Unram Larang Seminar, Dosen FH: Seharusnya Didebat dengan Pemikiran 

Buntut penolakan seminar Rocky Gerung di Unram

Mataram, IDN Times - Dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram), Dr. Widodo Dwi Putro, S.H., M.H., angkat bicara mengenai dilarangnya seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan menghadirkan pembicara Rocky Gerung pada 16 September mendatang. Jika tidak setuju dengan pemikiran seseorang, seharusnya didebat dengan pemikiran.

"Jika benar pihak pejabat kampus melarang seminar karena alasan alergi dengan nara sumber maka itu betentangan dengan kebebasan akademis yang berlaku universal. Kalau tidak setuju dengan pemikiran seseorang seharusnya didebat dengan pemikiran, bukan melarang dengan pendekatan kekuasaan," kata Widodo di Mataram, Senin (29/8/2022).

1. Zaman orde baru, pemikir kritis tidak dilarang sebagai pembicara di Unram

Unram Larang Seminar, Dosen FH: Seharusnya Didebat dengan Pemikiran Pamplet seminar nasional 24 tahun reformasi yang dikarang digelar di Unram karena pembicaranya Rocky Gerung. (dok. Adrian Islah Perdana)

Widodo mengungkapkan dulu pada zaman orde baru yang otoriter, pemikir kritis tidak dilarang sebagai pembicara di Unram. Ia memberikan contoh pemikir kritis Bintang Pamungkas, Adnan Buyung, dan WS Rendra tidak dilarang sebagai pembicara dalam kegiatan seminar di Unram.

"Tetapi mengapa sekarang di zaman reformasi justru ada pelarangan kegiatan seminar di kampus karena tidak berkenan dengan narasumber?" tanyanya.

Baca Juga: Unram Diduga Melarang Seminar Nasional dengan Pembicara Rocky Gerung

2. Bertentangan dengan program kampus merdeka

Unram Larang Seminar, Dosen FH: Seharusnya Didebat dengan Pemikiran Google

Ia juga heran apakah kebebasan akademik di era reformasi lebih buruk dari zaman orde baru. Jika memang benar pihak kampus Unram melarang kegiatan seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan dihadiri Rocky Gerung, maka jelas bertentangan dengan program kampus merdeka.

Di mana, dalam program kampus merdeka ada kebijakan merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya, Ketua UKM PIB Unram sekaligus sebagai panitia seminar nasional, Adrian Islah Perdana mengatakan pihak kampus Universitas Mataram (Unram) melarang kegiatan seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan menghadirkan pembicara Rocky Gerung pada 16 September 2022.

Seminar Nasional 24 Tahun Reformasi dengan tema Titik Nol Penegakan Hukum dan Keadilan' itu rencananya menghadirkan dua narasumber yaitu Rocky Gerung dan Bivitri Susanti.

3. Kehadiran Rocky Gerung ditolak

Unram Larang Seminar, Dosen FH: Seharusnya Didebat dengan Pemikiran Ketua UKM PIB Unram sekaligus sebagai panitia, Adrian Islah Perdana. (dok. Adrian Islah Perdana)

Adrian mengungkapkan pihak panitia menemui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni terkait rencana seminar nasional ini. Panitia berdialog dengan rencana kegiatan seminar yang akan digelar pada 16 September mendatang.

Adrian menambahkan pihak Unram takut terhadap pemikiran-pemikiran Rocky Gerung yang dikhawatirkan tidak mampu diterima dengan benar oleh mahasiswa.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Unram Khairul Umam yang dikonfirmasi IDN Times, Senin (29/8/2022) belum mengetahui informasi perihal dilarangnya seminar nasional 24 tahun reformasi yang akan dihadiri Rocky Gerung. "Saya belum tahu informasinya. Coba nanti saya konfirmasi," kata Umam singkat.

Baca Juga: Isu Aset Gili Trawangan Diambilalih BPN, Pemprov NTB: Itu Menyesatkan!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya