi sebesar 83,01% untuk agama Islam dan 16% untuk agama Hindu.

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Tengah yang Daerahnya Punya Sirkuit

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya