Lombok Sumbawa Fair 2023 Mandalika Dapat Banyak Perhatian Pengunjung

Diagendakan menjadi event utama pada setiap acara 

Mataram, IDN Times – Salah satu event balap dunia World Superbike (WSBK) Mandalika series telah sukses terselenggara pada 3-5 Maret lalu. Tidak hanya menyaksikan para pembalap berlaga di Sirkuit Mandalika, penonton juga dimanjakan dengan dengan performa artis nasional serta bazar UMKM makanan dan minuman di Lombok Sumbawa Fair (LSF) 2023.

Pada pembukannya, LSF dihadiri oleh Dwi Marhen Yono selaku Direktur Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparakref) RI, menyampaikan bahwa tahun ini NTB ditargetkan dapat dikunjungi 10 juta wisatawan. “Sehingga dengan diadakan event-event internasional seperti WSBK dan MotoGP dapat mewujudkan target wisatawan tersebut,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima di Mataram, Kamis (9/3/2023).

1. Jadi event utama 

Lombok Sumbawa Fair 2023 Mandalika Dapat Banyak Perhatian PengunjungLombok Sumbawa Fair 2023 di Mandalika (Dok Dispar NTB)

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah yang  juga hadir pada pembukaan LSF juga menambahkan bahwa kedepannya, event Lombok Sumbawa Fair akan menjadi event utama di setiap event-event yang akan diselenggarakan di NTB.

“Kedepannya akan ada penyempurnaan dalam penyelenggaraan LSF. Di mana UMKM yang akan tampil tak hanya berasal dari NTB saja, melainkan juga dari berbagai daerah di Indonesia. Bintang tamu dan atraksi acara yang dihadirkan pun akan semakin beragam,” tambahnya.

Salah satu pengunjung WSBK, Veni mengatakan bahwa dirinya tidak hanya datang untuk menonton para pembalap WSBK. Veni juga turut meramaikan stand-stand UMKM yang ada. Dia merasa senang karena bisa menemukan banyak hal di satu tempat.

“Bisa nonton balap, bisa kulineran, bisa beli oleh-oleh,” ujarnya.

Baca Juga: Inflasi NTB Menembus Angka 6,3 Persen, Pemda Gagal Kendalikan Harga? 

2. Hadirkan artis asal NTB 

Lombok Sumbawa Fair 2023 Mandalika Dapat Banyak Perhatian PengunjungLombok Sumbawa Fair 2023 di Mandalika (Dok Dispar NTB)

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady menambahkan bahwa di LFS 2023 ini berhasil menghadirkan artis-artis asal NTB yang mendapatkan prestasi di tingkat nasional.

“Mulai dari Desy Natalia X Factor, Abhy Summer, Gita KDI, The Datu, Wet Band, Gokil Boys Tanaman Kaktus, serta The Datu,” ungkap Kadispar NTB.

Lebih lanjut Koordinator Lapangan WSBK Mandalika 2023 ini juga menambahkan bahwa performa band nasional Jamrud di LSF berhasil menutup gelaran WSBK Mandalika 2023 dengan sempurna. 

Diketahui sebanyak 200 produk-produk UMKM berhasil meramaikan LSF 2023. Dengan lokasinya yang strategis, LSF menjadi pusat hiburan bagi seluruh penonton gelaran WSBK Mandalika.

3. Penonton WSBK sebanyak 59.000 

Lombok Sumbawa Fair 2023 Mandalika Dapat Banyak Perhatian PengunjungLombok Sumbawa Fair 2023 di Mandalika (Dok Dispar NTB)

Jumlah penonton WSBK dilaporkan menembus angka 59 ribu orang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, jumlah penonton tersebut meningkat 15 persen dibandingkan tahun 2022 silam. 

"Jumlah penonton World Superbike Indonesia Round 2023 sebanyak 59 ribu penonton. Jadi ada kenaikan 15 persen dibanding 2022. Ini angka dari Dorna Official," kata Sandi.

Baca Juga: Melihat Harta Kekayaan Pejabat di NTB, Ada yang Tak Punya Rumah

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya