Comscore Tracker

TGB Ketua Harian DPP Perindo, Peta Politik di NTB Diprediksi Berubah 

Elit ormas NWDI diprediksi akan bergabung ke Perindo

Mataram, IDN Times - Mantan Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi alias Tian Guru Bajang (TGB) resmi dilantik menjadi Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo di Jakarta, Sabtu (6/8/2022). Pakar Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dr. Kadri, M.Si., memprediksi bergabungnya TGB ke partai besutan Hary Tanoesoedibjo akan mengubah peta politik di NTB.

Selain itu, elektabilitas Partai Perindo secara nasional juga diprediksi akan meningkat. "Saya kira akan berkontribusi terhadap peningkatan elektabilitas Perindo. Karena TGB ini tokoh nasional dengan jaringannya tidak hanya di NTB. Dia ulama yang cukup kharismatik, moderat, nasionalis," kata Kadri saat berbincang dengan IDN Times, Sabtu (6/8/2022).

1. Bergabungnya TGB akan mengubah image terhadap Perindo

TGB Ketua Harian DPP Perindo, Peta Politik di NTB Diprediksi Berubah Pakar Komunikasi Politik, Dr. Kadri, M.Si. (Dok. Istimewa)

Kadri menjelaskan bergabungnya Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia itu akan mengubah image terhadap Partai Perindo. Partai Perindo, kata Kadri, tidak lagi dilihat sebagai partai yang jauh dari ulama.

"Ada pesan simbolik yang membuat politik nasional itu merubah image terhadap Partai Perindo. Akan ada pengaruh tren peningkatan elektabilitas terhadap Partai Perindo ketika TGB bergabung. Karena dia merepresentasikan ulama, tokoh agama yang punya jaringan," ucap Kadri.

Dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, Kadri memprediksi Partai Perindo akan lolos ke Senayan. Selain TGB, ada mantan Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah juga ikut bergabung dengan Perindo.

Eks komisioner KPU RI itu dinilai punya banyak pengalaman terkait pemilu. Selain itu, tidak menutup kemungkinan tokoh-tokoh lain juga akan bergabung ke Perindo. Sehingga, Perindo menargetkan minimal 60 kursi di DPR RI pada Pileg 2024.

Baca Juga: Bencana Abrasi Hantui Warga Mataram hingga Gili Trawangan

2. Elit ormas NWDI diperkirakan lambat laun akan bergabung ke Perindo

TGB Ketua Harian DPP Perindo, Peta Politik di NTB Diprediksi Berubah TGB saat menerima SK sebagai Ketua Harian Nasional DPP Perindo. (Dok. Istimewa)

Kadri menambahkan bergabungnya TGB ke Perindo, juga akan mengubah peta politik di NTB. Suara jemaah Nahdhlatul Wathan Diniyah Islaniyah (NWDI), ormas yang dipimpin TGB diprediksi akan banyak ke Perindo.

Meskipun saat ini, kakak kandung TGB yang juga Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem NTB. Di sana banyak elit ormas NWDI yang bergabung di Partai Nasdem.

"Menurut saya, elit NWDI yang sekarang bergabung ke Nasdem lambat laun akan ke Perindo. Mungkin tidak dalam waktu dekat. Karena NWDI identik dengan TGB," terang Kadri.

3. Akan mengubah peta politik di NTB

TGB Ketua Harian DPP Perindo, Peta Politik di NTB Diprediksi Berubah Ketua Harian Nasional DPP Perindo, TGH. M. Zainul Majdi. (Dok. Istimewa)

Kadri menambahkan peta politik di NTB akan berubah dengan bergabungnya TGB ke Perindo. Baik secara nasional maupun di NTB sendiri. Partai yang debelumnya tidak diperhitungkan ini diprediksi akan mampu meloloskan wakil rakyat dari dapil Lombok dan Sumbawa pada Pileg 2024 minimal satu kursi.

Apalagi jila TGB ikut mencalonkan diri menjadi Calon Legislatif (Caleg) pada 2024. Perindo diprediksi akan bisa memperoleh dua kursi di DPR RI. Begitu juga di DPRD NTB, Perindo diprediksi akan banyak meloloskan kadernya sebagai wakil rakyat di tingkat provinsi.

"Masuknya TGB akan memberi rahmat bagi caleg Perindo baik yang nyaleg ke nasional maupun di NTB," tandas Kadri.

Baca Juga: Guru Honorer di Lombok Jadi Pengedar Sabu, Hasilnya Dikasih Anak Yatim

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya