Comscore Tracker

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC 

Direktur utama dan tiga direktur diberhentikan dengan hormat

Lombok Tengah, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak total Direksi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Sebanyak empat direksi diganti mulai dari Direktur Utama, Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko, Direktur Teknik dan SDM, dan Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis.

Vice President Corporate Secretary ITDC I Made Agus Dwiatmika, Rabu (10/8/2022) menyampaikan perombakan direksi ini dalam rangka penataan dan pemenuhan kebutuhan organisasi untuk siap mewujudkan transformasi bisnis.

Keputusan pergantian jajaran Direksi ITDC tersebut ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-169/MBU/08/2022 tanggal 8 Agustus 2022 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan AnggotaAnggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

1. Direktur Utama dan tiga direktur diberhentikan dengan hormat

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Melalui SK tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan dengan hormat Abdulbar M. Mansoer sebagai Direktur Utama. Kemudian Nugdha Achadie sebagai Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko, Taufik Hidayat sebagai Direktur Teknik dan SDM, serta Arie Prasetyo sebagai Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis.

Selanjutnya mengubah nomenklatur jabatan anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan menjadi Direktur SDM dan Legal Compliance dari semula Direktur Teknik dan SDM, dan Direktur Operasi dari semula Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis.

Baca Juga: Heboh 'Fee' Proyek, Fitra NTB: Swakelola DAK Sarat Potensi Permainan 

2. Ari Respati gantikan Abdulbar M. Mansoer

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC Mantan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Melalui SK yang sama, Menteri BUMN juga mengangkat nama-nama Direksi ITDC yang baru. Yaitu, Ari Respati sebagai Direktur Utama. Kemudian Ahmad Fajar sebagai Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko.

Selanjutnya, Wenda Ramadya Nabiel sebagai Direktur SDM dan Legal Compliance. Serta Troy Reza Warokka sebagai Direktur Operasi. Adapun pejabat Direktur Pengembangan Bisnis Ema Widiastuti, yang diangkat melalui SK-363/MBU/11/2020, tidak mengalami perubahan.

Dengan demikian, susunan Direksi dan Dewan Komisaris ITDC saat ini adalah Direktur Utama Ari Respati, Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko: Ahmad Fajar, Direktur SDM dan Legal Compliance Wenda Ramadya Nabiel, Direktur Operasi Troy Reza Warokka dan Direktur Pengembangan Bisnis Ema Widiastuti. Sedangkan susunan Dewan Komisaris ITDC adalah Komisaris Utama Ricky Joseph Pesik, Komisaris Zainal Mutaqin, Komisaris Irzani dan Komisaris Independen Ulin Ni’am Yusron.

3. Direksi yang baru diharapkan meneruskan transformasi ITDC

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC Bukit 360 Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Made berterima kasih kepada seluruh jajaran direksi yang sebelumnya menjabat dan mengucapkan selamat datang kepada pejabat yang menggantikan. Kepada direksi sebelumnya, ia mengucapkan terima kasih atas pengabdian serta kontribusi bagi kemajuan bisnis ITDC.

Made menambahkan dengan adanya penyegaran dalam susunan direksi ini diharapkan dapat meneruskan transformasi ITDC. Penataan jajaran Direksi ITDC diharapkan akan semakin meningkatkan semangat perseroan untuk mewujudkan visi menjadi BUMN pengembang destinasi pariwisata kelas dunia yang terkemuka.

Serta memberikan kontribusi besar bagi kemajuan pariwisata Indonesia, berbasis kepada ekspertis perseroan sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata yang telah dirintis sejak hampir 50 tahun lalu. "Ketangguhan insan ITDC, serta kepercayaan dan dukungan penuh pemegang saham dan seluruh stakeholders," tutup Made.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektare.

The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau. Serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017, The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 miliar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Baca Juga: Mulai 2023, Pemprov NTB Cicil Bayar Utang Rp750 Miliar 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya