Catat! Lima Pantai di KEK Mandalika ini Jadi Lokasi Bau Nyale

Bupati ingin ada live musik saat event bau nyale

Lombok Tengah, IDN Times - Sesuai dengan keputusan Sangkep Warige di Desa Ende Kecamatan Pujur Lombok Tengah, event Bau Nyale atau tangkap cacing laut akan diselenggarakan pada 20- 21 Februari 2022 mendatang. Event Bau Nyale ini akan dilaksanakan di lima pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Pelaksanaan event Bau Nyale ini akan dirangkaikan dengan beragam event budaya di lima titik Pantai di Lombok Tengah. Pemerintah setempat juga rencananya akan memberikan hiburan-hiburan menarik bagi pengunjung yang datang.

1. Ada beragam event budaya

Catat! Lima Pantai di KEK Mandalika ini Jadi Lokasi Bau NyalePeresean budaya Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi mengatakan event Bau Nyale akan tetap menggunakan pola pendekatan tradisional khas suku Sasak.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, kata Lendek, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan mendukung beberapa kegiatan tradisi budaya di beberapa titik lokasi di Lombok Tengah.

" Ada acara, Bepaosan (tarian) Betandak, Belancaran, Peresean, Wayang Kulit dan seperti biasanya ada acara pemilihan Putri Mandalika," kata Lendek, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Tokoh Adat: Puncak Bau Nyale Sebulan Sebelum MotoGP di Mandalika

2. Digelar di lima pantai Lombok

Catat! Lima Pantai di KEK Mandalika ini Jadi Lokasi Bau NyalePantai Kuta Mandalika Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Event Bau Nyale sendiri, ujar Lendek, akan dilaksanakan di lima venue pantai kawasan KEK Mandalika.

Dengan adanya bangunan Sirkuit Pertamina Mandalika di samping lokasi patung putri Mandalika, event Bau Nyale diprediksi tidak akan digelar di pantai Seger Mandalika.

"Yang jelas akan digelar di lima venue. Baik di Pantai Dondon, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Mawun, Pantai Torok Aik Beleq, dan terkahir Pantai Selong Belanak," ujar Lendek.

3. Bupati ingin ada event live musik

Catat! Lima Pantai di KEK Mandalika ini Jadi Lokasi Bau NyaleIDN Times/Indah Permata Sari

Biasanya, pada event Bau Nyale, Pemda Lombok Tengah selalu mengundang artis dari band ternama seperti Noah, Ungu, Slank dan artis papan atas lainnya. 

Pada event Bau Nyale 2022 ini, Bupati Lombok Tengah pun kembali berencana akan menggelar live musik seperti sebelum Pandemik COVID-19 tiga tahun lalu.

"Jika melihat kondisi sekarang, event hiburan live musik akan dibahas lebih detail di pertemuan selanjutnya nanti," ujar Lendek usai rapat persiapan Bau Nyale di Lombok Tengah.

Untuk menyelenggarakan event live musik sendiri, ujar Lendek, daya dukung harus lebih luas. Ada juga pertimbangan klinis terkait penularan virus COVID-19. 

"Kalau WSBK kemarin kan, tentu yang menyelenggarakan ITDC, bisa dicontoh nasional dengan pola kemarin. Yang jelas itu akan menjadi pertimbangan Bupati," katanya.

Lendek juga menambahkan bahwa, Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri pun telah menaruh hajat atau rencana mengundang artis papan atas seperti Noah dan band papan atas lainnya.

"Ini masih dibahas. Karena belum final," pungkas Lendek. 

Baca Juga: Hasil Ritual Sangkep Warige, Bau Nyale Dilakukan pada 20 Februari 2022

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya