Viral! Warga Terpencil di Lombok Barat  Melahirkan di Jalan 

Akses jalan dari rumah warga sulit

Lombok Barat, IDN Times - Viral di media sosial Facebook, seorang ibu di daerah terpencil Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) melahirkan di tengah jalan. Peristiwa itu terjadi di Dusun Memang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Video dengan durasi 1 menit 3 detik itu diposting akun Facebook FunkErun Ajiq. Hingga Rabu (22/2/2023), video pendek itu telah dibagikan 4.686 kali dan mendapat 483 komentar.

1. Mendapat atensi dari Ombudsman NTB

Viral! Warga Terpencil di Lombok Barat  Melahirkan di Jalan Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB Bidang Penanganan Laporan, Arya Wiguna. (dok. Ombudsman NTB)

Di sisi lain, peristiwa seorang ibu melahirkan di jalan itu mendapat atensi dari Ombudsman RI Perwakilan NTB. Ombudsman sedang mengumpulkan data-data terkait kronologi kasus tersebut.

"Tadi kami sempat bahas saat rapat, intinya kami sedang pengumpulan informasi dan data awal terkait kronologi kasus tersebut untuk dipelajari," kata Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB Bidang Penanganan Laporan, Arya Wiguna, Selasa (21/2/2023) malam.

Baca Juga: Sanding Data Terhambat, Data yang Diberikan ITDC Tak Sesuai Permintaan

2. Ombudsman dapat menindaklanjuti melalui mekanisme inisiatif.

Viral! Warga Terpencil di Lombok Barat  Melahirkan di Jalan IDN Times/Hana Adi Perdana

Arya menjelaskan dari hasil pengumpulan data dan informasi, nantinya akan dipertimbangkan apakah dapat ditindaklanjuti sebagai laporan melalui mekanisme insiatif atas prakarsa sendiri Ombudsman. Atau memang mendorong pasien atau keluarga pasien untuk menyampaikan laporan ke Ombudsman Perwakilan NTB

"Karena berdasarkan mekanisme internal ada mekenisme laporan, laporan langsung atau Ombudsman melakukan insiatif atas prakarsa sendiri," terangnya.

3. Akses jalan sulit

Viral! Warga Terpencil di Lombok Barat  Melahirkan di Jalan Tangkapan layar video seorang ibu melahirkan di jalan di Dusun Memang, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat. (facebook.com/FunkErun Ajiq)

Kejadian seorang ibu melahirkan di jalan itu mengundang keprihatinan dari warganet. Karena infrastruktur jalan yang masih sulit dan jauhnya akses sarana kesehatan.

"Semangat semeton (saudara) semoga ibu dan bayinya sehat. Semoga pemerintah lebih memperhatikan infrastruktur desa terpencil," tulis akun Ketut Murdyana.

Sementara akun Nia Astarina menjelaskan kronologi pasien yang melahirkan di jalan tersebut. Dia mengatakan pasien tersebut sudah hami yang keempat kali dan punya riwayat kehmilan jelek.

Pasien berasal dari Batujai Kabupaten Lombok Tengah. Namun pulang ke rumah keluarganya di Dusun Memang, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Pasien tidak pernah periksa dan tidak pernah mendapatkan buku KIA.

"Tadi waktu lahir di jalan dan keluarga menelpon Ambulan Klinik di wilayah setempat dan langsung dibawa ke klinik langsung mendapatkan perawatan, dan ibu selamat tapi bayinya langsung dibawa ke RS Praya," tulis Nia Astarina.

Nia Astarina juga menuliskan bahwa ketiga anak ibu tersebut sebelumnya lahir prematur dan meninggal dunia. Ibu tersebut disarankan belum boleh hamil dulu. Sementara itu, bayi yang dilahirkan di jalan mengalami aspeksia berat.

Baca Juga: Walhi Sebut 7.280 Pulau dalam Ancaman Krisis Iklim, Termasuk NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya