Seleksi PPPK Lombok Tengah, 742 Formasi Hanya untuk Guru SD

Tak ada formasi untuk guru SMP dan SMA

Lombok Tengah, IDN Times -  Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan pendaftaran Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi 2022 telah dibuka. Namun formasinya hanya untuk guru pendidikan sekolah dasar (SD).

"Sebanyak 742 formasi PPPK yang dibuka ini hanya untuk guru SD, sementara untuk guru SMP maupun SMA tidak ada," kata Kepala BKPP Lombok Tengah, Lalu Wardihan di Praya seperti dikutip dari ANTARA pada Jumat (4/11/2022)

1. Pendaftaran hingga 13 November

Seleksi PPPK Lombok Tengah, 742 Formasi Hanya untuk Guru SDgoogle

Pendaftaran PPPK itu dilakukan secara daring dan telah dibuka dari 31 Oktober hingga 13 November 2022. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi dan proses observasi bagi peserta yang tidak memenuhi passing grade. Karena seleksi PPPK tahun ini dilaksanakan tanpa tes bagi peserta yang telah ikut tes P3K sebelumnya dan memenuhi passing grade.

"Seleksi PPPK bagi guru honor itu dilakukan tanpa tes," katanya.

Baca Juga: Fahri Hamzah Sesalkan Sikap DPRD NTB Laporkan Aktivis ke Polisi

2. Kuota formasi

Seleksi PPPK Lombok Tengah, 742 Formasi Hanya untuk Guru SD"Guru-Guru Gokil" merupakan film Netflix yang diproduseri oleh Dian Sastrowardoyo (Dok. IDN Times/Netflix)

Berdasarkan surat resmi dari pemerintah pusat, kuota penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Lombok Tengah di 2022 sebanyak 940 formasi yang terdiri dari 742 formasi tenaga pendidikan, 109 tenaga kesehatan dan 86 formasi teknis administrasi.

"Kapan dibuka untuk tenaga pendidikan dan teknis itu kita tunggu petunjuk pemerintah pusat," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen tersebut dengan menjanjikan kelulusan.  Karena proses pembukaan PPPK ini dilakukan menggunakan sistem dan tanpa tes.

"Jangan mau ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kalau memenuhi passing garde pasti lulus," katanya.

3. Sarana untuk seleksi lengkap

Seleksi PPPK Lombok Tengah, 742 Formasi Hanya untuk Guru SDOperator Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan menginput data calon PPPK yang lulus seleksi tahun 2021. (Dok. Kemenag Sulsel)

Untuk sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan kegiatan seleksi PPPK 2022 bagi Guru SD tersebut tidak ada masalah, karena semua fasilitas telah siap digunakan kapanpun.

"Sarana penunjang dari pemerintah daerah sudah siap," katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 pada Instansi Daerah.

Pemerintah memudahkan pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, sehingga guru honorer yang telah lulus passing grade (PG) pada seleksi PPPK 2021 langsung diangkat menjadi PPPK 2022 tanpa tes.

Baca Juga: Lombok Tengah Targetkan Dapat Rp4 Miliar dari Event WSBK Mandalika

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya