Lombok Barat Banjir, Warga Naik Atap Rumah Selamatkan Diri

Tim SAR selamatkan warga terendam banjir di lima lokasi

Lombok Barat, IDN Times – Hujan dengan intensitas tinggi yang menerjang wilayah pulau Lombok mengakibatkan sejumlah desa dan perumahan terendam banjir di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Senin (6/12/2021) sekitar pukul 07:00 WITA pagi.

Hingga pukul 10:00 WITA, Tim SAR berupaya untuk menyelamatkan warga yang terjebak banjir. Sebagian warga berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atas genteng rumahnya. Banjir yang terjadi di lima titik lokasi di Lombok Barat itu mencapai dada pria dewasa saat hujan deras.

1. Tim SAR berupaya selamatkan warga

Lombok Barat Banjir, Warga Naik Atap Rumah Selamatkan DiriSAR Mataram berjibaku selamatkan warga di Lombok Barat/dok. SAR Mataram

Humas Search and Sescue Mataram I Gusti Lanang Wisnanda mengatakan sebanyak lima tim diterjunkan untuk mengevakuasi korban banjir yang tersebar di lima lokasi di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat. Hingga berita ini ditulis, Tim SAR masih berusaha melakukan upaya evakuasi.

“Kami menerjunkan lima tim SAR bersama TNI, Polri, masyarakat, rekan-rekan media, relawan, dan unsur lainnya,” ujar Lanang, Senin.

Untuk peralatan yang diterjunkan, lanjut Lanang, berupa kendaraan operasional, perahu karet dn mopel, life jacket, ring buoy, dan peralatan air. Selain itu, peralatan keselamatan serta peralatan evakuasi lainnya juga diterjunkan mengevakuasi korban banjir di tiga lokasi lain yang paling terdampak.

2. Tersebar di lima lokasi

Lombok Barat Banjir, Warga Naik Atap Rumah Selamatkan DiriWarga dibantu SAR Mataram saat banjir menerjang Lombok Barat/dok. SAR Mataram

Dalam pantauan tim SAR Mataram,  ada lima lokasi banjir yang menerjang wilayah Kecamatan Gunung Sari. Lokasinya tersebar antara lain di Desa Kekait, wilayah Wadon Perumahan BTN Bhayangkara Residance, Guntur Macan, dan Taman Sari Kecamatan Gunung Sari. Dari data sementara, warga terdampak banjir di lima lokasi sebanyak 45 kepala keluarga di desa Kekait, 12 KK di wilayah Wadon, 200 KK di BTN Bhayangkara Residance, 7 KK di Guntur Macan, 125 KK di BTN Pondok Sesela dan 15 KK di Taman Sari dan.

“Dari lokasi-lokasi banjir, yang butuh penanganan cepat itu di tiga lokasi. Yaitu Pondok Indah, BTN Bhayangkara dan Ponpes Nabi Nubu Gunung Sari,” ujar Lanang.

Baca Juga: Banjir dan Gelombang Pasang Terjang Rumah Warga di Lombok Timur

3. Warga naik genteng selamatkan diri

Lombok Barat Banjir, Warga Naik Atap Rumah Selamatkan DiriWarga selamatkan diri ke atas genteng saat banjir menerjang Lombok Barat/dok. SAR Mataran

Banjir yang menerjang perumahan BTN Pondok Indah dan BTN Bhayangkara Rasidance menyebabkan air naik dengan cepat. Sejumlah warga berusaha menyelamatkan diri dengan menaiki genteng rumahnya. Tim SAR Mataram juga mulai berjibaku menyelamatkan korban banjir menggunakan perahu boat di BTN Bhayangkara dan Pondok Indah.

Saat ini SAR Mataram sedang melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan dusun setempat, BPBD Lombok Barat dan tim dari Dinas Sosial Provinsi NTB.

“Mohon maaf, karena keterbatasan, kami belum bisa memastikan berapa jumlah pasti yang sudah dievakuasi, karena kita masih fokus evakuasi warga,” pungkas Lanang.

Baca Juga: Tanah Longsor di Desa Buwun Mas Sekotong, Dua Rumah Rusak Parah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya