Comscore Tracker

MXGP Samota Meraih Predikat Best Media Opportunity Tahun 2022 

MXGP akan digelar dua seri di NTB pada 2023

Mataram, IDN Times - Kejuaraan Motocross Grandprix (MXGP) of Indonesia di Sirkuit Samota Kabupaten Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni lalu memperoleh penghargaan best media opportunity 2022. 

Penghargaan diberikan dalam ajang MXGP Award yang diselenggarakan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Motocross World Championship di area Moto Festival di Sirkuit Afyon, Afyonkarahisar Province, Turki, Minggu (4/9/2022).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengucapkan selamat kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara tersebut.

"Selamat kepada Indonesia dan kepada Samota Sumbawa khususnya yang kembali menjadi sorotan dunia atas keberhasilannya melaksanakan perhelatan internasional dan meraih penghargaan istimewa MXGP Award Best Media Opportunity 2022," katanya. 

1. Perputaran uang mencapai Rp154 miliar

MXGP Samota Meraih Predikat Best Media Opportunity Tahun 2022 Gubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok. Diskominfotik NTB)

Zulkieflimansyah mengatakan, pelaksanaan MXGP of Indonesia 2022 sudah memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. Di mana, selama 3 hari pelaksanaan MXGP Samota, perputaran uang atau nilai ekonomi mencapai Rp154 miliar.

Ke depannya, MXGP Samota rencananya akan digelar sebanyak 2 seri di NTB yakni Sumbawa dan Lombok. Penyelenggaraannya bahkan sudah masuk dalam kalender event Kementerian Pariwisata, MXGP Samota Sumbawa 24 -25 Juni 2023 dan MXGP Lombok 1-2 Juli 2023.

"Termasuk di Sirkuit Samota yang sudah mendapatkan homologasi dari FIM sebagai sirkuit kelas dunia," tuturnya.

Baca Juga: Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram 

2. MXGP Samota istimewa

MXGP Samota Meraih Predikat Best Media Opportunity Tahun 2022 Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Penghargaan tersebut diberikan simbolis kepada Indonesia dengan menampilkan tayangan video cuplikan penyambutan rombongan MXGP di Samota Sumbawa yang istimewa. Termasuk acara seremonial yang dihadiri ribuan masyarakat Sumbawa dan atraksi Jupiter Aerobatic Team di atas Sirkuit Samota.

Penghargaan dibacakan komentator MXGP TV Paul Malin dan Presenter MXGP TV Lisa Leyland dengan seluruh acara disiarkan langsung ke seluruh dunia di www.MXGP-TV.com. CEO Infront Moto Racing David Luongo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak terlibat dalam penyelenggaraan MXGP.

3. Dihadiri 55 ribu penonton

MXGP Samota Meraih Predikat Best Media Opportunity Tahun 2022 Kepala BPS Provinsi NTB Wahyudin (Dok. BPS NTB)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) NTB menyampaikan, kajian ekonomi kejuaraan dunia motocross Motocross Grand Prix (MXGP) Samota. Perputaran uang selama gelaran MXGP Samota mencapai Rp154 miliar lebih.

Kepala BPS NTB Wahyudin menyebutkan sektor-sektor yang mendapatkan dampak ekonomi dari perhelatan MXGP Samota sebesar Rp154 miliar. Sektor akomodasi dan makan minum mendapatkan dampak ekonomi terbesar mencapai Rp35 miliar lebih. Kemudian sektor konstruksi mencapai Rp34 miliar, dan sisanya sektor transportasi, pertanian dan lainnya. Khusus untuk sektor pertanian, perputaran uang mencapai Rp12 miliar lebih.

Wahyudin menyebutkan MXGP Samota dihadiri sebanyak 55 ribu penonton. Di mana, 98 persen merupakan penonton lokal dari NTB, sisanya luar NTB dan penonton asing. Dari 98 persen penonton lokal, sebesar 65 persen dari Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga: Gubernur NTB Pastikan Ada BUMN Sponsori MXGP Samota 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya