100 Ribu Warga Lombok Timur akan Dapat Bantuan Set Top Box

Warga miskin akan dapat bantuan Set top Box dari Kominfo 

Lombok Timur, IDN Times -Beralihnya TV Analog ke TV Digital sejak tahun 2022 lalu mendapatkan ragam tanggapan. Sebanyak 100 ribu lebih warga kategori miskin di Lombok Timur akan mendapatkan bantuan Set top Box (STB) dari Kementerian Komunikasi (Kominfo).

Kepala Dinas Komumikasi dan Persandian Lombok Timur, Dr Fauzan menyampaikan pada awal bulan Desember lalu, sebanyak 100 ribu lebih data calon penerima yang diverifikasi telah dikirim kepada Kominfo untuk diajukan mendapatkan bantuan STB.

"Data calon penerimanya sudah kami kirim ke pusat, data itu juga telah kami verifikasi ke desa-desa juamlahnya sekitar 100 ribu lebih," terangnya saat ditemui di ruangannya, Selasa (17/1/2023).

1. Data penerima diambil dari DTKS

100 Ribu Warga Lombok Timur akan Dapat Bantuan Set Top BoxIDN Times

Data calon penerima STB diambil langsung dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di Dinas Sosial. Akan tetapi tidak semua masyarakat miskin yang masuk dalam DTKS tersebut bisa mendapatkan bantuan STB ini aka tetapi harus ada syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima.

Syarat penerima bantuan STB ini ialah masyarakat miskin yang punya TV dan berada di daerah yang tidak blank spot. Sehingga meskipun tergolong masyarakat sangat miskin namun ketika surat tersebut tidak bisa terpenuhi, tidak bisa diberikan bantuan STB.

"Jadi syarat utamanya itu harus punya TV. Jadi meskipun miskin tapi tidak punya TV tidak berhak mendapatkan bantuan STB ini. Itu yang kami turun verifikasi. Tapi tidak harus TV-nya itu TV digital, TV tabung juga bisa dapat bantuan asalkan dia punya TV," jelasnya

Baca Juga: Dampak Cuaca Buruk, Harga Garam di Lombok Timur Naik

2. Kominfo Lotim masih menunggu dari Kementerian untuk pendistribusian STB

100 Ribu Warga Lombok Timur akan Dapat Bantuan Set Top BoxIDN Times

Untuk realisasi bantuan STB ini, sejauh ini pihaknya masih menunggu dari kementerian Kominfo, sehingga dirinya belum tahu secara pasti kapan bisa distribusikan kepada masyarakat.

Sementara untuk pendistribusian STB ini nantinya tidak akan didistribusikan oleh Dinsos ataupun Kominfo sendiri, akan tetapi akan disalurkan melalui pihak ketiga yang telah ditunjuk oleh Kominfo.

"Jadi bukan kami nanti yang distribusikan, bukan Dinsos dan juga bukan POS, tapi ada pihak ketiga nanti yang akan ditunjuk oleh Kominfo, kami juga belum tahu pasti pihak ketiga ini siapa," ujarannya. 

3. Tidak ada lagi daerah di Lombok Timur yang Blank Spot

100 Ribu Warga Lombok Timur akan Dapat Bantuan Set Top BoxDokumen pribadi

Diakuinya, semua daerah di Lombok Timur sudah tidak ada lagi yang blank spot, namun masih terdapat beberapa daerah yang lemah sinyal. Akan tetapi pada tahun ini, Kominfo pusat akan membangun menara di tiga titik lokasi daerah yang masih lemah sinyal.

Selain pembangunan tower sebagai penunjang TV digital ini, kementerian Kominfo tahun ini juga akan memberikan bantuan internet gratis kepda pelaku UMKM di Lombok Timur.

"Sekitar 270 lebih UMKM akan mendapatkan bantuan internet gratis di Lombok Timur. Mudah-mudahan itu bisa segera terealisasi untuk memudahkan para UMKM kita memasarkan produknya," pungkasnya.

Baca Juga: Ngemis Online Mandi Lumpur di TikTok, Pemilik Akun Diduga dari Lombok 

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya