Pedagang Pasar Kebon Roek Mataram Teriakkan 'Puan Presiden' 

Puan Maharani : tidak ada masalah perempuan jadi presiden

Mataram, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau Pasar Kebon Roek Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini menjadi serangkaian kunjungan kerja (kunker) sehari di Pulau Lombok, Sabtu (27/8/2022). Puan tiba di Pasar Kebon Roek sekitar pukul 14.23 Wita usai sowan ke Mustasyar PBNU TGKH. Turmudzi Badaruddin di Ponpes Qomarul Huda, Bagu, Lombok Tengah.

Puan terlihat mengenakan baju dan celana warna hitam serta masker warna merah. Ia didampingi Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat. Saat berkunjung ke Pasar Kebon Roek, putri Presiden RI keempat Megawati Soekarnoputri ini berdialog dengan pedagang.

1. Puan borong cabai hingga kangkung

Pedagang Pasar Kebon Roek Mataram Teriakkan 'Puan Presiden' Salah seorang pedagang mendapatkan baju kaos bergambar Puan Maharani. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat turun dari mobilnya, Puan langsung disambut para pedagang Pasar Kebon Roek Kota Mataram. Sebagian dari pedagang ada yang meneriakkan 'Puan Presiden'. Apalagi ketika cucu Presiden Soekarno ini membeli sayur mayur dari pedagang. Sontak membuat para pedagang meneriakkan kata-kata 'Puan Presiden'.

Di Pasar Kebok Roek Kota Mataram, Puan berdialog dengan salah satu pedagang cabai bernama Agus. Dikonfirmasi terpisah, Agus mengatakan Ketua DPR RI Puan Maharani membeli cabai merah, cabai keriting, bawang merah dan bawang putih. "Dibayar Rp300 ribu," kata Agus.

Agus mengungkapkan harga kebutuhan pokok memang kurang stabil. Harga cabai saat ini di atas Rp40 ribu per kg. Sedangkan dalam kondisi normal biasanya harga cabai antara Rp18 ribu sampai Rp20 ribu per kg.

Usai berdialog dengan pedagang cabai, Puan berkeliling menemui pedagang kangkung, tempe dan lainnya. Sembari berdialog, dia membeli sayur mayur dari para pedagang.

Baca Juga: Mandalika Dapat Kucuran Rp1,7 Triliun, Dua Ruas Jalan Diperlebar 

2. Ke depan, tidak ada masalah perempuan jadi presiden

Pedagang Pasar Kebon Roek Mataram Teriakkan 'Puan Presiden' Ketua DPR RI Puan Maharani saat blusukan di Pasar Kebon Roek Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Usai meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Kebon Roek, Puan kemudian menuju Kantor DPD PDIP NTB di Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram. Di sana, ada ratusan kader PDIP memadati kantor partai berlambang banteng moncong putih ini.

Puan memberikan pengarahan kepada kader PDIP NTB untuk memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Puan meminta seluruh kader bekerja keras untuk memenangkan Pileg 2024.

Dikonfirmasi usai memberikan pengarahan kepada kader PDIP NTB, Puan ditanya soal peluang presiden perempuan pada 2024. Ia mengatakan sejarah mencatat pernah ada presiden perempuan di Indonesia.

"Artinya ke depan (2024) sudah tak ada masalah lagi kalau ada perempuan yang jadi presiden," ucap Puan.

Ditanya apakah dirinya akan menjadi calon Presiden yang akan diusung PDIP pada 2024, Puan mengatakan dirinya belum tahu. Hal itu disebabkan karena keputusan mengenai calon presiden yang akan diusung PDIP ada pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Belum tahu. Itu keputusan dari Ketua Umum. Kita tunggu saja," terangnya.

3. Sowan ke mustasyar PBNU

Pedagang Pasar Kebon Roek Mataram Teriakkan 'Puan Presiden' Ketua DPR RI Puan Maharani saat sowan ke Mustasyar PBNU TGKH Turmudzi Badaruddin. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, Puan Maharani mengunjungi Mustasyar PBNU TGKH. Turmudzi Badaruddin di Ponpes Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah. Puan mengatakan kunjungan yang dilakukan untuk melanjutkan silaturahmi yang pernah dilakukan kakeknya Presiden Soekarno.

"Saya hadir di sini untuk melanjutkan silaturahmi yang pernah dilakukan oleh kakek saya Ir Soekarno yang rutin mengunjungi Kiai-kiai NU di seluruh Indonesia," ujar Puan.

Puan hadir didampingi Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Anggota DPR RI yang juga Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat, dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Ia disambut ribuan santri dengan lantunan solawat.

Baca Juga: Kunker ke Lombok, Puan Maharani Bakal Blusukan di Pasar Mandalika    

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya