Jelang MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika Kantongi Homologasi Grade A

Sirkuit Mandalika layak gelar balapan MotoGP 2023

Lombok Tengah, IDN Times - Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika resmi mendapatkan homologasi grade A dari Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM). Dorna Sports, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan MotoGP Race Director melakukan track inspection Sirkuit Mandalika, Kamis (12/10/2023) sore.

"Pertamina Mandalika International Circuit telah mendapatkan Homologasi FIM Grade A. Itu artinya sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia ini layak untuk menggelar Grand Prix," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, Kamis (12/10/2023) petang.

1. Raih grade tertinggi dari FIM

Jelang MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika Kantongi Homologasi Grade Atampilan Pertamina Mandalika International Circuit (motogp.com)

Priandhi menjelaskan Dorna Sports dan MotoGP Race Director bersama berbagai pihak terkait lainnya melakukan track inspection pada Kamis (12/10/2023) pukul 17.00 WITA. Dari hasil track inspection tersebut, FIM memberikan homologasi grade A.

Homologasi grade A merupakan grade tertinggi yang dimiliki FIM. Dengan lolos homologasi grade A, maka Sirkuit Mandalika sudah layak untuk dijadikan tempat pagelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau IndonesianGP 2023 yang akan berlangsung 13 - 15 Oktober 2023.

Baca Juga: MGPA Pastikan Sirkuit Mandalika Siap untuk Balapan MotoGP 

2. Peningkatan fasilitas sirkuit sesuai panduan FIM

Jelang MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika Kantongi Homologasi Grade ADirektur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut, lanjut Priandhi, tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.

Di bagian sirkuit, MGPA melakukan pengerokan dan pengecatan kerb, pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM dan timing system. Sedangkan di bagian paddock, MGPA melakukan penempatan berbagai tenda dan bangunan penunjang.

Sementara di area inner sirkuit, MGPA akan melakukan pemasangan panggung musik, booth tenda untuk UMKM, area motorsport zone, area makan dan minum dan berbagai keperluan lainnya.

3. Pengecekan kerb dan run-off area 27.381 meter persegi

Jelang MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika Kantongi Homologasi Grade ATikungan 16 Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

MGPA melakukan proses pengecatan di beberapa kerb dan run-off area. Dengan total luas yang akan dicat seluas 27.381 meter persegi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemeliharaan dan peningkatan fasilitas Sirkuit Mandalika menjelang MotoGP 2023.

Ia memastikan kualitas track tetap memenuhi standar keselamatan pembalap, serta untuk mempercantik Pertamina Mandalika International Circuit di mata kamera televisi yang liputannya akan disiarkan di berbagai negara.

Tahap pertama dari roses pengecatan ini adalah pelepasan cat lama yang sudah memudar di beberapa kerbs dan run-off area hingga bersih. Dilakukan penyiraman dengan air bertekanan tinggi lalu dikeringkan untuk mempersiapkan dasar permukaan pengecatan ulang.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan cat lama yang mungkin telah mengalami kerusakan akibat paparan cuaca dan penggunaan berkepanjangan. Langkah awal ini dilakukan dengan sangat detail oleh Tim Roadgrip yang merupakan ahli berpengalaman dalam perawatan sirkuit dan menggunakan bahan cat khusus kerb yang sudah lulus standar homologasi FIM.

Baca Juga: Tingkah Kocak Maverick Vinales dari Pinjam Seratus hingga Joget Ria

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya