Joki Cilik di Bima Jatuh saat Tunggangi Kuda Gubernur NTB

Kuda hitam bernama James Bond milik Gubernur NTB

Kota Bima, IDN Times - Seorang joki anak diduga terjatuh dari punggung kuda saat mengikuti event pacuan kuda Wali Kota Cup. Event yang dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman ini berlangsung di arena pacuan kuda di Desa Pandai, Kabupaten Bima. Joki anak yang terjatuh itu diduga menunggangi kuda milik Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah.

Peristiwa nahas saat anak jatuh dari punggung kuda tersebut terekam dalam video berdurasi 20 detik, milik akun Facebook bernama Yahya Natsir. Pada video tersebut, diiringi caption "Kalembo ade James Bond. Kasihan Jokinya sampai bergelantungan seperti itu,".

1. Kuda ditunggangi joki cilik diduga milik Gubernur NTB

Joki Cilik di Bima Jatuh saat Tunggangi Kuda Gubernur NTBGubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan FJPI NTB (Dok Diskominfotik NTB)

Selain menulis keterangan itu, perekam video juga menyebut James Bond yang merupakan nama kuda yang sedang ditunggangi joki cilik yang saat itu terjatuh. Informasi yang dihimpun, kuda dengan nama James Bond ini diduga merupakan kuda milik Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Kuda dengan warna hitam ini, masuk dalam kelas kuda besar dalam pacuan tradisional. Meski jenis kuda besar, namun yang terlihat dalam video, yang menjadi joki adalah usia anak.

Fakta itu bertentangan dengan SE Wali Kota Bima tanggal 19 Juli 2022 lalu. Pada SE itu memuat, jika kelas kuda berukuran paling besar diatur usia joki minimal 15 - 19 tahun. 

Pengelompokan usia ini, ada pada poin ketiga SE yakni pengelompokan usia dan klasifikasi umur joki sesuai dengan kelas kuda, yang mana untuk kuda lokal usia joki minimal 10 - 14 tahun dan kelas sandalwood G1, G2 dan G3 usia joki minimal 15 - 19 tahun. 

Baca Juga: Korupsi Bantuan Pendidikan Rp867 Juta Libatkan Anggota DPRD Bima

2. Tergenlantung di leher kuda lalu terjatuh

Joki Cilik di Bima Jatuh saat Tunggangi Kuda Gubernur NTBLomba pacuan kuda dengan joki cilik di Sumbaw (Dok. Pemprov NTB)

Dari video itu, tampak dua pasang kuda sedang berpacu di lapangan arena setelah sebelumnya dilepas dari box star. Tidak lama dilepas dari box star, seorang joki yang menunggangi kuda James Bond tiba-tiba tergelantung dengan memegang tali kekang kuda.

Karena tidak kuat pegang, lalu joki yang belum diketahui identitas dan kondisi pasca jatuh itu memilih melepas tali kekang. Kemudian terjatuh di lintasan pacu yang berdebu, sementara kuda yang ditunggangi terus berlari hingga finish.

3. Karena joki terjatuh, kuda James Bond tidak masuk putaran kedua

Joki Cilik di Bima Jatuh saat Tunggangi Kuda Gubernur NTBDok. Kaba12.com

Ketua Panitia Pacuan Kuda Wali Kota Cup, Sudirman Dj yang dikonfirmasi mengatakan, kuda milik Gubernur NTB itu memang bernama James Bond. Kuda milik orang nomor 1 di NTB itu masuk pada kelas F, yakni klasifikasi paling besar.

Kemudian saat berpacu, Kata Sudirman kuda James Bond tidak berlari kencang sejak dilepas dari box star hingga tiba di tribun. Sementara joki sudah terlihat bergelantungan, sejak keluar dari box star.

"Pada putaran kedua, kuda itu tidak masuk lagi," terang yang juga anggota DPRD Kota Bima ini.

Baca Juga: Mengkhawatirkan, Ada 197 Kasus Gigitan Anjing Rabies di Bima

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya