Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok Tengah

Guna menjamin kesuksesan penyelenggaraan balapan

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah resmi akan menggelar balapan bergengsi MotoGP pada 20 Maret 2022 mendatang. 

Untuk itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar proses vaksinasi COVID-19 dipercepat khususnya untuk wilayah Lombok Tengah. 

 

"Saya harapkan dipercepat agar saat event besar nanti bisa mencapai seratus persen. Vaksinasi juga untuk melindungi masyarakat dari varian Delta dan yang terbaru varian Omicron virus COVID-19," katanya dalam pengarahan terkait penanganan pandemik secara daring di Istana Negara, Kamis (16/12/2021).

1. Hati-hati dengan varian Omicron

Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok TengahPresiden Joko "Jokowi" Widodo dalam arahan kepada Pemprov Nusa Tenggara Barat. Foto Pemprov NTB

Presiden Jokowi juga mengapresiasi pencapaian vaksinasi COVID-19 sudah digelar di Kabupaten Lombok Tengah. Menurutnya, pemberian vaksinasi sangat penting jelang event dunia dan perlindungan pada masyarakat setempat. 

Dalam arahan terkait penanganan pandemi, Jokowi menjelaskan tiga hal terkait varian Omicron yang telah masuk ke 88 negara dengan jumlah kasus meningkat cepat dalam tiga hari terakhir. Sesuai keterangan Menteri Kesehatan RI, varian baru ini telah ada di Indonesia.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Pemprov NTB Tak Khawatir Akomodasi

2. Kesiapan medis dan rumah sakit

Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok TengahIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Untuk itu, Jokowi meminta para kepala daerah memastikan kesiapan rumah sakit,obat-obatan, pasokan tabung oksigen. Selain itu, penegakan protokol kesehatan sebagai pencegahan adalah hal utama agar menjadi perhatian dan dijalankan dengan ketat.

"Tracing dan testing di tempat tempat publik tidak boleh dikurangi standarnya untuk kontak erat agar memudahkan penanganan", tegas Jokowi.

Hal terakhir terkait vaksinasi, Jokowi mengingatkan laju vaksinasi yang turun dalam dua minggu terakhir dapat dipercepat. Meski diakui tantangan vaksinasi saat ini makin berat namun ia meminta para kepala daerah melakukan inovasi dalam pelayanan vaksinasi.

3. Bupati Lombok Tengah siap melaksanakan perintah presiden

Jelang MotoGP, Jokowi Minta Vaksinasi Digenjot untuk Lombok TengahIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Mewakili Gubernur NTB, Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri menyampaikan, progres vaksinasi dengan target 767.700 orang di Loteng sudah mencapai 75,16 persen dosis pertama.  Pemberian dosis kedua juga sudah sebesar 52,9 persen, dosis ketiga 73,38 persen serta vaksinasi lansia 62 persen.

Jumlah vaksinator sendiri sebanyak 800 orang dengan stok Sinovac 40.382 dosis dan Moderna 700 dosis.

"Kami optimis sebelum gelaran MotoGP pada Maret sudah mencapai seratus persen vaksinasi," ujarnya. 

NTB sendiri, lanjut Pathul secara keseluruhan telah mencapai 74,91 persen dosis pertama, 47,03 persen dosis kedua dengan target seratus persen di akhir tahun ini. 

Hadir pula dalam pengarahan presiden melalui daring, yakni Sekda HL Gita Ariadi, Kapolda NTB dan beberapa perwakilan kabupaten/kota. 

Baca Juga: Zul: Jokowi Intruksikan Semua Menteri Bantu NTB pada MotoGP 2022

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya