Libur Lebaran, 2 Remaja Tewas Terseret Ombak di Pantai Setangi Lombok

Satu teman korban berhasil menyelamatkan diri

Lombok Utara, IDN Times - Dua remaja asal Lingkungan Karang Genteng Kelurahan Pagutan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), tewas terseret ombak saat mandi di Pantai Setangi Dusun Setangi, Desa Malaka, Lombok Utara, Selasa (25/4/2023) sekitar pukul 17.10 Wita. Kedua korban tewas inisial M (16) dan A (14), sedangkan satu orang teman korban berhasil menyelamatkan diri inisial K (16). 

Ketiganya pergi liburan lebaran ke Pantai Setangi Lombok Utara. Suasana santai liburan lebaran wisatawan di Pantai Setangi Desa Malaka Lombok Utara seketika berubah menjadi sebuah tragedi dengan adanya peristiwa tersebut.

1. Satu teman korban menyelamatkan diri dengan berenang ke tepi pantai

Libur Lebaran, 2 Remaja Tewas Terseret Ombak di Pantai Setangi LombokEvakuasi jenazah remaja yang meninggal terseret ombak di Pantai Setangi Lombok Utara. (dok. Polres Lombok Utara)

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta melalui Kapolsek Pemenang Iptu Lalu Eka Arya Mardiwinata menjelaskan aparat kepolisian bersama Tim SAR melakukan evakuasi jenazah para korban ke Puskesmas Nipah untuk dilakukan pemeriksaan luar atau visum et revertum.

"Satu di antara mereka berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian, namun dua di antaranya meninggal dunia," kata Eka.

Eka menjelaskan mendengar adanya laporan wisatawan lokal yang tenggelam karena terseret ombak di Pantai Setangi, dirinya langsung memerintahkan anggotanya dengan mengandeng dari Tim SAR dan Polairud yang sudah standby di lokasi kejadian. Aparat kepolisian bersama Tim SAR kemudian mencari dua korban yang tenggelam terseret ombak.

Baca Juga: Pendaki Paruh Baya Dilaporkan Tewas di Gunung Rinjani

2. Pencarian dilakukan selama satu jam

Libur Lebaran, 2 Remaja Tewas Terseret Ombak di Pantai Setangi LombokIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Aparat kepolisian bersama Tim SAR dan masyarakat kemudian melakukan pencarian dua korban yang hilang tenggelam terseret ombak. Kedua korban yang meninggal dunia ditemukan setelah dilakukan pencarian sekitar satu jam yaitu sekitar pukul 18.15 Wita.

"Pencarian tersebut dilakukan oleh tim gabungan kurang lebih satu jam, namun naas, saat ditemukan nyawa kedua korban sudah tidak tertolong," tuturnya.

Dari identifikasi jenazah kedua korban meninggal dunia inisial M (16) dan A (14). Sedangkan korban selamat inisial K (16). Ketiganya merupakan warga Lingkungan Karang Genteng Kelurahan Pagutan Kota Mataram.

3. Cuaca buruk dan ombak besar

Libur Lebaran, 2 Remaja Tewas Terseret Ombak di Pantai Setangi Lombokilustrasi ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi bersama Tim SAR dan masyarakat selanjutnya mengevakuasi jenazah kedua korban untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim medis. Eka menjelaskan di lokasi kejadian terjadi cuaca buruk dan ombak besar disertai hujan yang cukup lebat. Pada saat kejadian, kedua korban diduga tidak bisa berenang.

Eka meminta masyarakat atau wisatawan lokal yang sedang liburan lebaran di pantai agar memantau putra dan putrinya. Pengelola jasa water sport juga diminta peduli terhadap para pengunjung.

"Mengingat saat ini cuaca ekstrem yang dapat membahayakan para pengunjung," ujarnya mengingatkan.

Baca Juga: Puncak Arus Balik di Bandara Lombok Terjadi pada 26 April dan 1 Mei  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya