Profil Wakil Bupati Lombok Timur Periode 2018-2023 H Rumaksi SJ

Mengawali karier politik sebagai kepala desa

Lombok Timur, IDN Times - H Rumaksi SJ merupakan sosok pemimpin bangsa yang lahir pada 22 Juli tahun 1951 di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dia mendapat amanah dari rakyat untuk menduduki posisi sebagai Wakil Bupati Lombok Timur tahun 2018 sampai tahun 2023 nanti.

Bersama Bupati Lombok Timur H. M Sukiman Azmy, Rumaksi berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan perekonomian warganya. Berbagai upaya dilakukan oleh Sukiman dan Rumaksi, termasuk pada bidang pertanian dan pariwisata. Berbagai inovasi dilakukan untuk mewujudkan Lombok Timur yang maju.

1. Karier

Profil Wakil Bupati Lombok Timur Periode 2018-2023 H Rumaksi SJilustrasi pria mengenakan setelan jas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Sedari usia muda, Rumaksi dianggap sebagai seorang pemuda yang berani dan disegani oleh banyak orang. Sebelum terjun di dunia politik, dia sempat menduduki posisi Kepala Cabang Pt. Veneer Product Indonesia untuk daerah Nusa Tenggara Barat sejak tahun 1972 sampai tahun 1978.

Mulai tahun 1993, Rumaksi diberi amanah untuk menjadi Kepala Desa Bagik Papan. Dia didapuk untuk menggantikan kakak kandungnya yang sebelumnya sudah memimpin desa tersebut untuk periode tahun 1993 sampai tahun 2001. Lanjut pada tahun 2001, Rumaksi terpilih kembali menjadi Kepala Desa sampai tahun 2006.

2. Pernah jadi anggota dewan

Profil Wakil Bupati Lombok Timur Periode 2018-2023 H Rumaksi SJWakil Bupati Lombok Timur periode 2018-2023 H Rumaksi SJ (dok Suara Rinjani)

Pada tahun 2009, Rumaksi mendapat kepercayaan untuk menjadi salah satu anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sampai pada tahun 2014.

Rumaksi menjalani dua kali periode sebagai anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat sampai tahun 2019. Tanggal 27 Juni 2018 tepat pada Pilkada Bupati Lombok Timur, akhirnya Rumaksi diberi kepercayaan rakyat untuk menduduki posisi sebagai Wakil Bupati Lombok Timur. Dia menjadi wakil dari H. M Sukiman Azmy, pasangan ini disebut dengan SUKMA alias Sukiman-Rumaksi.

3. Tentang Lombok Timur

Profil Wakil Bupati Lombok Timur Periode 2018-2023 H Rumaksi SJIlustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten atau daerah tingkat II yang berlokasi di bagian timur pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten ini memiliki ibu kota, yaitu Kecamatan Selong.

Lombok Timur berada di posisi 8º - 9 º Lintang Selatan juga 116 º – 117 º Bujur Timur, dan memiliki luas wilayah mencapai 2.679,88 km² yang terdiri dari 1.605,55 km² daratan, dan lautan seluas 1.074,33 km².

Untuk batasan, Kabupaten Lombok Timur ini di bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kemudian pada bagian timur, Lombok Timur berbatasan dengan Selat Atas.

Dilanjutkan bagian selatan, terdapat Samudera Hindia. Dan terakhir pada bagian barat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara. Kabupaten ini menaungi sebanyak 20 kecamatan, 13 kelurahan, dan 96 desa.

Berikut ini merupakan daftar lengkap dari 20 kecamatan yang dinaungi oleh Kabupaten Lombok Timur: Kec. Aikmel, Kec. Jerowaru, Kec. Keruak, Kec. Labuhan Haji, Kec. Masbagik, Kec. Montong Gading, Kec. Pringgabaya, Kec. Pringgasela, Kec. Sakra Barat, Kec. Sakra Timur, Kec. Sakra, Kec. Sambelia, Kec. Selon, Kec. Sembalun, Kec. Sikur, Kec. Suela, Kec. Sukamulia, Kec. Suralaga, Kec. Terara, dan Kec. Wanasaba.

Untuk jumlah penduduk dari Kabupaten Lombok Timur tercatat sebanyak 1.319.537 jiwa, data tersebut tercatat per tahun 2020 lalu. Daerah Kabupaten Lombok Timur dilalui banyak sekali aliran sungai besar maupun kecil, namun sayangnya tidak semua sungai memiliki air sepanjang tahun.

Kemudian ada 1 danau, yaitu Danau Segara Anak yang terletak di antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur. Danau tersebut memiliki luas sekitar 30 km², dengan kedalaman maksimal 200 m.

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya