Sirkuit Mandalika Ditutup, ini Alasannya! 

Sirkuit Mandalika ditutup untuk kegiatan umum

Lombok Tengah, IDN Times - Menjelang perhelatan kejuaraan dunia balap MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Circuit ditutup mulai Senin (18/9/2023). Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, ditutup untuk kegiatan umum seperti Track Day, Track Walk dan kunjungan lainnya.

"Penutupan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan sirkuit untuk perhelatan MotoGP 2023 yang akan dilangsungkan pada tanggal 13-15 Oktober 2023," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, Senin (18/9/2023).

1. Persiapan di bagian sirkuit dan Paddock

Sirkuit Mandalika Ditutup, ini Alasannya! Paddock Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Priandhi menjelaskan di bagian sirkuit, MGPA akan melakukan berbagai persiapan seperti pengerokan dan pengecatan kerb, pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM dan timing system. Sedangkan di bagian paddock, MGPA akan melakukan penempatan berbagai tenda dan bangunan penunjang.

Sementara di area inner sirkuit, MGPA akan melakukan pemasangan panggung musik, booth tenda untuk UMKM, area motorsport zone, area makan dan minum dan berbagai keperluan lainnya. Semua perbaikan dan perapihan yang dilakukan dalam menyambut perhelatan MotoGP 2023.

"Kita harus memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan dan membawa nama baik Mandalika, Lombok, NTB dan Indonesia melalui kehadiran berbagai team balap, media dan tentunya juga siaran TV yang akan ditayangkan secara langsung di berbagai negara," ujarnya.

Ia mengatakan MGPA butuh berbagai bantuan dari pemerintah pusat dan juga tentunya pemerintah daerah untuk membuat ajang MotoGP 2023 ini berjalan dengan baik dan meriah dengan berbagai kegiatan yang mencerminkan sosial dan budaya Indonesia.

Baca Juga: Jadwal KM Kirana VII Rute Lombok-Surabaya pada 19 - 23 September 2023

2. Lakukan pengecekan kerb dan run-off area 27.381 meter persegi

Sirkuit Mandalika Ditutup, ini Alasannya! Pengecatan ulang kerb Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Priandhi menambahkan pihaknya sedang melakukan proses pengecatan di beberapa kerb dan run-off area. Dengan total luas yang akan dicat seluas 27.381 meter persegi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemeliharaan dan peningkatan fasilitas Sirkuit Mandalika menjelang MotoGP 2023.

Priandhi memastikan kualitas track tetap memenuhi standar keselamatan pembalap, serta untuk mempercantik Pertamina Mandalika International Circuit di mata kamera televisi yang liputannya akan disiarkan di berbagai negara.

3. Pengecatan dilakukan Tim Roadgrip

Sirkuit Mandalika Ditutup, ini Alasannya! Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tahap pertama dari proses pengecatan ini adalah pelepasan cat lama yang sudah memudar di beberapa kerbs dan run-off area hingga bersih. Dilakukan penyiraman dengan air bertekanan tinggi lalu dikeringkan untuk mempersiapkan dasar permukaan pengecatan ulang.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan cat lama yang mungkin telah mengalami kerusakan akibat paparan cuaca dan penggunaan berkepanjangan. Langkah awal ini dilakukan dengan sangat detail oleh tim Roadgrip yang merupakan ahli berpengalaman dalam perawatan sirkuit dan menggunakan bahan cat khusus kerb yang sudah lulus standar homologasi FIM.

Baca Juga: 6 Juta Kilogram Beras Dibagikan untuk Masyarakat Miskin di NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya