Pemprov Siapkan 20 Beasiswa untuk Anak NTB Kuliah ke Mesir

Beasiswa ke Universitas Al Azhar Kairo dimulai tahun ini

Lombok Timur, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan 20 beasiswa untuk anak-anak NTB kuliah ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Hal tersebut diungkapkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat menghadiri pembukaan Muktamar I Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) di Pancor Selong Lombok Timur, Minggu (30/1/2022).

Disela-sela menghadiri Muktamar I NWDI, Gubernur Zulkieflimansyah menyempatkan diri berbincang dengan Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia TGKH. M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengenai program unggulan beasiswa NTB.

1. Beasiswa ke Mesir dimulai tahun ini

Pemprov Siapkan 20 Beasiswa untuk Anak NTB Kuliah ke Mesirpotret Universitas Al Azhar (instagram.com/ittaraisahf)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan beasiswa untuk 20 anak NTB ke Universitas Al Azhar, Kairo Mesir akan dimulai tahun 2022 ini. Secara teknis akan ditindaklanjuti oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB.

“Insya Allah, Beasiswa NTB mulai tahun ini akan mengalokasikan 20 beasiswa kepada anak-anak NTB untuk kuliah di Al Azhar Kairo Mesir. Teknisnya segera akan ditindaklanjuti oleh Tim LPP Beasiswa NTB,” kata Gubernur.

Baca Juga: NTB Gandeng RedDoorz Pasarkan Penginapan untuk Penonton MotoGP 

2. Awardee beasiswa NTB sudah mencapai 595 orang

Pemprov Siapkan 20 Beasiswa untuk Anak NTB Kuliah ke Mesirilustrasi kuliah (unsplash.com/Terrence Thomas)

Berdasarkan data Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, yang mengelola program beasiswa NTB. Jumlah awardee beasiswa NTB per 1 September 2021 sebanyak 595 orang kategori A, B dan C. Ada tiga jenis atau kategori beasiswa NTB yaitu kstegori A, B dan C.

Kategori A merupakan beasiswa NTB yang dibiayai secara penuh (Fully Funded). Komponen yang dibayai pada kategori ini adalah :Tuition Fee, Living Allowance (LA), Settlement Allowance (SA), Visa Application Fee, Health Insurance, Flight (Round Trip)
Kemudian kategori B merupakan beasiswa NTB yang dibiayai secara sebagian (Partial Funded).

Komponen yang dibayai oleh LPPNTB pada kategori ini adalah salah satu atau sebagian dari Kategori A. Dan terakhir, kategori C merupakan beasiswa NTB untuk Short Course, Internship, dan program pengembangan diri yang pendanaannya bisa partial funded atau fully funded.

Jumlah awardee beasiswa NTB kategori A dan B per 1 September 2021 sebanyak 454 orang. Dengan rincian Polandia 137 awardee, China 28 awardee, Taiwan 9 awardee, Hungaria 1 awardee, Rusia 4 awardee, Malaysia 254 awardee, Ceko 7 awarde dan Sudan 14 awardee.

Sedangkan jumlah awardee beasiswa NTB kategori C per 1 September 2021 sebanyak 141 orang. Dengan rincian, Polandia 25 awardee, Thailand 8 awardee, Taiwan 9 awardee, China 1 awardee, Korea 35 awardee, Malaysia 58 awardee, dan Australia 5 awardee.

Sementara itu jumlah alumni beasiswa NTB per 1 September 2021 sebanyak 170 orang. Tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB. Dengan rincian, Kota Mataram 22 awardee, Lombok Barat 18 awardee, Lombok Tengah 15 awardee, Lombok Utara 5 awardee, Lombok Timur 34 awardee, Bima 20 awardee, Kota Bima 7 awardee, Sumbawa 29 awardee, Sumbawa Barat 10 awardee dan Dompu 10 awardee.

3. Empat karakter utama organisasi agar tetap eksis

Pemprov Siapkan 20 Beasiswa untuk Anak NTB Kuliah ke MesirGubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok. Diskominfotik NTB)

Sementara itu dalam sambutannya pada saat pembukaan Muktamar I NWDI, Gubernur menyebutkan terdapat empat karakter utama yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi agar dapat tetap eksis dan berumur panjang. Empat karakter utama tersebut ialah, adaptif terhadap lingkungan, memiliki identitas, memberikan ruang terhadap ide-ide marginal, serta konservatif pada bidang keuangan.

Dia menyatakan bahwa NWDI adalah sebuah organisasi yang telah memiliki empat karakter tersebut. NWDI merupakan wadah pengkhidmatan untuk kita semua berkhidmat.

"Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Provinsi NTB menyambut baik misi dan visi besar dari NWDI ini. Semoga dengan sinergi dan silaturahmi yang baik, NTB Gemilang bukan lagi sekedar kata-kata, tetapi suatu hal suci yang bisa kita aplikasikan di kehidupan,” ujar Gubernur.

Turut hadir dalam acara pembukaan Muktamar I NWDI tersebut, yaitu Presiden Joko Widodo secara virtual, Menteri Kabinet Indonesia Maju secara virtual, Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah, Ketum PB NWDI, TGKH. M. Zainul Majdi, Bupati/Walikota se - NTB, Kapolda NTB, Danrem 162 NTB, serta beberapa anggota DPRD NTB.

Baca Juga: Satu CPNS Pemprov NTB yang Mengundurkan Diri Diblacklist Selamanya 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya