Wisatawan Beralih ke Mandalika, 'One Gate System' di Gili Merepotkan

Wisatawan lebih pilih kapal cepat dibandingkan pesawat

Mataram, IDN Times - Di tengah polemik penerapan kebijakan one gate system bagi wisatawan yang datang ke Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena) Lombok Utara, pengusaha kapal cepat mulai melirik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Sejak lima hari lalu, operator kapal cepat mulai membuka rute Bali - Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penerapatan aturan one gate system itu dinilai merepotkan.

Rute Bali - Mandalika dilayani Kapal Cepat J-Trip dengan mengangkut turis atau wisatawan ratusan orang per hari. Sejak melayani rute Bali - Mandalika, Kapal Cepat J-Trip telah mengangkut sebanyak 570 wisatawan.

"Total sudah mengangkut 570 wisatawan sejak beroperasi 5 hari ini," kata CEO Kapal Cepat J-Trip, Putu Suciawan di Mataram, Kamis (27/10/2022).

1. Angkut 150 wisatawan per hari

Wisatawan Beralih ke Mandalika, 'One Gate System' di Gili MerepotkanBukit Pantai Seger Mandalika Lombok Tengah ramai dikunjungi wisatawan sambil berswafoto dengan latar belakang Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Putu mengatakan rute kapal cepat Bali - Mandalika dibuka sejak lima hari lalu. Setiap hari, wisatawan yang diangkut ke Mandalika sebanyak 150 orang. Kapal cepat tersebut langsung sandar di Dermaga Apung Kuta, Mandalika, Lombok Tengah.

Kita buka rute baru dari Bali - Mandalika sejak 5 hari lalu. Per hari 150 orang, ada dermaga apung di sana. "Pada prinsipnya, wisatawan yang ke Pantai Kuta Mandalika pasti akan ke Gili. Wisatawan yang ke Gili pasti ada yang ke Mandalika," kata Putu.

Baca Juga: Kunjungan Turis ke Gili Turun 50 Persen Akibat 'One Gate System' 

2. Ditempuh dalam waktu 2,5 jam

Wisatawan Beralih ke Mandalika, 'One Gate System' di Gili MerepotkanCEO Kapal Cepat J-Trip, Putu Suciawan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kapal cepat ini melayani rute Mandalika - Nusa Penida - Sanur, Bali. Jarak tempuhnya, kata Putu, sekitar 2,5 jam. Dibandingkan menggunakan pesawat, lanjut Putu, wisatawan lebih memilih kapal cepat karena simpel dan cepat.

Meskipun menggunakan pesawat lebih cepat tetapi banyak waktu yang dihabiskan untuk menunggu di bandara baik saat keberangkatan maupun kedatangan. Sehingga, wisatawan lebih banyak memilih kapal cepat ke Lombok. Disebutkan harga tiket untuk rute Mandalika - Bali sebesar Rp450 ribu per orang.

3. Permintaan ke Mandalika cukup tinggi

Wisatawan Beralih ke Mandalika, 'One Gate System' di Gili MerepotkanBukit Pantai Seger Mandalika Lombok Tengah ramai dikunjungi wisatawan sambil berswafoto dengan latar belakang Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menurut Putu, permintaan tamu yang menggunakan kapal cepat rute Bali - Mandalika cukup tinggi. Tingginya minat kunjungan wisatawan ke Mandalika bukan hanya karena keberadaan Sirkuit Mandalika.

Tetapi, kata Putu, Lombok khususnya Mandalika sudah terkenal. Tetapi karena akses kapal cepat menuju Mandalika yang belum ada selama ini, sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

"Semakin banyaknya tamu karena akses yang mudah dan cepat. Memang naik pesawat cepat. Tapi nunggunya lama. Kalau pakai fastboat maka cepat dan simpel, cuma 2,5 jam nyampai," tandas Putu.

Baca Juga: Dua Topi Marc Marquez Dilelang, Terjual Rp7,95 Juta di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya