Jajal Lintasan Mandalika, Pembalap WSBK Sepakat Tikungan 10 Menantang!

Semua pembalap lakukan Free Practice 16 lap

Lombok Tengah, IDN Times - Sebanyak 23 pembalap World Superbike (WSBK) mulai menjajal lintasan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (19/11/2021) pukul 12.00 Wita. Sebanyak 12 tim pabrikan sudah memasuki  jadwal free practice 1 balapan. 

1. Pembalap akui keindahan Sirkuit Mandalika

Jajal Lintasan Mandalika, Pembalap WSBK Sepakat Tikungan 10 Menantang!Penampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Direktur Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda menjelaskan, hampir semua pembalap WSBK sangat bersemangat selama melintasi Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Salah satu pembalap Toprak Ragatzlioglu dan Jonathan Rea bilang sangat exitide banget dengan Sirkuit ini," katanya. 

Hal itu terbukti pula tampil dalam akun Instagram @toprak_tr54 mengakui keindahan lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Dia sudah upload di akun Instagramnya. Akun Instagram resmi di MGPA. Komentar tentang sirkuit ini," ujar Cahyadi.

Baca Juga: Gubernur NTB Berharap Warga Tidak Menaikkan Harga Tanah di Mandalika

2. Tikungan 10 menantang

Jajal Lintasan Mandalika, Pembalap WSBK Sepakat Tikungan 10 Menantang!Tikungan ke 10 Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Pembalap asal Jonatan Rea asal Irlandia Utara,  menurut Cahyadi juga tidak lupa melontarkan kekagumannya. Pembalap sempat berlaga di MotoGP ini mengakui kualitas aspal Sirkuit Pertamina Mandalika sangat luar biasa. 

"Hampir semua pembalap bilang lintasan ini jenis lintasan ngebut. Hampir semua tikungan yang dilalui bisa ngebut dengan kecepatan tinggi," ujarnya.

Menurut Cahyadi, 17 tikungan dengan panjang lintasan 4,13 KM di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit membuat semua pembalap merasa tertantang.

"Mereka mengatakan semua kondisi trek ini menantang," kata Cahyadi.

Apalagi, ketika melewati tikungan tajam di tikungan kesepuluh dengan view perbukitan dan Pantai Seger Kuta Mandalika, hampir semua pembalap WSBK merasa bersemangat. 

"Tikungan tajam ini yang sebenarnya menantang. Dan mereka ketemu tikungan tajam di tikungan 10," kata Cahyadi.

3. Perebutan juara dua pabrikan

Jajal Lintasan Mandalika, Pembalap WSBK Sepakat Tikungan 10 Menantang!Pembalap WSBK Toprak Ragatzlioglu pabrikan PATA Yamaha/dok. Instagram @toprak_rt45

Sesuai jadwal event WSBK di Sirkuit Mandalika akan memasuki tahap free practice bagi 23 pembalap pada Jumat 19 November 2021 pukul 11.00 WIta. Selanjutnya, free practice kedua akan dilanjutkan para pembalap dengan melahan 16 kali putaran. 

Untuk diketahui, pabrikan PATA Yamaha Toprak Ragatzlioglu dan Jonathan Rea pabrikan Kawasaki Racing menjadi dua pembalap yang paling ditunggu-tunggu dalam penutupan seri WSBK tahun 2021 di Sirkuit Mandalika. 

Pasalnya, kedua rider tersebut saat ini tengah bersaing untuk memperebutkan gelar Juara Dunia WSBK 2021 di Pertamina Mandalika.

Toprak kini masih memimpin sementara perebutan titel juara dengan perolehan 531 poin. Pembalap asal Turki ini unggul 30 poin dari Jonathan Rea di posisi kedua dengan torehan 501 poin.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir Akomodasi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya