Pemkot Mataram Bangun Industri Logam di Getap

Menampung 24 perajin logam

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram telah membangun rumah industri logam. Hal ini dilakukan sebagai upaya memfasilitasi sekaligus meningkatkan kemampuan para pelaku industri kecil menengah (IKM) logam dalam mengelola usahanya, baik untuk pemasaran maupun manajemen keuangan.

Pejabat Pelaksana Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan, rumah industri logam tersebut dibangun di kawasan Getap, Kecamatan Sandubaya. Lokasi itu memang selama ini dikenal sebagai sentra IKM logam.

"Untuk pembangunan rumah industri logam, kami dapat bantuan dari pemerintah pusat Rp4 miliar lebih," kata Uun seperti dikutip dari Antara pada Rabu (6/9/2023).

1. Ditargetkan rampung pada Desember

Pemkot Mataram Bangun Industri Logam di GetapPexels.com/ Pixabay

Pembangunan rumah industri logam tersebut ditargetkan rampung pada 15 Desember 2023, dan saat ini realisasi pekerjaan proyek baru mencapai 29,44 persen.

"Realisasi pembangunan rumah industri logam itu mengalami percepatan atau deviasi plus sebesar 17,77 persen. Karena itu, kami optimistis proyek akan selesai tepat waktu," katanya.

Menurutnya, dalam konsep pembangunan rumah industri logam dibangun dalam bentuk los seperti los pasar dan dilengkapi dengan meja serta berbagai sarana serta prasarana yang dibutuhkan perajin.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Dilantik 19 September, Sehatkan APBD dan Soal Utang

2. Menampung 24 perajin logam

Pemkot Mataram Bangun Industri Logam di GetapPixabay.com/TiBine

Rumah industri logam itu disiapkan untuk bisa menampung sebanyak 24 perajin logam atau pandai besi di Kelurahan Getap dan Babakan.

Dua kelurahan itu, tambahnya, merupakan kelurahan di Kota Mataram yang menjadi sentra produksi beragam alat-alat dapur, mesin rekayasa, bahkan ada juga yang membuat ukiran dan kaligrafi dari logam.

"Alat-alat dapur dan pertanian, seperti pisau, sabit, cangkul, sekop, dan lainnya banyak dihasilkan IKM dari dua kelurahan itu," katanya.

3. Tingkatkan produksi

Pemkot Mataram Bangun Industri Logam di Getapilustrasi (Pixabay)

Terkait dengan itu, lanjutnya, diharapkan setelah pembangunan rumah industri logam ini rampung mampu meningkatkan produksi perajin sekaligus memperluas pangsa pasar.

"Rumah industri logam kami bangun menggantikan rumah industri yang ada namun kurang representatif," katanya.

Baca Juga: Usut Dugaan Korupsi Wali Kota Bima, KPK Periksa Kabag Prokopim

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya