Simulasi, Penyanderaan Kapal Logistik MotoGP Berhasil Dibebaskan

Pengamanan MotoGp Mandalika jadi atensi khusus

Mataram, IDN Times - Sub Satgas Polairud Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dibantu TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Mataram membebaskan kapal pembawa logistik MotoGP yang disandera oleh perompak bersenjata lengkap.

Personel Polri dan TNI AL bahu membahu berusaha mengambil alih pengusahaan kapal memperoleh perlawanan sengit dari perompak.  Baku tembak antara petugas dan perompak tak terelakkan.

Namun berkat ketangkasan petugas, kapal tersebut berhasil diambil alih kembali, dan para perompak dilumpuhkan. Para sandera dan anak buah kapal (ABK) yang tenggelam dan terluka berhasil dievakuasi, menggunakan sejumlah peralatan lengkap yang dimiliki Polairud Polda NTB serta dibantu alat dari TNI AL dan Basarnas.

1. Simulasi memantapkan pengamanan MotoGP Mandalika

Simulasi, Penyanderaan Kapal Logistik MotoGP Berhasil DibebaskanKapolda NTB Irjen pol Djoko Poerwanto IDN Times/Ahmad Viqi

Itu adalah simulasi yang dilakukan Polairud Polda NTB bersama TNI AL dan stakeholder terkait lainnya di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat Provinsi NTB, Rabu (9/2/2022). Simulasi dilakukan untuk memantapkan pengamanan gelaran MotoGP Mandalika pada 18 - 20 Maret mendatang. 

Melihat simulasi itu, Kapolda NTB Inspektur Jenderal Pol Djoko Poerwanto mengaku bangga dengan kesigapan aparat Polairud. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban perairan NTB terutama saat event MotoGP Mandalika berlangsung.

“Kita berikan Aplaus yang luar biasa untuk Polairud Polda NTB yang telah melakukan simulasi ini dengan baik, dan saya ucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat dalam simulasi ini, dan yang akan melakukan pengamanan pada event MotoGP nanti,” katanya. 

Baca Juga: 553 Warga Lokal Dipekerjakan saat Tes Pramusim MotoGP di Mandalika

2. Pengamanan MotoGP Mandalika menjadi atensi khusus

Simulasi, Penyanderaan Kapal Logistik MotoGP Berhasil DibebaskanBukit Pantai Seger Mandalika Lombok Tengah ramai dikunjungi wisatawan sambil berswafoto dengan latar belakang Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Djoko mengatakan pengamanan MotoGP Mandalika menjadi atensi khusus semua pihak terkait. Balapan diproyeksikan mampu membangkitkan iklim pariwisata tanah air yang lesu terdampak pandemik COVID-19. 

“Jika dilakukan bersama-sama, saya yakin kita pasti bisa menyukseskan perhelatan dunia race MotoGP di Sirkuit Mandalika,” tandasnya.

Sementara Direktur Polairud Polda NTB Komisaris Besar Pol  Kobul Syahrin Ritonga menambahkan, simulasi itu merupakan bagian dari upaya pengamanan tes pramusim dan balapan MotoGP Mandalika.

“Hari ini kita lakukan simulasi untuk menghadapi situasi merah, seperti penyanderaan kapal logistik MotoGP yang dilakukan oleh sejumlah perompak,” jelasnya.

3. Patroli di seluruh perairan NTB

Simulasi, Penyanderaan Kapal Logistik MotoGP Berhasil DibebaskanDit Polair Polda Bali melakukan patroli laut untuk memastikan keamanan wilayah perairan (Dok.IDN Times/Humas Polda Bali)

Selain menghadapi situasi merah seperti yang disimulasikan, Polairud Polda NTB juga melakukan patroli di seluruh perairan NTB. Dengan melibatkan personel yang ada di Polres Jajaran Polda NTB, terutama saat pramusim dan race MotoGP Mandalika.

“Sampai dengan saat ini sudah 11 kapal logistik yang kami kawal dan alhamdulillah semua sampai dengan selamat tanpa ada gangguan,” tuturnya.

Personel pengamanan perairan NTB, kata Kobul melibatkan personel Polairud Polda NTB dibantu Mabes Polri dan TNI AL. 

“Komitmen kami dari Polairud Polda NTB, kita akan tetap berpatroli selama 24 jam untuk memastikan MotoGP berjalan lancar, baik di titik masuknya penonton dan di seputar perairan Sirkuit Mandalika,” pungkasnya.

Baca Juga: 17.000 Tiket MotoGP Mandalika Sudah Terjual

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya