Comscore Tracker

Penerbangan Langsung Lombok - Singapura Dibuka Mulai 18 Juni 2022 

Perlu gencarkan promosi agar tetap ramai

Mataram, IDN Times - Setelah pembukaan rute Lombok - Kuala Lumpur mulai 1 Mei lalu, penerbangan internasional ke Bandara Internasional Lombok akan bertambah pada pertengahan Juni mendatang.

Anak perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines yaitu Scoot akan membuka direct flight atau penerbangan langsung Lombok - Singapura dan sebaliknya pada 18 Juni 2022.

"Direct flight Lombok - Singapura mulai 18 Juni," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (9/5/2022).

1. Rute Lombok - Singapura dilayani sekali setiap sehari

Penerbangan Langsung Lombok - Singapura Dibuka Mulai 18 Juni 2022 Kepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Faozal menjelaskan direct flight Lombok - Singapura akan dilayani Scoot sekali dalam sehari. Diharapkan penambahan pembukaan rute internasional ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB.

Supaya rute penerbangan internasional menuju Bandara Internasional Lombok tetap ramai, mantan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB ini mengatakan perlu dilakukan promosi pariwisata. "Penerbangan direct flight Lombok - Singapura segera buka pada 18 Juni 2022. Frekuensinya sekali tiap hari sama kayak AirAsia," kata Faozal.

Baca Juga: Keren! Ada 'Event Track Day' di Sirkuit Mandalika pada 21 Mei 2022 

2. Rute Lombok - Kuala Lumpur masih sepi penumpang

Penerbangan Langsung Lombok - Singapura Dibuka Mulai 18 Juni 2022 IDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya, Manajer Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok Arif Haryanto mengatakan pada momen arus mudik dan balik lebaran tahun ini, rute Lombok - Kuala Lumpur masih sepi penumpang.

Penumpang terbanyak pada saat pembukaan rute tersebut pada 1 Mei 2022. Di mana, jumlah penumpang yang datang dari Malaysia sebanyak 137 orang, sedangkan penumpang yang berangkat 14 orang.

"Hari-hari berikut berangkat cuma 2 orang, datang 10 orang. Masih gak terlalu banyak," kata Arif.

Maskapai AirAsia melayani penerbangan Kuala Lumpur-Lombok dan sebaliknya setiap hari. AirAsia QZ-462 dari Kuala Lumpur berangkat pukul 08.25 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 11.30 WITA. Sedangkan AirAsia QZ463 berangkat dari Lombok pukul 10.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pukul 13.30 waktu setempat.

3. Jajaki pembukaan rute Lombok - Perth

Penerbangan Langsung Lombok - Singapura Dibuka Mulai 18 Juni 2022 IDN Times/ Helmi Shemi

Selain pembukaan rute internasional Lombok - Kuala Lumpur, Pemprov NTB juga mendorong pembukaan rute Lombok - Perth Australia. Selain Malaysia dan Singapura, Australia menjadi pasar potensial pariwisata NTB.

Australia menjadi salah satu asal wisatawan mancanegara yang cukup besar ke NTB sebelum pandemik Covid-19. Sebelum, pandemik Covid-19, rute Lombok - Perth dilayani maskapai AirAsia.

Baca Juga: Kisah Sukses Tiktoker Lombok, Dari Iseng-iseng Berbuah Cuan 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya