Tarif Sewa Lapak saat MotoGP Mencapai Rp18 Juta?

Kabarnya tarif sewa antara Rp18 juta hingga Rp60 juta

Mataram, IDN Times - Beredar di media sosial sewa lapak atau booth UMKM saat gelaran MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang berkisar antara Rp18 - 60 juta. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Koperasi dan UKM menegaskan bahwa UMKM lokal NTB sepenuhnya akan dibantu oleh sponsor.

"Sponsornya di masing-masing titik sudah kita tentukan saat rapat beberapa waktu lalu. Tinggal kita breakdown ke masing-masing sponsor. Kita pastikan UMKM yang difasilitasi Pemprov, free. Kalau membayar ndak berani UMKM, kan mahal," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB, Ahmad Masyhuri dikonfirmasi IDN Times, Selasa (1/2/2022).

1. Beredar informasi sewa di zona silver Rp18 juta dan zona premium Rp60 juta

Tarif Sewa Lapak saat MotoGP Mencapai Rp18 Juta?Informasi yang beredar mengenai sewa booth UMKM saat MotoGP Mandalika, Maret mendatang (Foto Istimewa)

Informasi yang beredar, sewa lapak atau booth UMKM di zona silver untuk UMKM kuliner sebesar Rp25 juta dan UMKM lainnya Rp18 juta. Lokasinya berada di zona barat dan tengah. Berada di seputaran area standar grandstand menggunakan tenda Sarnavile ukuran 3x3. Tenan mendapatkan 3 t-shirt merchandise official GP series.

Kemudian zona gold, sewa booth sebesar Rp35 juta untuk UMKM kuliner dan Rp30 juta untuk UMKM lainnya. Lokasinya berada di zona tengah, berada di seputaran zona side event atau berada di area premium grandstand. Menggunakan tenda Sarnavile ukuran 5x5. Tenan mendapatkan 4 t-shirt merchandise official GP series.

Selanjutnya di zona premium, sewa booth untuk UMKM kuliner dan lainnya sebesar Rp60 juta. Lokasinya berada di tengah sirkuit atau di sekitar pintu masuk penonton. Dekat dengan panggung hiburan atau side event, dekat area premium grandstand. Menggunakan tenda Sarnavile ukuran Rp5x5. Tenan diperbolehkan menambah hiasan di luar hiasan standar dan tenan mendapatkan 6 t-shirt merchandise official GP series.

Baca Juga: Melihat Perayaan Ibadah Imlek pada Tahun Macan Air di Mataram 

2. Lapak UMKM lokal saat MotoGP dibantu sponsor

Tarif Sewa Lapak saat MotoGP Mencapai Rp18 Juta?UMKM lokal NTB menjajakan baju kaos saat gelaran World Superbike Mandalika, November 2021 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Masyhuri memastikan tidak ada anggaran dalam APBD NTB untuk sewa lapak atau booth UMKM saat gelaran MotoGP Mandalika. Ia menegaskan UMKM lokal akan dibantu sepenuhnya oleh sponsor.

"Sponsor yang membantu UMKM. Jadi mereka yang menyiapkan tenda dan seterusnya. Bervariasi ada sponsor yang carikan dia tenda dia pasangkan. Ada sponsor yang sewakan dia tanda, masuk di situ. Barvariasi bantuannya," jelas Mayhuri.

3. Siapkan 12 titik jualan UMKM saat MotoGP

Tarif Sewa Lapak saat MotoGP Mencapai Rp18 Juta?Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri (Foto : Istimewa)

Masyhuri menyebutkan ada 12 titik lokasi yang disiaapkan untuk UMKM lokal berjualan saat MotoGP Mandalika. Enam titik di kawasan Mandalika dan enam titik di luar kawasan Mandalika.

Untuk di kawasan Mandalika yaitu di parkir timur satu titik, parkir barat satu titik, dalam sirkuit tiga titik dan Kuta Beach Park satu titik. Sedangkam enam titik yang berada di luar kawasan Mandalika yaitu, Pelabuhan Lembar satu titik, Pelabuhan Gili Mas satu titik, Pelabuhan Bangsal, eks Bandara Selaparang satu titik, Islamic Center Kota Mataram satu titik, Lapangan Sangkareang satu titik, dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) sebanyak dua titik.

Sebanyak 1.000 UMKM lokal disiapkan meramaikan MotoGP Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang. Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga menyiapkan space untuk 100 UMKM Nusantara di kawasan Mandalika.

Saat gelaran MotoGP Mandalika, Maret mendatang sebanyak 70 persen merupakan UMKM kuliner. Sisanya merupakan UMKM kriya, wastra dan kerajinan lokal. Keberadaan event internasional seperti WSBK dan MotoGP Mandalika menjadi kesempatan bagi UMKM kembali bangkit di masa pandemik COVID-19.

Selain di kawasan Mandalika, kata Masyhuri, Gubernur telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota. Supaya di setiap hotel atau penginapan juga menyediakan space untuk UMKM lokal. Sehingga akan banyak UMKM lokal yang terlibat saat gelaran MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Lotim Punya Kampung Lobster, KKP Kucurkan Anggaran Sebesar Rp59 Miliar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya