Comscore Tracker

Siap-siap! Penerbangan Lombok - Kuala Lumpur Dibuka 1 Mei 2022

Rute Lombok - Singapura masih dibicarakan

Mataram, IDN Times - Penerbangan langsung rute internasional akan kembali dibuka setelah dua tahun pandemik Covid-19 melanda dunia. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan penerbangan internasional rute Lombok - Kuala Lumpur Malaysia (KUL - LOP) mulai dibuka 1 Mei mendatang.

Bagi warga NTB yang sudah ingin berwisata ke Malaysia untuk melihat menara kembar Petronas mulai 1 Mei sudah bisa melancong ke negeri jiran. Begitu juga pekerja migran Indonesia (PMI) asal NTB, penempatan ke Malaysia sudah mulai dibuka dalam waktu dekat.

"Transportasi udara per 1 Mei, kalau tak ada halangan maka rute KUL - LOP sudah mulai terbang langsung dilayani AirAsia. Itu mulai dibuka pas libur lebaran," kata Kepala Dishub Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal di Mataram, Selasa (19/4/2022).

1. Penerbangan langsung Lombok - Singapura masih dibicarakan

Siap-siap! Penerbangan  Lombok - Kuala Lumpur Dibuka 1 Mei 2022Kepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Sementara untuk pembukaan penerbangan langsung rute Lombok - Singapura, kata Faozal, masih dibicarakan. Ada beberapa penyesuaian yang sedang dilakukan sebelum maskapai milik Singapore Airlines tersebut melayani penerbangan langsung Lombok - Singapura.

"Untuk Scoot yang akan melayani Lombok - Singapura masih kita lakukan penyesuaian. Karena Scoot itu tidak seperti AirAsia. AirAsia itu penumpangnya pasti yang sudah punya Kitas. Tenaga kerja kita lebih banyak di Malaysia," kata Faozal.

Baca Juga: Amazing! Rp166 Miliar Disiapkan untuk Bayar THR PNS Pusat di NTB

2. Jajaki pembukaan rute Lombok - Perth

Siap-siap! Penerbangan  Lombok - Kuala Lumpur Dibuka 1 Mei 2022Suasana Bandara Internasional Lombok/Dok. Angkasa Pura

Selain pembukaan rute internasional Lombok - Kuala Lumpur, Pemprov NTB juga mendorong pembukaan rute Lombok - Perth Australia. Kedua negara tersebut menjadi pasar potensial pariwisata NTB.

Australia menjadi salah satu asal wisatawan mancanegara yang cukup besar ke NTB sebelum pandemik Covid-19. Selain Australia, kunjungan wisatawan mancanegara juga banyak berasal dari Malaysia.

Baca Juga: Dishub NTB Perkirakan 2 Juta Warga Mudik Lebaran Tahun 2022

3. Kerja sama sektor pariwisata

Siap-siap! Penerbangan  Lombok - Kuala Lumpur Dibuka 1 Mei 2022Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi (Foto Istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno sedang melancong ke Australia terkait dengan kerja sama sektor pariwisata.

Kehadiran Menparekraf diharapkan dapat mendorong juga pembukaan kembali rute penerbangan langsung Perth Australia - Lombok. "Mudah-mudahan ini akan berimbas ke wisata kita di NTB yang notabene wisatawan Australia cukup besar," kata Yusron.

Jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia mencapai 1,4 juta orang setahun sebelum pandemik. Sebagian besar wisatawan Australia berkunjung ke Bali dan Lombok dan sejumlah destinasi wisata lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Kelezatan Sate Rembiga yang Sudah Merambah Turki dan AS

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya