Sembalun akan Dijadikan Sentra Bibit Kentang di Indonesia

Kerja sama kembangkan bibit dengan Universitas Mataram

Lombok Timur, IDN Times - Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), selain menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, juga sangat potensial untuk tanaman holtikultura, salah satunya tanaman kentang. Apalagi Sembalun disebut sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang bebas dari penyakit Nematoda Sista Kuning (NSK), yaitu parasit utama yang diketahui menyerang tanaman kentang di Indonesia yang sejak tahun 2003 silam.

Berdasarkan alasan itu, Sembalun disebut sangat potensial dalam pengembangan tanaman komoditas kentang, utamanya sebagai sentra pembibitan kentang di Indonesia.  Sebelumnya bibit tanaman bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu telah dikembangkan di Sembalun.

1. Bekerja sama dengan Universitas Mataram

Sembalun akan Dijadikan Sentra Bibit Kentang di IndonesiaPenulis

Dalam upaya peningkatan produksi dan penyediaan komoditas kentang di wilayah Sembalun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menjalin kerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Kerja sama ini berupa kemitraan program penelitian pembenihan dan pengembangan komoditas kentang di Kecamatan Sembalun.

Dalam kemitraan ini, wilayah Sembalun rencananya akan dijadikan sebagai pengembangan sentra produksi benih kentang di Indonesia. Selain itu, Sembalun juga akan menjadi tempat unggulan akademisi yakni Universitas Mataram, pembisnis dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam pengembangan agribisnis.

Baca Juga: Disnakeswan Lotim Lakukan Investigasi Penyebab Monyet Teror Warga

2. Sukiman berharap program ini segera terealisasi

Sembalun akan Dijadikan Sentra Bibit Kentang di IndonesiaHumas Pemkab Lotim

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy sangat mengharapkan agar kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dan Universitas Mataram dalam  pengembangan komoditas kentang di Kecamatan Sembalun dapat segera terealisasi. Sukiman juga menyebut pentingnya pertemuan dan komunikasi yang intens dengan stakeholder terkait, guna memastikan kegiatan produksi kentang di Kecamatan Sembalun dapat teralisasi dengan baik. Sehingga petani dan masyarakat bisa merasakan dampaknya.

“Kita harapkan program ini segera terealisasi, dengan harapan bisa berdampak terhadap kesejahteraan petani, utamanya warga Sembalun,” ujarnya dalam pertemuan membahas program kemitraan pembenihan kentang dengan civitas akademik Unram, Selasa (14/3/2023).

3. Semua komponen harus mengambil peran 

Sembalun akan Dijadikan Sentra Bibit Kentang di IndonesiaPenulis

Untuk mendukung dan menyukseskan program ini, orang nomor satu di Gumi Patuh Karya ini meminta semua komponen, baik itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Civitas Akademika Unram hingga masyarakat harus mengambil peran masing-masing dalam mensukseskan program penelitian pembenihan dan pengembangan komoditas kentang di Kecamatan Sembalun. Sehingga haraPannya pada bulan Mei mendatang sudah dapat dilakukan penanaman bibit kentang.

“Harapan kita pada bulan Mei mendatang sudah dilakukan penanaman,” tutupnya.

Baca Juga: Diborong Pengusaha Jawa dan Bali, Harga Gabah di Lotim Merangkak Naik

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya