Pramusim MotoGP 2022 Akan Dilakukan di Sirkuit Pertamina Mandalika 

Rencananya digelar pada bulan Februari 2022

Mataram, IDN Times - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr H Zulkieflimansyah telah memastikan gelaran event pramusim MotoGP di sirkuit Pertamina Mandalika siap. Selain itu, Zul juga telah memastikan event balap motor cross MXGP serta event balap Formula 1 sudah sepakat digelar di Provinsi NTB.

Pramusim MotoGP 2022 rencananya akan diselenggarakan pada Februari 2022 mendatang. Semua pembalap yang berlaga pada MotoGP tahun 2022 akan datang.

1. Free season MotoGP siap digelar

Pramusim MotoGP 2022 Akan Dilakukan di Sirkuit Pertamina Mandalika Balap Motor.Net

Zul mengatakan, suksesnya dua event balapan dunia World Superbike (WSBK) dan ASIAN Telent Cup (ATC) di Sirkuit Mandalika pada November kemarin kini NTB umumnya Indonesia menjadi perbincangan komunitas automotive dunia internasional. 

Selain akan menggelar MotoGP pada Maret 2022 mendatang, NTB juga ditargetkan jadi tuan rumah dari berbagai perhelatan balapan dunia seperti Motor Cross Dunia MXGP dan Formula 1 di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Insya Allah Februari 2022 kita akan menjadi tuan rumah free season of MotoGP yang akan di hadiri oleh mereka yang berlaga di MotoGP untuk mengetes kendaraannya sebagai ajang uji coba," ungkap Zul, Minggu (12/12/2021).

2. NTB siap jadi tuan rumah MotoGP

Pramusim MotoGP 2022 Akan Dilakukan di Sirkuit Pertamina Mandalika Penampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Zul menjelaskan pada 20 Maret 2022, Sirkuit Pertamina Mandalika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP.  Event MotoGP akan menyerap penonton 10 kali lebih besar dari event WSBK kemarin. 

"Untuk MotoGP tidak kurang dari 200 ribu penonton akan berjubel datang ke tempat kita," tulis Zul.

Bukan itu saja, kata Zul event MXGP juga akan digelar tahun 2022. Pihaknya sudah membahas event ini bersama dengan Pemerintah Pusat.

"Kemungkinan besar akan di laksanakan di NTB," katanya.

3. Datang ke Abu Dabhi lobi Formula 1

Pramusim MotoGP 2022 Akan Dilakukan di Sirkuit Pertamina Mandalika Pemda melobi ke Abu Dhabi untuk Formula One/dok. Pemprov NTB

Bersama Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M. Mansoer bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang NTB, H Ridwansyah datang ke Abu Dhabi untuk melobi event Formula One di Sirkuit Mandalika.

Kata Ridwan Pemda NTB telah melakukan presentasi dihadapan President and CEO of Formula 1 Stefano Domenicali dan Chloe Targett Adams Director, Race Promotion F1 membahas kesuksesan event IATC dan WSBK.

"Mereka mengapresiasi sukses event WSBK. Mereka juga yakin akan berhasil penyelenggaraan MotoGP Maret 2022 nanti," jelasnya.

Menurut Ridwan pengalaman ITDC usai gelar IATC dan WSBK bulan November 2021 lalu butuh waktu sekitar 2 tahun untuk gelar Formula 1 di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Dari hasil presentasi di depan bos Formula 1 diperkirakan waktu ideal Sirkuit Pertamina Mandalika jadi tuan rumah Formula 1 digelar tahun 2024. 

"Mari kita bergegas," pungkas Ridwan.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya