Comscore Tracker

Dua Pesawat Boeing Qatar Airways Khusus untuk Angkut Logistik WSBK 

Jumlah penumpang di Bizam meningkat 50 persen

Lombok Tengah, IDN Times - Dua pesawat kargo Boeing Qatar Airways mengangkut seluruh logistik gelaran event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). Pesawat pertama sudah mendarat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Masjid Lombok pada Rabu 24 November 2021. 

Logistik WSBK diangkut menggunakan pesawat kargo Boeing 777F Qatar Airways nomor penerbangan QR8356. 

1. Pesawat berangkat pagi ini ke Doha

Dua Pesawat Boeing Qatar Airways Khusus untuk Angkut Logistik WSBK Logistik WSBK di Sirkuit Mandalika mulai diangkut ke Doha Qatar melalui Bizam Praya Lombok Tengah/dok. Humas AP 1

General Manajer Angkasa Pura I Bizam Praya Lombok Tengah Nugroho Jati mengatakan, pesawat kargo Boeing 777F Qatar Airways memang datang khusus untuk mengangkut logistik balapan WSBK Sirkuit Mandalika. 

Pesawat berkode registrasi A7-BFO ini sudah melanjutkan penerbangan menuju Doha Qatar dengan membawa kargo seberat 86.627 kilogram, Rabu (24/11/2021). 

Sedangkan pesawat kargo kedua rencananya akan kembali mendarat di Bandara Lombok, Kamis (25/11/2021) malam nanti. Penerbangan kedua akan mengangkut kargo seberat 59.046 kilogram. 

"Pesawat kargo kedua direncanakan tiba di Bandara Lombok malam untuk mengambil kargo WSBK 2021 berikutnya seberat 59.046 kilogram,” ujar Nugroho.

Baca Juga: Unik, Warga Asyik Menanam Kedelai di Tengah Balapan WSBK Mandalika

2. Terjadi lonjakan penumpang

Dua Pesawat Boeing Qatar Airways Khusus untuk Angkut Logistik WSBK Pergerakan penumpan meningkat selama WSBK Bizam Praya Lombok Tengah/dok. Humas AP 1

Di sisi lain, gelaran balapan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika menjadikan peningkatan trafik penerbangan pesawat di Bizam Praya Lombok Tengah. Selama sepekan ini tercatat rata-rata terdapat sebanyak 5.700 jumlah penumpang per harinya. Pekan ini bertepatan dengan penyelenggaraan balapan WSBK di Sirkuit Mandalika. 

“Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya,” kata Nugroho.

Normalnya, Bandara Lombok melayani penerbangan 3.800 penumpang per hari sesuai data tercatat selama bulan November 2021 ini. 

3. Ada tren kenaikan pergerakan pesawat selama November

Dua Pesawat Boeing Qatar Airways Khusus untuk Angkut Logistik WSBK Logistik WSBK diterbangkan pagi ini di Bizam Praya Lombok Tengah/dok. Humas AP 1

Nugroho mengatakan, terdapat sebanyak 4.241 penumpang yang mendarat di Bizam Praya Lombok Tengah pada 19 November 2021 lalu. 

Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 22 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama.  Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari.

Sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari. Pergerakan penumpang dan pesawat selama WSBK ini tertinggi sepanjang tahun 2021. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan komunikasi yang telah terjalin dalam upaya kita bersama-sama menyukseskan event internasional ini,” ungkap Nugroho.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir Akomodasi

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya