Hibur Korban Banjir Sumbawa, Gubernur Zul Traktir Makan Cilok

Gubernur salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir

Sumbawa, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meninjau warga terdampak banjir di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, Selasa (15/2/2022). Bencana banjir menerjang 6 Desa di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa yaitu Desa Dalam, Desa Luar, Desa Kalimango, Desa Baru, Desa Juran Alas, dan Desa Marente.

Selain membawa bantuan kepada masyarakat terdampak banjir. Gubernur Zul juga makan cilok bersama warga terdampak banjir. "Alhamdulillah air berangsur surut. Terima kasih BPBD dan Dinas Sosial Provinsi yang bersinergi sangat baik dengan BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa," kata Gubernur.

1. Gubernur makan cilok bersama warga

Hibur Korban Banjir Sumbawa, Gubernur Zul Traktir Makan CilokPenyaluran bantuan kepada warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa (Dok. Diskominfotik NTB)

Gubernur Zul disambut gembira dan haru oleh warga setempat. Bukan hanya itu, dia juga makan cilok bersama warga. Dia merasa senang melihat senyum dari anak-anak yang sedang ditimpa musibah itu ketika ditraktir cilok.

"Di hampir semua tempat yang terkena banjir di NTB ini selalu ada makanan favorit buat anak-anak, cilok. Kalau ditraktir, yang makan senang, yang jualan pun senang," ucapnya.

Baca Juga: Jembatan Cinta Putus dan Rumah Warga  Hanyut Akibat Banjir di Sumbawa

2. Cerita warga korban banjir

Hibur Korban Banjir Sumbawa, Gubernur Zul Traktir Makan CilokRumah warga yang rusak akibat diterjang banjir (Dok. Diskominfotik NTB)

Warga Desa Juran Alas Dusun Tal, Darmi (56) menyampaikan berterima kasih atas kunjungan Gubernur NTB. Di tengah kesedihan akibat musibah banjir, kedatangan Gubernur dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov NTB menjadi penyemangat dan dukungan nyata bagi warga setempat.

Darmi yang tinggal pinggiran sungai bersama anaknya menceritakan, kejadian banjir yang terjadi Senin sore (14/2/2022). Ia kaget tiba-tiba air sungai menggenangi kolong rumah panggung miliknya, hingga 2 meter.

"Hujannya lebat, sehingga menjebol sungai samping rumah kami,"tuturnya.

Semua barang-barang aman, karena banjir tidak menjangkau lantai rumah panggungnya. Hanya ayam dan beberapa balok kayu yang hanyut. Namun saat ini, air banjir telah surut. Warga di sekitar sudah mulai beraktivitas dan membersihkan lumpur dan material sisa banjir.

Dia juga mengaku, telah dikunjungi tim bantuan sebelumnya. Mereka membawa bantuan, ada yang dari Bank NTB, BPBD Provinsi dan kabupaten. Hal yang sama disampaikan Amir, warga desa Juran Alas, mengatakan bahwa kunjungan Gubernur NTB, menjadi sesuatu yang istimewa bagi warga.

"Saat inilah warga membutuhkan simpati dan uluran tangan," kata Kadus ini.

3. Dinas Sosial turunkan tim untuk salurkan bantuan

Hibur Korban Banjir Sumbawa, Gubernur Zul Traktir Makan CilokGubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau jembatan cinta yang putus diterjang banjir (Dok. Diskominfotik NTB)

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik mengatakan, sejak dilaporkan adanya banjir, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda kabupaten/kota.

"Kami telah turunkan tim untuk menyalurkan bantuan awal,"jelas Kadis.

Bantuan yang disalurkan antara lain matras, tenda gulung, makanan siap saji, perlengkapan anak dan wanita, perlengkapan kebersihan, selimut, beras, telur, air mineral dan lainnya.

Baca Juga: Sampah Plastik Diolah Jadi Dexlite, NTB Akan Punya "Sumur" Minyak 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya