Comscore Tracker

Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

Bupati dua periode Kabupaten Lombok Timur

H. M. Sukiman Azmy merupakan Bupati Lombok Timur saat ini. Dia lahir pada tanggal 30 Mei tahun 1957 di Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sukiman menjadi Bupati Lombok Timur selama dua periode, yaitu tahun 2008 sampai tahun 2013 dan tahun 2018 sampai tahun 2023.

Sebelum Sukiman berhasil menjabat dalam posisi Bupati Lombok Timur dua periode ini, dia sempat mengemban amanah untuk menjabat sebagai Komandan Kodim 1605 Selong pada tahun 2004. Kemudian menjadi Kepala Biro Umum Setjen Kementerian Agama tahun 2005. Dia juga menjabat sebagai Ketua Tim Pemondokan Haji pada tahun 2005 sampai tahun 2008.

1. Pendidikan

Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman AzmyIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Latar belakang pendidikan Sukiman, dia memulai pendidikan dasar sampai menghabiskan masa remaja di “Mbe Te Taokne” yaitu sekolah yang berisi Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Madrasah Aliyah di Lombok.

Selanjutnya pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi dijalani Sukiman Azmy. Dia mengambil studi strata 1 di Fakultas Dakwah IAIN tahun 1982 yang sekarang Bernama Universitas Islam Negeri Walisongo. Tak puas sampai di situ, Sukiman Azmy mengambil program pasca sarjana atau strata 2 di Universitas Trianandra Jakarta tahun 2002.

Baca Juga: Profil Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Perempuan Pertama di NTB

2. Fokus membangun daerah

Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman AzmyInstagram

Selama kepemimpinannya, dia fokus melakukan inovasi untuk membangun daerah. Beberapa sektor andalan di Lombok timur dimaksimalkan potensinya. Misalnya sektor pertanian dan sektor pariwisata.

Lombok Timur juga menjadi tujuan wisatawan yang ingin mendaki Rinjani melalui jalur Sembalun. Daerahnya bahkan mendapatkan banyak penghargaan di bidang pariwisata. Salah satunya predikat wisata halal terbaik di dunia yang ada di Desa Sembalun.

Saat ini, dia sedang fokus melakukan pemulihan ekonomi masyarakat dengan berbagai program. Perekonomian di Lombok Timur sempat mengalami penurunan pada saat pandemic covid-19 melanda dunia.

3. Geografis Lombok Timur

Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman AzmyTeknisi melakukan perawatan perangkat Base Transceiver Station milik XL Axiata yang menjangkau pelanggan di kawasan wisata Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten atau daerah tingkat II yang berlokasi di bagian timur pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten ini memiliki ibu kota, yaitu kecamatan Selong.

Lombok Timur berada di posisi 8º - 9 º Lintang Selatan juga 116 º – 117 º Bujur Timur, dan memiliki luas wilayah mencapai 2.679,88 km² yang terdiri dari 1.605,55 km² daratan, dan lautan seluas 1.074,33 km².

Untuk batasan, Kabupaten Lombok Timur ini di bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kemudian pada bagian timur, Lombok Timur berbatasan dengan Selat Atas.

Dilanjutkan bagian selatan, terdapat Samudera Hindia. Dan terakhir pada bagian barat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara. Kabupaten ini menaungi sebanyak 20 kecamatan, 13 kelurahan, dan 96 desa.

Berikut ini merupakan daftar lengkap dari 20 kecamatan yang dinaungi oleh Kabupaten Lombok Timur: Kecamatan Aikmel, Jerowaru, Keruak, Labuhan Haji, Masbagik, Montong Gading, Pringgabaya, Pringgasela, Sakra Barat, Sakra Timur, Sakra, Sambelia, Selon, Sembalun, Sikur, Suela, Sukamulia, Suralaga, Terara, dan Wanasaba.

Untuk jumlah penduduk dari Kabupaten Lombok Timur tercatat sebanyak 1.319.537 jiwa, data tersebut tercatat per tahun 2020 lalu. Daerah Kabupaten Lombok Timur dilalui banyak sekali aliran sungai besar maupun kecil, namun sayangnya tidak semua sungai memiliki air sepanjang tahun.

Kemudian ada 1 danau, yaitu Danau Segara Anak yang terletak di antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur. Danau tersebut memiliki luas sekitar 30 km², dengan kedalaman maksimal 200 m.

Baca Juga: Mengenal Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat Tempat Pantai Senggigi

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya