Kondisi Islamic Center NTB dari Bocor hingga Dipenuhi Sampah

Lift menara 99 Islamic Center NTB rusak pascagempa 2018

Mataram, IDN Times - Kawasan Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Kota Mataram. Terdapat bangunan megah Masjid Hubbul Wathan Islamic Center yang berdiri tepat di jantung Kota Mataram.

Tetapi di tengah bangunan megah tersebut, sejumlah titik mengalami kebocoran di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB ketika musim hujan seperti saat ini. Di samping itu, ada tumpukan sampah bekas proyek sekitar dua truk yang berada di sekitar kubah masjid.

"Ada beberapa titik terkendala, begitu musim hujan bocor. Termasuk ada tumpukan sampah di atas. Mungkin beberapa tahun lalu, kontraktor yang bekerja karena fisik pekerjaan sudah bagus, lupa diturunkan. Itu bisa menampung air, ada bekas material, dan pasir. Sampahnya sekitar dua dump truk," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi saat meninjau Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Jumat (17/11/2023).

1. Menara 99 Islamic Center belum bisa difungsikan karena lift rusak

Kondisi Islamic Center NTB dari Bocor hingga Dipenuhi SampahMasjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain bocor, menara 99 Asmaul Husna Islamic Center NTB juga masih rusak pascagempa bumi 2018. Hingga saat ini, lift tersebut belum diperbaiki.

Padahal, keberadaan lift tersebut cukup vital karena menara 99 Asmaul Husna salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Islamic Center NTB.

"Jadi orang berwisata ke sini bukan saja berwisata religi tapi juga bisa melihat keindahan Kota Mataram dari ketinggian 99 meter dari Menara IC," ucap Jamaluddin.

Baca Juga: Dikes NTB Ungkap Hasil Uji Laboratorium Pasien Suspek Cacar Monyet

2. Sebelum gempa bisa menghasilkan PAD hingga Rp400 juta setahun

Kondisi Islamic Center NTB dari Bocor hingga Dipenuhi SampahMenara 99 Asmaul Husna Islamic Center NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelum lift tersebut rusak akibat gempa bumi 2018, Menara Asmaul Husna Islamic Center NTB banyak dikunjungi wisatawan. Karena mereka dapat menikmati keindahan Kota Mataram dari ketinggian 99 meter.

Setiap pengunjung yang akan naik ke Menara 99 Asmaul Husna Islamic Center NTB dikenakan tiket. Setiap tahun, kata Jamaluddin, bisa menyumbang pendapatan asli Daerah (PAD) sekitar Rp300 juta sampai Rp400 juta.

"Sehingga cukup mendesak diperbaiki karena menjadi salah satu daya tarik IC. Kita juga ingin bangun toilet di luar IC dekat taman. Kita perlu bangun dua sampai 4 toilet. Kita minta bantuan BUMN dan BUMD yang berniat membangun toilet di IC," harapnya.

3. Pemprov akan alokasikan anggaran Rp17 miliar tahun 2024

Kondisi Islamic Center NTB dari Bocor hingga Dipenuhi SampahSelasar masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk perbaikan masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB yang bocor dan bangunan lainnya, Pemprov NTB akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp17 miliar pada 2024. Dari alokasi anggaran sebesar itu diharapkan ada juga dana untuk perbaikan lift yang rusak.

Untuk perbaikan lift sendiri membutuhkan anggaran sekitar Rp2 miliar sampai Rp3 miliar.

"Mudah-mudahan masuk yang alokasi anggaran Rp17 miliar. Itu anggaran secara global," terang Jamaluddin.

Baca Juga: BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah Aslinya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya