Waspada Cuaca Buruk di NTB hingga 2 Agustus Akibat Gelombang Rosby

Waspada gelombang tinggi di perairan NTB

Mataram, IDN Times - BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hingga 2 Agustus mendatang. Cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai angin kencang berpotensi melanda wilayah NTB hingga 2 Agustus mendatang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Lombok Aprilia Mustika menjelaskan hujan disertai angin kencang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Namun intensitasnya akan semakin berkurang.

1. Pengaruh Gelombang Rosby

Waspada Cuaca Buruk di NTB hingga 2 Agustus Akibat Gelombang Rosbyilustrasi seorang pria memakai payung (unsplash.com/Artur Voznenko)

Aprilia menjelaskan hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah NTB di tengah musim kemarau disebabkan oleh gelombang Rosby. Ia menjelaskan aktifnya gelombang atmosfer atau Rosby Ekuatorial menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan.

"Penyebabnya dikarenakan aktifnya gelombang atmosfer atauvRossby Ekuatorial yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan," jelas Aprilia dikonfirmasi IDN Times, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di NTB Paling Indah

2. Waspada gelombang tinggi di perairan NTB

Waspada Cuaca Buruk di NTB hingga 2 Agustus Akibat Gelombang Rosbyilustrasi laut (unsplash.com/Joseph Barrientos)

Dengan adanya potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu tetap waspada. Serta berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor dan genangan air. Selain itu, berkurangnya jarak pandang, baliho roboh, dan pohon tumbang.

Ia juga meminta pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir untuk mewaspada gelombang tinggi di perairan NTB. Tinggi gelombang di atas 2 meter di Selat Lombok bagIan selatan, Selat Alas bagian selatan, dan Samudera Hindia selatan NTB.

3. Wilayah di NTB yang berpotensi dilanda hujan disertai angin kencang

Waspada Cuaca Buruk di NTB hingga 2 Agustus Akibat Gelombang Rosbyilustrasi angin malam (unsplash.com/gieffe22)

BMKG Stasiun ZAM mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca buruk pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2024. Pada 31 Juli 2024, wilayah yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang antara lain Kota Mataram yaitu Sandubaya, Ampenan, Cakranegara, Mataram, Sekarbela, dan Selaparang.

Kemudian Lombok Barat yaitu Narmada, Gerung, Labulia, Kuripan, Kediri, dan Sekotong. Lombok Tengah yaitu Praya, Kopang, Janapria, Pringgasela, Batukliang, dan Pringgarata, dan Praya Tengah. Kemudian Lombok Timur yaitu Jerowaru, dan Keruak, Lombok Utara yaitu Tanjung, Gangga, dan Pemenang. Selain itu, wilayah Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima.

Selanjutnya pada 1 Agustus 2024, untuk wilayah Kota Mataram yaitu Sandubaya, Ampenan, Cakranegara, Mataram, Sekarbela, dan Selaparang. Lombok Barat yaitu Narmada, Gerung, Labulia, dan Sekotong. Kemudian Lombok Utara yaitu Tanjung, Kayangan, dan Pemenang, Lombok Tengah yaitu Praya, Kopang, Janapria, Pringgasela, Batukliang, dan Pringgarata, dan Praya Tengah. Serta wilayah Sumbawa Barat, Dompu dan Bima.

Sedangkan pada 3 Agustus 2024, untuk wilayah Kota Mataram yaitu Sandubaya, Ampenan, Mataram, dan Selaparang. Kemudian Lombok Barat yaitu Narmada, Gerung, dan Labulia. Sedangkan Lombok Utara yaitu Tanjung, Kayangan, dan Pemenang serta wilayah Dompu dan Bima.

Baca Juga: Maju Pilgub NTB, Lalu Iqbal Ajukan Pengunduran Diri sebagai ASN Kemlu

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya