Wisatawan yang Datang Pakai Kapal Pesiar Banyak Belanja saat di Lombok

ASITA NTB minta hospitality ditingkatkan

Mataram, IDN Times - Kedatangan 15 kapal pesiar di Lombok, NTB, pada 2023 mendatang, disambut antusias pelaku wisata. Mereka menyebut singgahnya belasan kapal pesiar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat, menjadi berita yang bagus bagi pelaku wisata.

Rata-rata wisatawan kapal pesiar menghabiskan uang paling sedikit Rp5 juta per orang jika mereka turun mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok. Dalam satu kapal pesiar, jumlah wisatawan mancanegara mencapai 1.500 - 2.500 orang. Artinya, jika mereka turun mengunjungi destinasi wisata dan berbelanja ke pusat oleh-oleh, NTB mendapatkan cuan Rp7,5 miliar sampai Rp12,5 miliar.

1. Doyan belanja

Wisatawan yang Datang Pakai Kapal Pesiar Banyak Belanja saat di LombokKetua DPD ASITA NTB Dewantoro Umbu Joka. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka mengatakan rata-rata wisatawan kapal pesiar doyan berbelanja. Untuk paket wisata, mereka biasanya menghabiskan uang rata-rata Rp2 juta. Belum lagi mereka berbelanja di pusat oleh-oleh bisa menghabiskan Rp5 juta

"Rata-rata dia habiskan paling kecil Rp5 - 6 juta. Beli makan, belanja, sewa mobil dan lainnya. Karena ada juga yang turun sendiri," kata Dewantoro dikonfirmasi di Mataram, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: NTB Siapkan Atraksi Sambut Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar 

2. Hospitality harus ditingkatkan

Wisatawan yang Datang Pakai Kapal Pesiar Banyak Belanja saat di LombokTampak depan Pelabuhan Gili Mas (IDN Times/Linggauni)

Untuk menyambut ribuan wisatawan kapal pesiar ini, hospitality harus bagus. Jangan sampai wisatawan ditarik dan dipaksa untuk membeli barang dagangan. Karena NTB bersaing dengan daerah lain yang juga menjadi daerah tujuan wisatawan kapal pesiar.

"Ini berita bagus, kita harus ketemu dengan Pelindo Lembar. Wisatawan kapal pesiar ini rata-rata berkunjung ke Senggigi, Gili Trawangan dan Mandalika. Biasanya di kapal pesiar sudah ada yang jualan paketnya. Operatornya sudah punya mitra di sini," terang Dewantoro.

3. Siapkan atraksi sambut wisatawan kapal pesiar

Wisatawan yang Datang Pakai Kapal Pesiar Banyak Belanja saat di LombokFestival ngejot di Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menyiapkan akan atraksi dan paket wisata untuk menyambut ribuan wisatawan kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat. Akhir Oktober sampai Desember 2022, akan ada 4 kapal pesiar yang akan singgah.

Sementara pada 2023, sebanyak 15 kapal pesiar akan singgah di Pelabuhan Gili Mas. Satu kapal pesiar akan mengangkut sebanyak 1.500 - 2.500 wisatawan mancanegara. Kepala Dispar NTB Yusron Hadi mengatakan penyiapan atraksi wisata dinilai cukup penting dipertontonkan kepada wisatawan kapal pesiar yang berasal dari berbagai negara tersebut.

Dikatakan, banyak atraksi seni budaya dari 10 kabupaten/kota di NTB yang temanya penyambutan tamu. Nantinya akan dipilih atraksi yang berbeda secara bergantian untuk dipertontonkan pada wisatawan.

Baca Juga: NTB Butuh 82,6 Tahun untuk Bebas dari Rumah Kumuh 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya