Tes Pramusim Sukses, MotoGP Diperkirakan Dihadiri 200 Ribu Penonton

Pembangunan tribune penonton rampung minggu kedua Maret

Lombok Tengah, IDN Times - PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyatakan gelaran tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11 - 13 Februari 2022 berlangsung sukses, aman dan lancar. Berikutnya pada 18 - 20 Maret mendatang, akan digelar balapan MotoGP 2022 dengan perkiraan jumlah penonton 180.000 - 200.000 orang selama tiga hari.

Direktur Operasi dan Bisnis ITDC Arie Prasetyo dalam konferensi pers di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika, Lombok NTB, Minggu (13/2/2022) mengatakan, selama berlangsungnya tes pramusim ini, pekerjaan-pekerjaan fasilitas pendukung di sekitar lokasi sirkuit terus dikerjakan. Seperti penyelesaian ruas jalan lingkar Sirkuit Mandalika dari Bundaran Sunggung hingga SPBU Mandalika atau jalan depan sirkuit ruas Kuta - Keruak.

1. Tribune penonton ditargetkan rampung minggu kedua Maret

Tes Pramusim Sukses, MotoGP Diperkirakan Dihadiri 200 Ribu PenontonSalah satu titik tribune penonton yang sedang dibangun berada di dekat garis start dan finish atau depan Paddock Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, kata Arie, sedang dilakukan penyelesaian pembangunan tribune atau tempat duduk penonton Grandstand berkapasitas total 50 ribu kursi serta VIP Village berkapasitas 2.000 penonton. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan bakal rampung pada minggu kedua Maret 2022.

Terdapat juga Royal Box yang berada satu bangunan dengan garasi para pembalap dan timnya. Serta menjadi tempat duduk penonton paling mahal yang dijual oleh pihak ITDC pada gelaran MotoGP 2022.

Di tempat ini, Presiden Joko Widodo dan para menteri Kabinet Indonesia Maju serta tamu VIP lainnya dapat menonton langsung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia, 18 - 20 Maret 2022. Arie menyebut total kapasitas tampung penonton per hari mencapai 63 ribu orang.

"Jadi selama tiga hari itu akan sangat sibuk, baik itu flow of traffic ataupun flow of travel. Ada sekitar 180 ribu-200 ribu penonton dalam tiga hari itu," sebut Arie.

Baca Juga: ITDC Luncurkan Paket Bundling, 40.000 Tiket MotoGP Masih Tersedia 

2. MGPA siapkan 30 tiket premium grandstand gratis untuk jurnalis

Tes Pramusim Sukses, MotoGP Diperkirakan Dihadiri 200 Ribu PenontonDirektur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengajak jurnalis lebih peduli lagi terhadap pelaksanaan MotoGP di Mandalika. Pihaknya menyediakan hadiah kepada 30 pemenang berupa tiket menonton gratis di Premium Grandstand yang berada di seberang lintasan start/finish lomba.

Lomba ini merupakan bentuk apresiasi MGPA kepada para peliput di MotoGP Mandalika 2022. "Setiap harinya, selama tiga hari MotoGP, akan ada 10 tiket diberikan kepada masing-masing 10 jurnalis yang beruntung," kata mantan wartawan ini.

3. Pol Espargaro tercepat di hari terakhir tes pramusim MotoGP di Mandalika

Tes Pramusim Sukses, MotoGP Diperkirakan Dihadiri 200 Ribu PenontonPol Espargaro melintasi garis finis pada GP Prancis (motogp.com)

Sementara itu, lewat akun instagram @themandalikagp, MGPA menyebutkan lima pembalap tercepat pada hari ketiga atau terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Pembalap asal Spanyol, Pol Espargaro berhasil menjadi yang tercepat di hari terakhir tes pramusim kali ini dengan catatan waktu 1 menit 31.060 detik.

Kemudian disusul Fabio Quartararo di posisi kedua, dan Aleix Espargaro di posisi ketiga. Franco Morbidelli di posisi keempat dan Francesco Bagnaia di posisi kelima. Di hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Pol Espargaro juga menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32.466 detik.

Baca Juga: Jalan Depan Sirkuit Semrawut, Pengerjaan Ditargetkan Rampung Bulan ini

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya