Comscore Tracker

NTB Hadirkan Pesantren Expo di Pesona Khazanah Ramadan 2022 

Pesantren Ramadan juga untuk pelajar

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB kembali akan menggelar kegiatan Pesona Khazanah Ramadan 1443 Hijriah mulai 15 - 29 April 2022. Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan Pesona Khazanah Ramadan yang dipusatkan di Islamic Center NTB akan menghadirkan pesantren expo.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Minggu (10/4/2022) mengatakan pesantren expo merupakan kegiatan yang baru dalam Pesona Khazanah Ramadan tahun 2022.

1. Undang 10 pondok pesantren

NTB Hadirkan Pesantren Expo di Pesona Khazanah Ramadan 2022 Ilustrasi pondok pesantren. IDN Times/Galih Persiana

Dalam pesantren expo, kata Yusron, pihaknya akan mengundang 10 pondok pesantren di NTB karena masih dalam kondisi pandemik. Ke depannya akan diundang lebih banyak lagi pondok pesantren dalam kegiatan pesantren expo.

Pesantren Expo akan diisi oleh pondok pesantren baik berupa profil, kegiatan pondok pesantren, produk kreatif hingga ruang pertunjukan seni dan budaya yang ada di masing-masing pondok pesantren.

Selain itu, ada juga Pesantren Ramadan pada setiap hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan Pesantren Ramadan diisi oleh siswa/siswi yang berada di Kota Mataram yang dilaksanakan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

"Supaya masyarakat lebih mengenal pondok-pondok pesantren kita yang ada. Dan ternyata tak kalah dengan pondok pesantren yang sudah maju lainnya di luar daerah," kata Yusron.

Baca Juga: Kehilangan Otoritas, Eksistensi Masyarakat Adat di NTB Makin Lemah

2. Rangkaian acara Pesona Khazanah Ramadan 2022

NTB Hadirkan Pesantren Expo di Pesona Khazanah Ramadan 2022 Kegiatan para santri Pesantren Ar Raudhatul Hasanah saat Ramadan 2019 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Yusron menyebutkan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan selama Pesona Khazanah Ramadan 2022. Selain pesantren expo, ada Bazar Ramadan.

Kemudian Pesantren Ramadan untuk pelajar, pentas seni budaya Islam, pameran buku, dialog Islam, kegiatan peribadatan berupa pemberian takjil, buka puasa bersama, tarawih, tadarus, qiamul lail dan kultum subuh.

Selain itu, lomba tahfizhul quran, cerdas cermat, dai dengan peserta dari siswa-siswi, peringatan nuzulul Quran dan takbiran sebagai acara puncak.

3. Kegiatan tahunan

NTB Hadirkan Pesantren Expo di Pesona Khazanah Ramadan 2022 Salah satu kegiatan Pesona Khazanah Ramadan tahun 2019 di Islamic Center NTB (Dok. Dispar NTB)

Pesona Khazanah Ramadan merupakan kegiatan tahunan yang masuk calender of event pariwisata NTB. Tahun 2021 lalu, Pesona Khazanah Ramadan mengusung tema pengembangan ekonomi kreatif dengan memamerkan hasil kuliner dan produk lokal asli NTB.

Pesona Khazanah Ramadan 2021 digelar dengan konsep hybrid, yaitu secara offline dan online di area Lapangan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB.

Beberapa agenda kegiatan  yang dilaksanakan dalam Pesona Khazanah Ramadan tahun 2021 diantaranya seminar pengembangan dan peningkatan Brand Halal Ekraf. Kemudian Creatif Hub Halal Bazar, Temu Bisnis dan pelaku ekraf dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Jajan Batun Bedil Khas Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya