Pemasangan Patung Jokowi Naik Motor di Mandalika Batal Hari ini

Akan dipasang setelah lokasi pemajangan sudah siap

Lombok Tengah, IDN Times - Pemasangan patung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo naik motor Kawasaki di Sirkuit Mandalika diundur. Patung seberat 3 ton yang dibuat oleh seniman ternama asal Pulau Bali Nyoman Nuarta itu terpaksa diundur karena lokasi pemajangan belum selesai dipoles di depan Sirkuit Mandalika.

Pada awalnya, patung Presiden Jokowi itu akan dipasang pada Jumat (25/2/2022). Patung itu dibawa menggunakan kontainer melalui Pelabuhan Lembar.

1. Diundur

Pemasangan Patung Jokowi Naik Motor di Mandalika Batal Hari iniPatung Jokowi naik motor dipajang di Mandalika/dok. Djuki Ridwan

Awalnya pemasangan patung Jokowi yang terbuat dari tembaga dan kuningan dengan dilapisi stinles itu akan dipasang tanggal 25 Februari 2022. 

"Kita undur dulu. Belum tahu alasannya apa," kata Djuki Ridwan Juru Bicara Seniman Nyoman Nuarta melalui sambungan telpon, Jumat (25/2/2022) kemarin.

Menurut sopir pembawa patung Jokowi asal Bandung, Bustomi menjelaskan alasan ditundanya pemasangan patung Jokowi di depan Sirkuit Mandalika.

Kata Bustomi, pinak NuArt Sculpture Park, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat belum bisa datang ke Lombok menyaksikan proses pemasangan patung orang nomor satu di Indonesia itu.

Baca Juga: Resep Nikmat Membuat Ayam Pelalah Khas Lombok

2. Pekerja kebut lokasi pemasangan patung

Pemasangan Patung Jokowi Naik Motor di Mandalika Batal Hari iniPekerja merapikan lokasi pemajangan patung Jokowi di Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Ditemui IDN Times, salah satu pekerja tempat pemajangan patung Jokowi asal Lombok Barat Kudsi (35) mengaku proses pemasangan kerangka dudukan patung Jokowi dalam proses finishing.

"Kalau melihat waktu pengerjaan, patung ini belum bisa dipasang. Masih banyak yang harus dikerjakan. Baik pengecatan dan penghalusan," katanya.

Pekerja lain, Engkel (32) asal Babakan Kota Mataram menyebutkan bangga membuat dudukan lokasi pemajangan patung Jokowi di depan Sirkuit Mandalika.

"Bangga ini jadi sejarah dalam hidup saya," ujar Engkel. 

3. Dipasang tanggal 28 Februari

Pemasangan Patung Jokowi Naik Motor di Mandalika Batal Hari iniPekerja berjibaku cat dudukan lokasi pemajangan patung Jokowi di Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Engkel menjelaskan proses finishing dudukan lokasi pemasangan patung Jokowi masih dalam proses las dan penghalusan. Pasalnya ujar Engkel, dudukan patung Jokowi harus dipoles dan dirapikan.

"Ini panjangnya 12 meter. Nanti patung pak Presiden itu menghadap ke timur seperti arah garis start Sirkuit Mandalika," katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa patung Jokowi akan dinaikkan ke atas dudukan menggunakan alat khusus. Mengingat berat bersih patung yang dibuat dari tembaga dan Kuningan itu capai 3 ton.

"Dudukannya sudah kita buat sekuat mungkin. InshaAllah kuat dan tahan untuk ditempatkan dengan berat 3 ton," katanya.

Diketahui, proses pembuatan patung Jokowi didesain langsung oleh Nyoman Nuartha seniman asal Bali di Bandung menghabiskan waktu 3 pekan. 

Patung Jokowi menggunakan motor buatan anak negeri jenis Kawasaki W175 custom karya Katros Garage dipasang agar bisa dilihat seluruh tamu yang hadir menonton event MotoGP Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. 

Baca Juga: Patung Jokowi Naik Kawasaki W175 Tiba di Lombok!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya