Witan Sulaiman, Timnas Sepakbola Indonesia Berdarah Asli Lombok

Witan selalu bermain impresif selama ajang AFF di Singapura

Lombok Timur, IDN Times - Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaiman selalu tampil impresif saat melakoni enam laga di ajang Piala Suzuki Asean Football Federation (AFF) tahun 2021. Tampil melawan Singapura pada Leg pertama Semifinal piala AFF di Singapura Rabu (22/12/2021) kemarin, Witan berhasil melesakkan satu-satunya gol ke Gawang Singapura dan membuat Indonesia unggul pada paruh pertama.

Diketahui bahwa Witan Sulaiman memiliki darah orang Lombok. Ayah kandungnya merupakan orang Lombok asli. Kakek Witan Sulaiman yang berasal dari Lombok Timur itu mengikuti program transmigrasi ke Sulawesi dan kemudian menetap di sana.

1. Selalu tampil impresif

Witan Sulaiman, Timnas Sepakbola Indonesia Berdarah Asli LombokWitan Sulaiman saat memberikan assist ke Ezra Walian saat laga kontra Singapura leg kedua/dok. Instagram witansulaiman

Pemuda kelahiran Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 8 Oktober 2001 ini ternyata selalu tampil impresif pada semua laga Timnas Indonesia melawan lima tim di Piala AFF tahun 2021. Termasuk pada fase grub B dan semifinal melawan Singapura Rabu malam kemarin. 

Bermain sebagai seorang gelandang serang, Witan selalu menunjukkan kelasnya. Membawa nama klub Ekstraksi Lechia Gdańsk, terbukti, permainan impresif Witan ditunjukkan usai memasukkan gol satu-satunya ke Gawang Singapura berkat sepakan kaki kirinya untuk Timnas Indonesia.

Gol yang diciptakan Witan pada menit ke-28 itu sempat membuat Indonesia unggul atas Singapura hingga akhirnya skor sama kuat 1-1 berkat gol balasan dari Striker Singapura Ikhsan Fandi pada menit 70.

Baca Juga: Mengenal Suku Sasak, Penduduk Asli Pulau Lombok di NTB

2. Witan jadi jantung serang Timnas Indonesia

Witan Sulaiman, Timnas Sepakbola Indonesia Berdarah Asli LombokWitan Sulaiman gelandang serang Timnas Indonesia/dok. Instagram witansulaiman

Mantan pemain PSIM Yogyakarta ini menjadi jantung serang Timnas Indonesia. Laga kontra Singapura pada Leg kedua Sabtu malam (25/12/2021) kemarin, Witan berhasil melesakkan assist kepada stiker Timnas Indonesia Ezra Walian. 

Pada menit ke 45, Arhan Pratama membuat pelanggan di sisi kiri pertahanan Indonesia. Sepakan tendangan bebas dari pemain Singapura berhasil dimanfaatkan menjadi Gol oleh pemain bertahan Singapura bernomor punggung 15 Song, kedudukan menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua laga semakin sengit. Pada menit ke 75, Indonesia tertinggal 1-2 dari Singapura berkat tendangan bebas Sulaiman. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke 86.

Berawal dari sepakan keras kaki kanan Witan, bola muntah berhasil dimasukkan oleh Arhan Pratama ke gawang Singapura. Hingga perpanjangan waktu 2 kali 15 menit, Indonesia berhasil menumbangkan tuan rumah Singapura berkat tambahan dua gol dari Egy Maulana Vikri dan Irfan Jaya.

3. Bapak Witan asli Lombok Timur

Witan Sulaiman, Timnas Sepakbola Indonesia Berdarah Asli LombokWitan Sulaiman/dok. Instagram witansulaiman

Masseur atau tukang pijat Timnas Indonesia asal Pohgading Lombok Timur Armin Suhaidin mengatakan bahwa benar Witan Sulaiman asli keturunan Kalijaga Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Iya, dia ada keturunan Lombok Timur. Bapaknya Witan orang Lombok," kata Armin kepada IDN Times, Minggu (26/12/2021).

Diketahui bahwa kakek Witan mengikuti program transmigrasi ke Sulawesi hingga akhirnya besar di Kota Palu. Sehingga orang tua Witan juga turut tinggal di Sulawesi.

Baca Juga: Pegon, Pakaian Adat Laki-laki Suku Sasak di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya