Produk Sepatu Tenun Pringgasela yang Diminati Jokowi

Rambah pasar luar negeri

Lombok Tengah, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkesempatan meninjau Bazaar Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022). Dalam kunjungan itu, Presiden membeli produk lokal sepatu tenun UMKM Desa Pringgasela dari Lombok Timur seharga Rp350 ribu. 

Bukan hanya itu, Jokowi didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah memberikan bantuan tunai secara langsung kepada beberapa pelaku UMKM. 

"Saat mengunjungi UMKM di Mandalika, alhamdulillah, Presiden Joko Widodo membeli sepatu produk Pringgasela, Lombok Timur. Sepatu dengan motif sundawa itu dibeli seharga Rp350 ribu," kata Sitti Rohmi Djalilah. 

1. Unik dan berkualitas

Produk Sepatu Tenun Pringgasela yang Diminati JokowiProduk sepatu tenun yang dihasilkan UMKM asal Pringgasela Lombok Timur. Foto Istimewa

Produk sepatu tenun hasil UMKM Pringgasela tersebut memiliki keunikan tersendiri dan mempunyai kualitas yang setara dengan produk-produk lainnya. Produk ini terbilang cukup unik karena memadukan kain tenun dengan sepatu.

Bahkan dalam pembuatannya, dikerjakan oleh tangan-tangan terampil secara tradisional tanpa sentuhan pabrik. Begitu juga produk tas bahan rumput ketak hasil produksi UMKM Mawar Ketak Lombok yang dibeli Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Produk tas berbahan rumput ketak ini berkualitas dan unik. Menggunakan bahan baku langsung dari alam, membuat tas ini menjadi primadona bagi pencinta anyaman dan produk kerajinan tradisional.

Baca Juga: Balapan MotoGP Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat di NTB

2. Perajin sepatu tenun Pringgasela terharu

Produk Sepatu Tenun Pringgasela yang Diminati JokowiPresiden Jokowi menggunakan sepatu tenun yang dibeli dari UMKM asal Pringgasela Lombok Timur saat meninjau Bazaar Mandalika, Kamis (13/1/2022). Foto Diskominfotik NTB

Perajin sepatu tenun Pringgasela Muhammad Maliki mengaku senang dan terharu ketika produk buatannya dibeli oleh Presiden Jokowi.

"Perasaan saya sangat luar biasa, terharu juga. Pak presiden datang langsung ke stan saya dan membeli produk saya, saya sangat bangga dan senang," katanya. 

Maliki mengaku, sepatu tersebut memiliki keunikan karena masih dikerjakan dengan tangan secara manual atau handmade. Sepasang sepatu tenun motif sundawa seperti yang dibeli Presiden Jokowi itu biasanya dijual seharga Rp350 ribu. 

"Sempat pak presiden bilang ini unik, bagus. Makanya langsung dibeli," ungkapnya.

3. Rambah pasar luar negeri

Produk Sepatu Tenun Pringgasela yang Diminati JokowiProduk sepatu tenun yang dihasilkan UMKM asal Pringgasela Lombok Timur. Foto istimewa

Maliki mengatakan sepatu tenun itu tak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi telah merambah pasar luar negeri seperti Amerika Serikat. Sekitar 150 pasang sepatu tenun Pringgasela telah dipasarkan ke luar negeri.

Namun, pandemik COVID-19 sempat menghambat pengiriman sepatu tersebut ke luar negeri.

"Yang membuat mereka tertarik dengan produk ini keunikan dari sepatu ini karena berbahan tenun yang dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang tradisional. Jadi itulah keunikan sepatu ini bahannya tidak dari pabrikan," jelas Maliki.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Dikorupsi, Kemenkeu Hentikan Dana Desa di NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya