Keren! 68 Universitas di Indonesia Ikuti PRISMA 2023 Unram 

Diikuti oleh 135 tim dari 68 kampus 

Mataram, IDN Times - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PRIMA Universitas Mataram (Unram) telah menyelenggarakan Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) 2023 dengan rangkaian inti berupa festival ilmiah. Festival ilmiah ini berupa talkshow, expo,dan focus group discussion.

Kegiatan ini mengambil tema “Optimalisasi Inovasi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini terselenggara di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram, Sabtu (27/5/2023). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah.

1. Diikuti anak-anak muda 

Keren! 68 Universitas di Indonesia Ikuti PRISMA 2023 Unram PRISMA 2023 diikuti oleh 68 universitas di Indonesia (dok UKM Prima)

Ketua Panitia PRISMA 2023, Alfin Sopian menyebutkan, kompetisi bagi para periset muda itu diikuti oleh 135 tim dari 68 universitas se-Indonesia. Dari 135 tim yang telah melalui proses seleksi dan penilaian, hanya 15 tim yang berhak untuk mempresentasikan karyanya secara langsung di Pulau Lombok.

Alfin mengatakan pada penyelenggaraan yang ke-6 tahun ini, PRISMA memiliki gagasan baru dalam menyelenggarakan event tahunan UKM PRIMA ini. Gagasan ini bertujuan agar kegiatan PRISMA dapat dirasakan oleh banyak kalangan.

“Alhamdulillah tahun ini juga PRISMA 2023 dapat mengahadirkan rangkaian acara baru, yakni festival ilmiah yang berisi talkshow, expo, dan FGD,”ujarnya.

Baca Juga: Kisah Munjizun, Anak Gembala dari Lombok Raih Gelar Doktor di Amerika

2. Narasumber 

Keren! 68 Universitas di Indonesia Ikuti PRISMA 2023 Unram Narasumber foto bersama dengan Gubernur NTB dan semua peserta (dok UKM Prima)

Dengan gagasan baru, PRISMA tahun ke-6 ini menghadirkan festival ilmiah dengan rangkaian talkshow bersama narasumber, yakni Dr. I Ketut Agung Enriko selaku Senior Manager Research & Innovation Mgmt, Telkom Corporate University Center, PT Telkom Indonesia dan L. Suryadi selaku Kepala Litbang, Inovasi dan Teknologi BRIDA NTB. Dimoderatori oleh Yusril Ihza Mahendra. seorang podcaster lokal yang ikut menjembatani pembahasan mengenai inovasi-inovasi yang mahasiswa hadirkan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kegiatan berlanjut dengan rangkaian Expo yang menghadirkan produk prototype hasil dari inovasi para finalis yang hadir dari penjuru Indonesia. Ditambah produk makanan dan minuman yang telah lolos pendanaan proposal PKM Universitas Mataram.

Ditutup dengan kegiatan Focus Grup Discussion antara para finalis dengan peserta festival ilmiah. Membahas bagaimana cara menemukan suatu masalah dan menciptakan solusi yang inovatif agar terciptanya karya tulis yang memberikan manfaat dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi.

3. Dihadiri Gubernur NTB 

Keren! 68 Universitas di Indonesia Ikuti PRISMA 2023 Unram Gubernur NTB Dr Zullieflimansyah (dok Diskominfotik NTB)

Festival Ilmiah dimaksudkan untuk menciptakan atmosfer akademik. Tujuannya untuk mendorong mahasiswa terlibat dalam pergulatan pemikiran untuk menciptakan inovasi-inovasi hasil karya anak bangsa yang berdaya saing tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Zulkieflimansyah yang biasa disapa Bang Zul ini hadir memberikan semangat sekaligus membuka acara. Bang Zul berpesan kepada peserta festival dan finalis PRISMA agar menjadikan kegiatan seperti ini sebagai momentum berinteraksi dan berkembang sesama mahasiswa agar saling menguatkan.

“Saya rasa PRISMA Unram kali ini datang dengan suatu gagasan yang agak berbeda, bahwa bukan anggota PRISMA-nya yang banyak berdiskusi, tapi mungkin buah dari diskusi ini menghadirkan banyak peserta yang punya gagasan untuk bertemu di sini,” ujarnya.

Baca Juga: 4.499 CJH NTB Siap Diterbangkan dari Tanak Awu ke Tanah Suci 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya