Demo Tuntut Kades Mundur di Kantor Desa Aikmel Berujung Ricuh

Kericuhan dipicu karena warga memaksa menerobos masuk

Lombok Timur, IDN Times - Ratusan  warga Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  melakukan aksi unjuk rasa di kantor desa setempat, Rabu (24/5/2023). Aksi unjuk rasa warga ini  merupakan tindak lanjut dari aksi  sebelumnya yang menuntut transparansi penggunaan anggaran desa dengan nilai ratusan juta.

Selain itu, unjuk rasa ini juga mendesak Kepala Desa Aikmel untuk mengundurkan diri. Namun aksi demo warga kali ini berujung anarkis. Meski mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian, namun warga tetap ngotot ingin menerobos masuk ke dalam kantor desa. Hal ini menyebabkan kericuhan antara warga dengan aparat kepolisian.

Petugas  langsung mengambil tindakan tegas dengan cara membubar paksa kerumunan warga. Situasi semakin tidak kondusif setelah amukan warga semakin tidak terkontrol dengan melempar kantor desa menggunakan botol, gelas dan batu.

1. Desak Kades mundur dari jabatannya

Demo Tuntut Kades Mundur di Kantor Desa Aikmel Berujung RicuhPolisi mencoba mengamankan salah seorang warga yang melakukan kericuhan (Dok. Pribadi/Ruhaili)

Tuntutan warga dalam aksi unjuk rasa ini yaitu mendesak kades mundur dari jabatannya. Karena warga kecewa dengan kepemimpinan kades yang dinilai tidak becus. Solihin salah satu warga setempat mengatakan, warga kecewa karena tidak ada satupun janji politik yang telah dijanjikan ke masyarakat ada yang dipenuhi. Salah satunya masyarakat dijanjikan  akan digratiskan air PAMDes, namun buktinya warga harus bayar, termasuk janji memperbaiki jalan - jalan yang rusak.

"Kami minta supaya kades segera mundur dari jabatannya,  soalnya tidak ada satu pun janji politik yang  telah yang dipenuhi," ungkap Solihin kecewa.

Begitu pun halnya dengan anggaran desa dengan nilai ratusan juta yang didapatkan dari hasil sewa sejumlah aset desa juga tidak jelas penggunaannya. Baik itu anggaran desa yang didapatkan dari sewa tanah pecatu dengan nilai sekitar Rp100  juta lebih, anggaran BUMDes sekitar Rp200 juta lebih, termasuk juga uang dari sewa pemandian Pesanggarahan sekitar Rp80 juta. Semua uang tersebut disebutnya tidak pernah masuk ke rekening desa.

Melalui aksi yang digelar ini, warga meminta ke pemerintah desa untuk bersikap jujur dalam mengelola apapun jenis anggaran yang ada di desa. Sebab itu adalah uang masyarakat, bukan uang pribadi. Jadi masyarakat pun merasa berhak untuk mempertanyakan kejelasan penggunaan uang tersebut.

" Kalau tidak jujur lebih baik mundur dari jabatannya " tegas Solihin.

Baca Juga: Seorang Bocah di Lotim Ditemukan Meninggal, Perhiasannya Juga Hilang

2. Pemdes bantah tuduhan warga

Demo Tuntut Kades Mundur di Kantor Desa Aikmel Berujung RicuhPolisi mencoba mengamankan salah seorang warga yang melakukan kericuhan (Dok. Pribadi/Ruhaili)

Sementara itu, Kepala Desa Aikmel Sunarno belum bisa berkomentar menyikapi aksi dan tuntutan  yang disampaikan oleh warga. Namun Sekdes Aikmel Muhammad Putradi Zaky mewakili pemerintah desa setempat membantah berbagai tuduhan yang disampaikan oleh warga. Penjelasan yang disampaikannya sama seperti sebelumnya. Berkaitan dengan anggaran desa yang dipertanyakan warga itu, baik itu sewa tanah pecatu, dana BUMDes termasuk juga sewa pesanggarahan semuanya telah dimasukkan ke rekening desa. 

"Dan itu juga sudah kita jelaskan ke warga. Jadi semua uang tersebut telah masuk ke rekening desa. Dan itu juga diketahui oleh bendahara " singkatnya.

3. Pihak kepolisian imbau masyarakat tetap tertib

Demo Tuntut Kades Mundur di Kantor Desa Aikmel Berujung RicuhPolisi mencoba mengamankan salah seorang warga yang melakukan kericuhan (Dok. Pribadi/Ruhaili)

Kapolsek Aikmel AKP I Made Sutama mengatakan berkaitan dengan aksi demo warga ini,  pihaknya hanya sebatas melakukan pengamanan. Jalannya aksi, terang dia, memang sempat berlangsung tegang. Di mana petugas berupaya menghalau warga untuk tidak berbuat anarkis dan melakukan pengerusakan.

Guna mengantisipasi terjadinya hal- hal yang tidak diinginkan, terutama kemungkinan akan ada aksi susulan, imbuh Sutama, pihaknya telah menjalin koordinasi dengan berbagai pihak terkait, terutama dengan kecamatan. \

Sutama meminta supaya apa yang dipersoalkan oleh warga bisa diselesaikan dengan cara yang baik dan musyawarah. Mereka pun berencana akan mengundang kedua belah pihak untuk mediasi di kantor camat setempat.

"Dan kita pastinya tetap akan melakukan pengamanan di kantor desa. Berkaitan dengan kerusakan, pemerintah desa sedang berpikir apakah akan melapor atau tidak. Yang jelas kita terus mengimbau masyarakat supaya tetap menjaga kondusifitas jangan sampai berbuat anarkism," tutup Sutama.

Baca Juga: Bupati Kumpulkan Pimpinan Ponpes yang Ada di Lombok Timur

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya