Korban Kebakaran di Sumbawa Gotong Royong Bangun Tenda Darurat 

Medan menuju lokasi kejadian cukup berat

Sumbawa, IDN Times - Warga Dusun Musuk, Desa Tangkumpulit, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), gotong royong membangun tenda darurat sebagai tempat hunian sementara pasca kebakaran hebat yang menghanguskan 24 rumah penduduk dan satu rumah dinas pada Senin (29/5/2023). Warga bersama polisi mendirikan tenda darurat sebagai tempat tinggal sementara.

Bhabinkamtibmas Desa Tangkampulit Briptu Suwarno Fahrizal dan Babinsa bersama warga melakukan gotong royong mendirikan tenda darurat untuk korban kebakaran, Rabu (32/5/23). Tenda darurat tersebut nantinya akan digunakan untuk hunian sementara bagi warga yang terdampak kebakaran.

1. Ringankan beban korban kebakaran

Korban Kebakaran di Sumbawa Gotong Royong Bangun Tenda Darurat Warga korban kebakaran di Dusun Musuk Desa Tangkumpulit Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa gotong royong membangun tenda darurat sebagai tempat hunian sementara. (dok. Polres Sumbawa)

Kapolsek Batulanteh Iptu Jakun menjelaskan pasca kebakaran pihaknya terus melaksanakan gotong royong dan pendampingan kepada warga di Dusun Musuk. Kegiatan ini sebagai bentuk empati kepada korban kebakaran yang tertimpa musibah.

"Paling tidak kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat dapat meringankan beban psikis dan trauma pasca musibah kebakaran," kata Jakun.

Baca Juga: 24 Rumah Warga dan Satu Rumah Dinas Ludes Terbakar di Sumbawa 

2. Medan sulit menuju lokasi kebakaran

Korban Kebakaran di Sumbawa Gotong Royong Bangun Tenda Darurat Puluhan rumah warga Dusun Musuk Desa Tangkumpulit Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa yang ludes terbakar. (dok. Istimewa)

Sebelumnya, Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin mengunjungi lokasi kebakaran di Dusun Musuk, Desa Tangkampulit, Kecamatan Batulanteh, Selasa (30/5/2023). Untuk sampai ke lokasi, harus menempuh Medan yang cukup sulit.

Muslimin menjelaskan pihaknya membantu untuk meringankan beban para korban, dan sebagai bentuk kepedulian sosial Polri terhadap masyarakat, terutama yang terkena musibah kebakaran.

"Dengan terjadinya peristiwa ini semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan keringanan dan keikhlasan terhadap masyarakat yang terdampak," kata Muslimin.

Selain memberikan bantuan sembako, pihaknya juga memberikan motivasi dan semangat kepada korban kebakaran agar ikhlas dan sabar dalam menerima musibah. Warga korban kebakaran diharapkan bersabar, tetap semangat dan gotong royong.

3. 24 rumah warga dan satu rumah dinas rata dengan tanah

Korban Kebakaran di Sumbawa Gotong Royong Bangun Tenda Darurat Warga membersihkan puing-puing bangunan yang terbakar. (dok. Istimewa)

Kebakaran hebat melanda Dusun Musik Desa Tangkampulit, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, Senin (29/5/2023) menyebabkan 24 unit rumah warga dan satu rumah dinas ludes terbakar rata dengan tanah.

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Sumbawa, 24 bangunan rumah milik warga dan satu rumah dinas rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah. Peristiwa kebakaran itu terjadi pukul 09.00 Wita. Dalam peristiwa kebakaran hebat itu, tidak ada korban jiwa. Tetapi, sebanyak 25 kepala keluarga (KK) atau 33 jiwa yang terkena dampak.

Baca Juga: AMNT Bakal Kena Denda Keterlambatan Smelter, Ini Kata Staf Ahli Menkeu

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya