Rem Blong, Mobil Pengangkut Satu Keluarga Ludes Terbakar di Lombok 

Pengemudi bersama tiga anak dan istrinya selamat

Lombok Utara, IDN Times - Satu unit mobil jenis Nissan Grand Livina matic DR 1292 AN terbakar di Jalan Raya Pusuk Dusun Bentek Desa Menggala Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (2/4/2022). Pengemudi dan empat penumpang mobil tersebut merupakan satu keluarga.

Menurut keterangan saksi mata, mobil tersebut tengah melaju dari arah Mataram menuju Tanjung Lombok Utara bersama penumpang sebanyak empat orang.

Tiba-tiba mobil menepi di ruas Jalan Pusuk Pas karena adanya asap dan percikan api yang keluar dari bagian mesin kemudian mobil terbakar sekitar pukul 16.00 WITA.

1. Jalan raya Pusuk alami kemacetan setengah jam

Rem Blong, Mobil Pengangkut Satu Keluarga Ludes Terbakar di Lombok Jalan Raya Pusuk Lombok Utara mengalami kemacetan akibat insiden terbakarnya mobil (Dok. Polres Lombok Utara)

Akibat terbakarnya kendaraan roda empat tersebut, Jalan Raya Pusuk Lombok Utara sempat mengalami kemacetan selama setengah jam. Sehingga Unit Polsek Pemenang dan Damkar melakukan pemadaman dan evakuasi.

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta melalui Kapolsek Pemenang Iptu L. Eka Arya mengatakan setelah mendengar adanya peristiwa tersebut pihaknya bersama petugas Damkar Lombok Utara bergerak menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Pengemudi kendaraan diketahui bernama I Gde Arie Winanta dengan alamat Jalan Pantai Kute Selatan Abiantubuh, Cakra Selatan Kota Mataram bersama penumpang sebanyak empat orang yaitu anak dan istrinya, berangkat dari Kota Mataram menuju ke Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Baca Juga: Perpustakaan Digital, Cara NTB  Tingkatkan Literasi pada Anak-anak

2. Pengemudi berhasil selamatkan anak dan istrinya

Rem Blong, Mobil Pengangkut Satu Keluarga Ludes Terbakar di Lombok Satu keluarga yang selamat dari insiden terbakarnya mobil di Jalan Raya Pusuk Lombok Utara (Dok. Polres Lombok Utara)

Eka mengatakan penyebab terjadinya kebakaran dari keterangan pengemudi adalah tidak berfungsinya rem atau rem blong. Sehingga pengemudi spontan menarik tuas rem tangan hingga menepi ke sisi kiri jalan raya.

Ketika menepi, mesin tiba-tiba mengeluarkan asap disertai percikan api. Kemudian pengemudi menyelamatkan ketiga anak dan istrinya keluar dari dalam mobil. Api dengan cepat menjalar ke seluruh sisi kendaraan hingga kendaraan ludes terbakar.

3. Kerugian mencapai Rp90 juta

Rem Blong, Mobil Pengangkut Satu Keluarga Ludes Terbakar di Lombok Mobil yang ludes terbakar. Kerugian diperkirakan sebesar Rp90 juta (Dok. Polres Lombok Utara)

Akibat dari kejadian tersebut, pengemudi dan anak istrinya tidak mengalami luka-luka. Sementara kondisi kendaraan ludes terbakar dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 90 juta.

Polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas di TKP yang sempat macet. Kemudian melakukan olah TKP dan pemadaman bersama petugas Damkar Lombok Utara.

Polsek Pemenang berkordinasi dengan Sat Lantas Polres Lombok Utara untuk penanganan selanjutnya baik evakuasi kendaraan dan membawa korban ke rumah sakit untuk mengecek kondisi korban.

Ia berharap kepada pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat, agar selalu melakukan perawatan secara rutin.

"Mobil terbakar itu bisa terjadi karena pemasangan aksesori kelistrikan yang tidak tepat, atau bisa juga karena mobil mengalami overheat. Jika panas mesin meningkat, efeknya akan sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,"kata Eka.

Baca Juga: 293 Pejabat dan Dewan di NTB Tak Patuh Laporkan Harta Kekayaannya

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya