Comscore Tracker

Taman Loang Baloq Makin Cantik, Mataram Optimistis Juarai ADWI 2022 

Taman Loang Baloq masuk 50 besar ADWI 2022

Mataram, IDN Times - Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram terlihat makin cantik dan bersih setelah dilakukan penataan pada 2021 lalu. Bahkan ikon pariwisata Kota Mataram ini telah masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 bersama Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat.

Pemkot Mataram mengaku optimis Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq akan menjadi juara terbaik dalam ajang ADWI 2022. Rencananya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengumumkan juara ADWI 2022 pada 17 Agustus mendatang.

"Kabarnya akan diumumkan pada 17 Agustus nanti. Tapi kita tetap optimis Loang Baloq masuk nominasi terbaik ADWI 2022. Kita sama-sama menunggu pengumumannya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Sabtu (13/8/2022).

1. Toilet standar internasional

Taman Loang Baloq Makin Cantik, Mataram Optimistis Juarai ADWI 2022 Toilet di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq kota Mataram yang disiapkan standar internasional. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Denny mengatakan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq memiliki fasilitas yang lengkap salah satunya toilet. Karena toilet menjadi salah satu kategori yang menjadi penilaian dari Kemenparekraf.

"Toilet kita bersih-bersih. Kemudian toiletnya standar nasional bahkan internasional. Ada kloset jongkok, kloset duduk dan untuk disabilitas. Itu sudah menjadi penilaian plus dari tim yang berkunjung beberapa waktu lalu. Dan kita sudah masuk 50 besar tinggal dicari terbaiknya," kata Denny.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perbatasan RI - Australia 

2. Jadi barometer destinasi wisata di Kota Mataram

Taman Loang Baloq Makin Cantik, Mataram Optimistis Juarai ADWI 2022 Warga yang berkunjung ke Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Denny mengungkapkan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq merupakan salah satu ikon pariwisata kita di kota Mataram. Ia berharap destinasi wisata yang diresmikan awal 2022 ini tetap asri, indah, aman, bersih dan nyaman dikunjungi wisatawan.

"Serta menjadi barometer destinasi wisata kita di Kota Mataram. Tempat-tempat wisata lain nantinya bisa kita buat seperti Taman Hiburan Loang Baloq," ujarnya.

Pada 2022 ini, Pemkot Mataram akan melakukan pembenahan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan. Di RTH Pagutan akan dibuat bencingah atau balai budaya yang akan dipergunakan untuk acara-acara kebudayaan, dan acara seremonial lainnya.

3. 153 desa wisata mendaftar, lolos 50 besar hanya 2 desa wisata

Taman Loang Baloq Makin Cantik, Mataram Optimistis Juarai ADWI 2022 Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, sebanyak 153 desa wisata dari 10 kabupaten/kota di NTB mendaftar mengikuti ADWI 2022. Dari jumlah tersebut ada 21 desa wisata yang lolos masuk 500 besar. Kemudian, setelah dilakukan seleksi oleh Kemenparekraf, hanya 2 desa wisata yang masuk 50 besar ADWI 2022. Yaitu Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq Kota Mataram dan Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat.

Tahun 2022 sebanyak 3.419 desa wisata di 34 provinsi di Indonesia yang mendaftar ikut ADWI 2022. Jumlahnya melebihi target 3.000 desa wisata sebelumnya. Adapun 21 desa wisata NTB yang lolos masuk 500 besar ADWI 2022 tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB.

Sebanyak 21 Desa Wisata yang masuk 500 besar ADWI 2022 dari NTB antara lain Lombok Barat yaitu Desa Wisata Banyumulek, Desa Wisata Dewi Bahari Batu Putih, Desa Wisata Lembar Selatan, Desa Wisata Buwun Sejati, Desa Wisata Batu Kumbung dan Desa Wisata Mekarsari.

Dari Kabupaten Lombok Tengah yaitu Desa Wisata Halal Setanggor, Desa Wisata Wisata Edukasi Religi Kebangsaan, Desa Wisata Rembitan, dan Desa Wisata Puyung. Selanjutnya, Kabupaten Lombok Timur yaitu Desa Wisata Tetebatu, Desa Wisata Sapit, Desa Wisata Loyok, Desa Wisata Labuan Lombok.

Kemudian Bima yaitu Desa Wisata Kampung Bawang, Dompu Desa Wisata Malaju Mantika, Lombok Utara Desa Wisata Genggelang, Sumbawa Desa Wisata Ekowisata Bahari Prajak, Sumbawa Barat Desa Wisata Bukit Not Beka Beka Taliwang, Kota Bima Desa Wisata Tenun dan Kota Mataram Desa Wisata Taman Loang Baloq.

Lomba ADWI 2022 meliputi 7 kriteria. Yaitu CHSE, kualitas toilet, daya tarik wisata, content creatif, digital, homestay, dan tata kelola desa wisata. Tahun lalu, NTB mengirim 91 desa wisata ikut ajang ADWI 2021. Ada tiga desa wisata yang meraih penghargaan, yaitu Desa Wisata Bonjeruk untuk kategori toilet, Desa Wisata Sesaot untuk kategori CHSE dan Desa Wisata Senaru kategori daya tarik objek wisata.

Baca Juga: Si Tangan Kidal yang Harus Beradaptasi dengan Norma Kesopanan 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya