Comscore Tracker

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren 

Inspirasi interior minimalis nuansa beton dan kayu

Tren dalam dunia arsitektur dan desain interior terus berkembang seiring kemajuan zaman. Tren yang tengah berkembang saat ini adalah penggunaan elemen mentah berupa paduan kayu dan beton ekspos. Perpaduan kedua material mentah ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis bangunan, termasuk hunian atau rumah tinggal.

Tidak heran, apabila penggabungan keduanya dianggap sebagai kombinasi yang paling klop. Ragam contoh desain berikut menunjukkan perpaduan kayu dan beton ekspos ampuh memberikan tampilan rumah tinggal yang super keren.

1. Paduan kayu dan beton ekspos yang hangat dan terang 

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren Arsitektur rumah karya Denc!-Studion. (archdaily.com)

Interior minimalis kayu dan beton ekspos di rumah tinggal yang pertama menampilkan visual yang sangat keren. Beton ekspos terlihat menonjol pada bagian lantai dan langit-langit ruangan.

Sementara itu, kayu ekspos dipergunakan sebagai bahan utama furnitur dan dinding ruangan. Warna kayu ringan yang seragam dapat ditemukan pada furnitur dan dinding hampir di seluruh hunian. Hal tersebut mengikat desain tempat tinggal ini secara keseluruhan. Untuk memberikan kesan ringan pada hunian, beberapa dinding menerapkan dinding kaca yang menjadi sumber penerangan alami ke seluruh ruangan.

2. Tampilan industrial dari kayu dan beton ekspos 

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren Kamar mandi dengan beton ekspos dan kayu. (decoist.com)

Kesan industrial terasa sangat kental begitu memasuki kamar mandi rumah minimalis beton berikutnya. Lantai dan sebagian dinding menggunakan beton ekspos, sementara kayu menjadi material pendamping untuk sisi dinding lainnya.

Koleksi tanaman hidup dalam pot mini dengan tekstur kayu berjejer manis dalam rak tingkat bergaya industrial. Perpaduan antar semua elemen saling berintegrasi menyuguhkan tampilan industrial yang hangat dan nyaman.

Baca Juga: MXGP Samota Segera Digelar, Penjualan Tiket Online sampai 20 Juni 2022

3. Tekstur yang kontras dari kayu dan beton ekspos 

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren Kamar mandi dengan beton ekspos dan kayu. (decoist.com)

Tekstur beton yang licin dan dingin, diimbangi dengan tekstur kayu berkarakter ulir dan memiliki guratan yang terkesan lebih bertekstur dan hangat. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan paduan kedua material ini namun belum berani untuk berkomitmen penuh, tidak ada salahnya untuk memulai dari hal-hal kecil dan sederhana.

Seperti pada contoh kamar mandi, beton hanya dipergunakan pada sebagian kecil ruangan, yakni wastafel dan sebagian dinding. Sementara itu, elemen kayu terlihat lebih mendominasi pada furnitur dan juga tutup kloset. Tampilan kontras keduanya semakin sempurna dengan latar warna putih pada dinding dan lantai.

4. Tampilan rustic yang menawan dari kayu dan beton ekspos 

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren Desain interior rumah, karya Marta Gord. (home-designing.com)

Paduan interior minimalis kayu beton ternyata mampu memberikan kesan rustic yang menawan pada hunian kamu, lho. Untuk mencapai tujuan ini, kamu dapat mengaplikasikan kayu ekspos sebagai tiang atau balok pada langit-langit rumah.

Kemudian, gunakan material yang sama atau berwarna senada sebagai furnitur pada seluruh ruangan. Sisanya, pergunakan beton sebagai bagian dasar hunian, yaitu sebagai lantai dan dinding. Tampak sangat hangat, bukan?

5. Tema yang kontras dalam hunian  

5 Paduan Kayu dan Beton Ekspos untuk Rumah Tinggal Super Keren Arsitektur rumah, karya KDVA Architects. (home-designing.com)

Kayu dan beton ekspos merupakan material yang kontras atau berlawanan dari segi asal, tekstur, hingga tampilannya. Apabila kamu memilih untuk menggunakan kedua elemen tersebut sebagai elemen dominan dalam hunianmu, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai tema utama. Asyiknya, kamu bebas menambahkan warna yang lebih bold agar suasana lebih hidup.

Tampilan kontras dari kayu dan beton biasanya akan memunculkan feel ruangan berkarakter keras. Dengan kehadiran warna lembut seperti pink, abu-abu, ataupun oranye pastel, ruangan akan berkesan lebih lunak dan hangat. Menarik dicoba, bukan?      

Nuansa dingin dan sejuk mudah terpancar dalam interior industrial minimalis dari perpaduan material kayu dan beton. Pemasangan jendela atau dinding kaca yang besar bermanfaat menihilkan kesan lembap atau sumpek. Tambahkan beberapa letupan warna bold untuk menghidupkan suasana. Dijamin, kamu tidak akan pernah bosan untuk mendandani tampilan hunian menjadi lebih personal. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Daftar Harga Tiket MXGP Samota, Kelas Paddock Dijual Rp300 Ribu 

Arsitag.com Photo Community Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya