Comscore Tracker

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik 

Perhatikan hal-hal berikut ya sebelum memilih kampus

Mataram, IDN Times - Siapa bilang semua kampus itu sama? Mungkin, kamu belum coba membandingkan lima hal ini di masing-masing kampus deh. Meski kondisi sedang pandemik, bukan berarti kamu gak cari-cari informasi penting ini ya.

Percayalah, ini akan membantumu dalam menemukan pendidikan dan karier yang lebih gemilang. Sudah siap? Yuk, keep scrolling!

1. Akreditasi

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik ilustrasi kampus (unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia)

Akreditasi biasanya menjadi pertimbangan utama bagi mahasiswa sebelum memilih sebuah kampus. Bagaimana tidak, akreditasi sendiri berguna sebagai penjamin mutu sebuah perguruan tinggi dan bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil maupun perusahaan swasta.

Dalam menentukan akreditasi ini sendiri, kamu butuh lebih jeli sekaligus riset untuk mencari kampus mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dalam memilih kampus berdasarkan akreditasinya ini memang terkadang bikin bingung sih. Kalaupun kalian terpaksa kuliah di kampus swasta, carilah universitas yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Sebagai catatan, banyak kok kampus-kampus swasta yang terbaik di negeri ini dan tak kalah dari kampus negeri. 

Baca Juga: 2 Calo Tiket Bus di Mataram ini Nyambi Jualan Sabu 

2. Program Studi

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik ilustrasi kampus (unsplash.com/Neon Brand)

Gak kalah penting dari poin pertama, program studi juga membedakan satu kampus dengan kampus lainnya. Sebelum menentukan program studi, kamu butuh mencari tahu lebih dulu bakat dan minat yang kamu miliki agar nantinya bisa dikembangkan melalui program studi yang ada.

Ada berbagai program studi di Indonesia yang sekarang sudah semakin luas dan banyak. Mulai dari ilmu komunikasi, psikologi, ekonomi, bisnis, teknik, maupun kelas internasional, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan minatmu, ya.

3. Program kuliah dan kerja sama perguruan tinggi luar negeri

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik ilustrasi kampus (unsplash.com/Dom Fou)

Selain akreditasi dan program studi, program kuliah dan kerja sama perguruan tinggi luar negeri juga patut dipertimbangkan. Apalagi, sekarang yang sedang masa pandemik memaksa mahasiswa untuk melakukan program kuliah jarak jauh atau online, dan membuat proses belajar mengajar juga jadi serba terbatas.

Beberapa kampus memang menjalin kerja sama dengan universitas elite lain di banyak negara. Tentunya menjadi salah satu pertimbangan kalian dalam menentukan kampus yang dipilih. 

Program studi yang beragam, tapi juga program kuliah yang jelas dengan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri yang berbobot.

4. Pelatihan dan bursa kerja

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik ilustrasi kampus (unsplash.com/Mimi Thian)

Apakah kampus tersebut memiliki pelatihan dan bursa kerja yang menjamin? Pertanyaan ini jangan sampai kamu lupakan saat sedang memilih kampus nanti. Karena kampus merupakan jembatan penting untukmu sebelum masuk ke dunia kerja, pastikan kampus yang kamu pilih menjamin poin ini juga, ya.

Pelatihan dan bursa kerja merupakan poin penting mengingat setelah lulus bisa mempermudah pencarian pekerjaan. Program yang akan memudahkan mahasiswa dalam program magang maupun bersaing di lapangan pekerjaan saat sudah lulus nanti.

5. Organisasi kemahasiswaan

Ini 5 Panduan untuk Mencari Kampus yang Terbaik ilustrasi kampus (unsplash.com/Hyosun Rosi Ko)

Selain hal-hal sekuler di atas, penting untukmu memerhatikan organisasi kemahasiswaan dari sebuah kampus, lho. Di Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM inilah kamu bisa menyalurkan bakat dan minat serta mengajarkanmu berorganisasi.

Jadi ajang mengasah soft skill yang tepat, organisasi kemahasiswaan juga akan membantu pengembangan karakter, leadership, maupun kerjasama tim selain dari ilmu sekuler yang kamu dapatkan setiap harinya. Jadi, pastikan kamu sudah mempertimbangkan hal ini juga sebelum memilih sebuah kampus, ya!

Itu dia tadi lima poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sebuah kampus. Selain dari poin-poin di atas, tentunya jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan masalah lokasi, biaya studi atau lingkungan sosialnya juga, ya.

Baca Juga: Tega! Pria di Mataram ini Perkosa Anak Pengidap Cacat Mental

Laura Astrellia Photo Community Writer Laura Astrellia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya